×
STUDILMU Career Advice - Mengoptimalkan Kinerja Laptop Untuk Bekerja Lebih Produktif
Productivity

Mengoptimalkan Kinerja Laptop Untuk Bekerja Lebih Produktif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Di era kemajuan teknologi saat ini, keberadaan laptop sangatlah penting. Dengan kegunaan yang multifungsi dan dapat digunakan di mana saja, menjadikan laptop sebagai alat pendukung produktivitas kerja. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna laptop wajib merawat dan memelihara laptop yang kita punya agar kinerja laptop tetap maksimal dan memperpanjang umur pakai laptop. Artikel ini akan membahas keuntungan kinerja laptop yang baik untuk mendukung produktivitas kerja dan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan laptop yang Anda miliki.

 

Keuntungan Kinerja Laptop Yang Baik Untuk Mendukung Produktivitas Kerja

Terdapat beberapa keuntungan dari kinerja laptop yang baik untuk mendukung produktivitas kerja di antaranya:

  1. Laptop dengan kinerja yang baik membuat berbagai pekerjaan seperti membuat program, merancang desain, menyimpan data bisnis, mencari informasi, dan pekerjaan lainnya menjadi lebih mudah.

  2. Laptop dengan kinerja yang baik dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat.

  3. Laptop dengan kinerja yang baik memungkinkan Anda melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus seperti mencari informasi, membuat surat, dan mengedit foto secara bersamaan.

Masih ada banyak lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan laptop yang bekerja dengan baik. Hal ini dapat Anda rasakan ketika Anda rajin merawat dan membersihkan laptop Anda.

 

Cara Membersihkan Laptop

Banyak hal yang dapat membuat laptop kita menjadi kotor seperti debu, atau bahkan kebiasaan makan sambil menggunakan laptop yang dapat menyebabkan remah-remah makanan masuk ke sela-sela keyboard. Selain menjadi sarang kuman, kotoran yang tersangkut di sela-sela keyboard dapat membuat keyboard menjadi macet atau tidak dapat berfungsi. Karena itu penting bagi kita pengguna laptop untuk memperhatikan kebersihan laptop yang kita miliki agar laptop awet dan nyaman digunakan. Berikut ini merupakan cara membersihkan laptop:

1. Membersihkan Layar Laptop

a. Pertama basahi kain menggunakan larutan pembersih khusus.

b. Kemudian tahan layar bagian belakang untuk mencegah laptop bergerak dan menghindari kerusakaan engsel laptop saat layar laptop dibersihkan.

c. Setelah itu mulailah membersihkan layar laptop dengan gerakan memutar.

d. Hindari penggunaan bahan pembersih yang kuat seperti alkohol karena dapat merusak layar LCD, Anda dapat membuat larutan pembersih sendiri dengan menggunakan campuran cuka dan air sebagai gantinya.

2. Membersihkan Keyboard Laptop

a. Pastikan laptop dalam keadaan mati.

b. Balik laptop dan goyangkan secara perlahan dalam keadaan terbuka untuk membersihkan remah-remah.

c. Dengan keadaan yang masih terbalik, gunakan kuas berbulu lembut untuk menyeka sela-sela keyboard. Selain cara ini, Anda dapat menggunakan vaccuum cleaner mini untuk menyedot kotoran di sela-sela keyboard.

d. Untuk membersihkan tombol keyboard gunakan kain microfiber yang telah dibasahi sedikit air atau dapat pula menggunakan alkohol atau desinfektan.

 

Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai laptop merupakan komponen penting agar Anda dapat menggunakan laptop di mana saja tanpa harus terhubung arus listrik. Pada umumnya baterai laptop yang sehat dapat membuat laptop menyala hingga 6 sampai 8 jam. Berikut ini merupakan beberapa tips merawat baterai laptop agar tetap awet:

a. Hindari menyimpan laptop di suhu udara tinggi.

b. Hindari pengosongan batrai 0% karena hal ini dapat merusak baterai. Lakukan pengisian baterai di kapasitas 20-30%

c. Jangan terlalu lama charge baterai laptop. Pertimbangkan untuk mencabut charge saat baterai terisi 80% bukan 100%.

d. Aktifkan mode hemat baterai

e. Jaga ventilasi laptop tetap bersih karena jika ventilasi laptop tertutup debu atau benda di meja Anda akan membuat kipas bekerja lebih keras yang dapat mengakibatkan baterai laptop cepat berkurang.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice