×
STUDILMU Career Advice - Pelatihan Tatap Muka Vs E-learning: Peran HR yang Makin Krusial di Era Digital
E-learning

Pelatihan Tatap Muka Vs E-learning: Peran HR yang Makin Krusial di Era Digital

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran online membuka banyak kemungkinan, tetapi pembelajaran tatap muka mungkin memiliki makna yang lebih dalam untuk kita. Hal tersebut dikarenakan kita lebih mengenal pembelajaran tatap muka jauh lebih lama dibandingkan dengan pembelajaran online atau e-learning.

 

Manfaat terbesar dari pembelajaran tatap muka atau keuntungan utama dari pelatihan tatap muka berasal dari keselarasan. Pembelajaran yang sinkron atau lebih terkoneksi terjadi ketika sebuah kelompok terlibat dalam pembelajaran pada waktu dan lokasi yang sama, dikarenakan interaksi tatap muka dengan instruktur dan peserta lain memungkinkan munculnya komunikasi non-verbal yang lebih efektif. Bahasa tubuh yang positif di lingkungan kelas atau tempat belajar juga memiliki manfaat untuk memotivasi, menginspirasi, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Baik itu kontak mata atau postur, kemampuan membaca bahasa tubuh orang, mengadaptasi konten dan pendekatan mengarah pada hasil belajar yang lebih baik. Metode pelatihan tatap muka menawarkan kemampuan untuk berdiskusi, berkolaborasi, berlatih dan bermain peran secara langsung dan dilengkapi dengan bimbingan dari fasilitator yang ada.

 

Peluang yang terbuang dari pembelajaran tatap muka yaitu ketika tujuan kita adalah agar para pelajar dan/atau para tenaga kerja melakukan refleksi diri atau menyerap informasi faktual baru, pelatihan tatap muka bisa menjadi berujung sia-sia. Elemen sosial tidak membantu memberikan pengalaman-pengalaman ini dan jika ada, hal itu akan menahan seseorang mempelajari apa yang mereka butuhkan, ketika mereka membutuhkannya. Adanya unsur sosial pembelajaran tatap muka ini tentunya dapat dilakukan secara online. Teknologi, seperti konferensi video dan ruang kelas virtual, memungkinkan para pelajar dan/atau para tenaga kerja saat ini untuk dapat tetap berkolaborasi secara efektif. Ditambah mengambil pembelajaran online juga berarti bahwa orang tidak ditahan dari mempelajari apa yang mereka butuhkan, ketika mereka membutuhkannya. Dengan penyesuaian kecil, seperti kelompok pelatihan yang lebih kecil, pelatih tatap muka masih dapat memberikan dampak yang sama secara online dan tingkat manfaat sosial yang sama.

 

Pembelajaran Daring (Online)

Pembelajaran online (e-learning) ini mengacu pada segala jenis pembelajaran yang terjadi secara digital. Apakah program tersebut merupakan program pelatihan pada perusahaan yang diperuntukan untuk para tenaga kerja atau program pendidikan untuk para pelajar dan/atau kelas karyawan. Pada e-learning yang biasanya Anda butuhkan hanyalah koneksi internet yang stabil dan perangkat, seperti laptop, tablet, atau smartphone. Selain itu, pembelajaran tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Pembelajaran online dapat terjadi baik secara sinkron maupun asinkron. Pembelajaran sinkron terjadi secara real time, seperti melalui sesi pelatihan langsung di Zoom. Seorang instruktur biasanya diperlukan untuk memfasilitasi jenis lingkungan belajar. Pembelajaran asinkron, di sisi lain, tidak bergantung pada kehadiran instruktur, memungkinkan peserta didik untuk terlibat dengan materi pembelajaran mereka dengan kecepatan mereka sendiri, dalam waktu mereka sendiri. Ini bisa melalui rekaman video materi, kursus e-learning, dan/atau sumber PDF yang dapat diunduh.

 

Pembelajaran online bahkan dapat menjadi lebih efektif karena banyak organisasi baik itu organisasi-organisasi bidang pendidikan atau perusahaan-perusahaan untuk mulai memasukkan pelajaran positif dari tatap muka ke dalam strategi digital mereka dan menciptakan pembelajaran campuran. Kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring di kelompok sosial dapat menjadi cara atau gaya pembelajaran terbaik. Dengan berkembangnya teknologi e-learning, kelemahan lama dari pembelajaran daring dan/atau kelemahan dari pembelajaran tatap muka sudah tidak berlaku lagi. Kombinasi dari keduanya dapat diambil secara online dan sama efektifnya.

 

Pelatihan Daring vs Pelatihan Tatap Muka di Tempat Kerja

Apa yang dapat Anda harapkan ketika Anda beralih dari kursus tatap muka atau kursus tradisional ke kursus pembelajaran online? E-learning tidak pernah lebih penting dan lebih banyak digunakan daripada saat ini. Dalam dunia bisnis semua harus serba cepat, seperti halnya para pelaku bisnis ataupun para karyawan, semuanya harus serba cepat, harus mampu cepat belajar banyak hal. Bagaimana memanfaatkan kekuatan digital untuk pelatihan dan pengembangan agar dapat lebih maju dan lebih luas dari sebelumnya? Bisakah pembelajaran online menggantikan pembelajaran tatap muka?

 

Kasus untuk pembelajaran online tidak perlu dibuat hanya sebagai strategi reaktif. Peralihan mendadak dari tatap muka ke online sangat menantang. Tetapi manfaat dari mengembangkan strategi pembelajaran digital yang berkelanjutan adalah manfaat bisnis yang sangat besar dalam jangka panjang.

 

Sebagian besar karyawan ingin belajar dan berkembang, tetapi berjuang untuk menemukan pembelajaran untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan mereka saat mereka sangat membutuhkannya. Apa yang Anda lakukan sekarang adalah masa depan organisasi Anda. Kemungkinan tatap muka akan mengalami penurunan karena berbagai alasan antara lain dampak lingkungan dari perjalanan dan penghematan biaya.

 

Pembelajaran digital adalah kesempatan untuk membuat pembelajaran yang dipersonalisasi dan relevan dapat diakses oleh masyarakat kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya. Dan, saat ini 'di mana' ada di rumah. Menawarkan pelajar pengalaman belajar online tidak hanya memenuhi kebutuhan itu tetapi juga mengurangi risiko organisasi.

 

Perbedaan terbesar antara pembelajaran online dan tatap muka selalu dalam bidang membina koneksi dan kolaborasi antara peserta didik. Kerugian yang dialami oleh para Profesional Pembelajaran dan Pengembangan dengan penghentian penyampaian pembelajaran tatap muka secara tiba-tiba ini adalah dampak sosial yang positif ini. Ini adalah kekhawatiran yang valid. Misalnya pentingnya interaksi tatap muka dalam pendidikan yang masih dianggap sangat penting. Interaksi sosial tatap muka memiliki kekayaan yang mungkin terasa sulit untuk ditiru di dunia digital tetapi, ketika menyangkut dunia kerja, hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin.

 

Apakah pembelajaran online lebih baik daripada pembelajaran tatap muka?

Dalam banyak hal, pembelajaran online lebih efektif daripada pembelajaran tatap muka. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, 80% organisasi percaya bahwa penggunaan pembelajaran digital mereka akan tetap sama, naik atau turun hanya sedikit karena pembatasan kemudahan pelatihan langsung. Tidak mungkin bahwa e-learning akan sepenuhnya menggantikan pembelajaran di kelas. Namun, yang jelas adalah bahwa e-learning akan tetap ada dan organisasi semakin melihat pembelajaran online sebagai masa depan.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice