×
STUDILMU Career Advice - 13 Tips Sukses di Usia Muda
Self Improvement

13 Tips Sukses di Usia Muda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca, bagaimana kabar Anda hari ini? Masa muda adalah masa yang sangat menggairahkan. Orang muda memiliki semangat yang menyala dan tekad luar biasa. Di masa mudalah seseorang menetapkan berbagai tujuan dalam hidup yang harus dicapai pada usia tertentu. Nah bagaimana nih dengan kaum muda rekan pembaca Career Advice? Apakah Anda dapat dikatakan sebagai seorang yang sukses di usia muda?
 
Apakah bakat yang Anda miliki? Apakah Anda berada dalam pekerjaan yang memungkinkan karier Anda berkembang dengan pesat dan membawa Anda pada kesuksesan? Jika belum, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk menilai kemampuan Anda dan memajukan karier Anda. Pada artikel kali ini, kita akan membahas 13 tips sukses di usia muda, khususnya dalam pekerjaan yang Anda tekuni. Sehingga, rekan pembaca dapat memaksimalkan potensi diri yang dimiliki dan mencapai kesuksesan di usia muda dalam pekerjaan Anda.
 
Tips sukses di usia muda yang pertama adalah kenali diri Anda.
Jika ingin mencapai kesuksesan di usia muda, maka kita perlu memahami diri sendiri. Miliki gambaran yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri, identifikasi apa yang membuat kita sukses dan apa yang tidak, dan pastikan bahwa kita melakukan pekerjaan yang dapat memaksimalkan kekuatan kita. Setiap orang semua memiliki kelemahan dan jika ada sesuatu yang mungkin menghambat perjalanan kita, jangan khawatir. Tidak ada kesulitan yang tidak dapat diatasi.
 

Tips sukses di usia muda yang kedua adalah menetapkan tujuan.

Setiap orang perlu memiliki tujuan dalam hidup, baik profesional maupun pribadi. Jika kita ingin mencapainya, kita perlu mengukur kemajuan untuk diri sendiri secara mingguan, bulanan, atau tahunan. Jika kita tidak tahu apa yang kita inginkan maka kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan mendapatkannya.
 

Tips sukses di usia muda yang ketiga adalah memperbaharui kemampuan yang dimiliki.

Jangan pernah merasa puas diri. Kita perlu untuk terus memperbaharui dan meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Temukan cara untuk membuat kita dapat meningkatkan area-area perbaikan diri yang diperlukan. Cari tahu kursus yang Anda inginkan, di mana Anda bisa melakukannya, kapan dan berapa biayanya. Anda juga dapat meningkatkan keterampilan dengan kegiatan seperti olahraga kompetitif untuk membangun tim yang dapat mendorong kepercayaan diri yang besar.

Tips sukses di usia muda yang keempat adalah memiliki komitmen.

Di tempat kerja, semua orang berbicara tentang komitmen. Tetapi, sangatlah penting untuk percaya pada organisasi tempat kita bekerja dan menghormati manajemen senior yang memimpinnya. Kita harus memiliki filosofi yang selaras dengan yang dimiliki perusahaan, memahami strategi perusahaan, mengetahui arah perusahaan itu pergi dan pastikan bahwa kita menuju ke arah yang sama. Tanpa rasa komitmen ini kita akan kehilangan motivasi dan antusiasme untuk pekerjaan itu.

Tips sukses di usia muda yang kelima adalah membuat suara Anda terdengar.

Ada perbedaan antara membuat suara kita terdengar atau menjadi agresif. Agar suara kita terdengar, jangan terlalu memaksakan diri dan menjauhkan diri dari orang lain, terutama kelompok teman yang sebaya karena kita membutuhkan dukungan dan rasa hormat mereka. Tingkatkan kemampuan dalam mengatur waktu, mempresentasikan ide-ide dan pandangan secara logis. Pastikan bahwa ide-ide itu akan berhasil dan jangan lupa untuk menerima ide-ide orang lain.
 

Tips sukses di usia muda yang keenam adalah mengambil tanggung jawab.

Mengambil tanggung jawab dan menanggung konsekuensi yang dihasilkan merupakan hal yang sangat penting. Miliki inisiatif yang tinggi untuk mengambil bagian dalam pekerjaan. Dengan menjadi bertanggung jawab, Anda akan mampu menjadi pribadi yang selalu siap dengan tugas-tugas lainnya.
 

Tips sukses di usia muda yang ketujuh adalah memiliki fleksibilitas.

Dalam perjalanan karier, akan ada banyak hal yang mungkin diluar ekspektasi kita. Misalnya, kita diminta untuk bepergian, atau dipindahkan ke kantor cabang di luar daerah. Perusahaan perlu melihat bahwa kita siap untuk fleksibel dalam melakukan pekerjaan yang perlu dilakukan di mana pun perlu dilakukan. Ini adalah peluang yang sangat penting untuk dapat mengembangkan karier kita.
 

Tips sukses di usia muda yang kedelapan adalah berjejaring.

Sangatlah penting untuk membangun jaringan baik di dalam organisasi sendiri atau di luar. Secara internal, penting kita akan dihormati dan dipandang sebagai seorang yang mau membantu. Jadilah seseorang yang suka untuk memunculkan ide atau memberikan saran bagi yang membutuhkan. Di luar kantor kita harus mengembangkan jaringan dengan orang-orang yang berpikiran sama sehingga dapat saling membantu satu sama lain. Jika kita berjejaring dengan orang yang tepat, ini akan dapat membantu kita untuk maju.
 

Tips sukses di usia muda yang kesembilan adalah memiliki mentor.

Memiliki mentor di tempat kerja memberikan lingkungan yang ideal untuk pengembangan karir yang positif. Mentor haruslah seseorang yang dihormati, yang tidak memiliki tanggung jawab langsung langsung untuk kita dan memiliki kinerja yang baik. Dengan mentor, kita dapat mendiskusikan kesulitan tentang pekerjaan, orang-orang yang bekerja dengan kita, dll. Mentor juga akan dapat memberi kita pandangan objektif tentang situasi dan memberikan saran yang bermanfaat. 
 

Tips sukses di usia muda yang kesepuluh adalah berani mengambil risiko.

Mengambil risiko memang bukan hal yang mudah, tetapi kita harus melakukannya. Ini bisa saja mengambil pekerjaan baru di bidang yang berbeda, menempatkan diri untuk posisi yang lebih senior atau bahkan mungkin melepaskan saat ini dan membuka pintu baru. Apa pun itu, pertimbangkan dengan serius semua pro dan kontra sebelum membuat keputusan sehingga ketika kita mengambil risiko kita sadar akan konsekuensinya. 

Tips sukses di usia muda yang kesebelas adalah menghindari politik kantor.

Semua perusahaan pasti memiliki politik kantor. Tetapi, kita perlu membuat pertahanan yang kuat untuk menghindari politik kantor. Politik kantor adalah permainan berbahaya yang mengalihkan fokus kerja dan sering kali menciptakan banyak masalah.

Tips sukses di usia muda selanjutnya adalah bekerja dengan cerdas.

Jangan terjebak dalam upaya menjadi orang yang bekerja paling lama. Berkonsentrasilah dalam membuat hasil terbaik yang dapat dicapai. Yakinlah akan kesuksesan Anda sendiri dan orang lain akan percaya pada Anda.

Tips sukses di usia muda yang terakhir adalah menjadi pemenang.

Komitmen, antusiasme, tekad untuk mewujudkan sesuatu, ambisi dan dorongan nyata untuk tanggung jawab dibutuhkan untuk membuat kita menjadi seorang pemenang. Ini juga harus ditunjangn dengan sikap yang benar dan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Bahkan jika Anda tidak ingin pindah sekarang, Anda perlu memantau apa yang terjadi di pekerjaan Anda. Kita harus mengelola karier sendiri agar siap menghadapi langkah selanjutnya. Jangan menunggu untuk melihat apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi.
 
Itulah 13 tips sukses di usia muda. Semoga artikel ini dapat membantu rekan pembaca meraih kesuksesan yang Anda inginkan dalam pekerjaan Anda, bahkan di usia yang masih terbilang muda sekalipun.

Featured Career Advice