×
STUDILMU Career Advice - Pentingnya Membangun Kesan Pertama (First Impression) yang Baik
Self Improvement

Pentingnya Membangun Kesan Pertama (First Impression) yang Baik

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Kita semua tahu betapa pentingnya kesan pertama. Kita hanya memiliki waktu delapan detik untuk membuat dampak positif saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Jika ingin membuat kesan yang baik terlebih dalam sebuah wawancara, pertemuan bisnis, atau presentasi klien, hindari melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan contohnya seperti salah dalam berpakaian, datang terlambat, dan/atau kesalahan lainnya seperti dalam perbuatan atau perkataan yang bahkan mungkin bisa saja kita lakukan tanpa kita sadari.

 

Bertemu orang yang baru bisa saja sangat melelahkan dan menakutkan. Terlebih ketika kita sadari bahwa kita hanya memiliki waktu beberapa detik untuk mendapatkan atau memenangkan hati mereka. Hal tersebut sudah cukup untuk membuat kita mengalami rasa cemas dan khawatir berlebih bahkan merasa tidak percaya diri. Tetapi di sisi lain dari pertemuan kita dengan orang baru, kita dapat belajar menguasai keterampilan yang dapat memperkuat citra kita di mata orang lain pada detik-detik pertama yang penting tersebut.

 

Membuat kesan pertama yang baik saat baru bertemu dengan seseorang bukan berarti mengubah siapa kita (jati diri kita) atau berpura-pura menjadi orang lain. Membuat kesan pertama yang baik adalah bagian penting yang dapat membuat orang lain merasa nyaman dengan kehadiran kita.

 

Kesan pertama tidak butuh waktu lama tercipta, hanya butuh pandangan sekilas bahkan mungkin hanya dalam waktu tiga sampai delapan detik untuk seseorang menilai kita ketika kita pertama kali bertemu dengan seseorang tersebut. Dalam waktu singkat inilah orang lain membentuk opini tentang kita berdasarkan penampilan kita, bahasa tubuh kita, sikap kita, tingkah laku kita, dan cara kita berpakaian.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice