×
STUDILMU Career Advice - Rencana Darurat (Contingency Plan)
Self Improvement

Rencana Darurat (Contingency Plan)

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Rencana darurat (Contingency Plan) adalah rencana alternatif atau rencana cadangan, serangkaian tindakan yang dirancang untuk membantu suatu kelompok atau organisasi untuk dapat merespons secara efektif suatu insiden, peristiwa, atau situasi di masa depan yang signifikan yang mungkin akan terjadi. Rencana darurat sering kali disebut dengan "Rencana B/Plan B" atau rencana cadangan karena dapat juga digunakan sebagai tindakan alternatif jika hasil yang diharapkan tidak sesuai atau gagal terwujud. Rencana darurat tidak terbatas sehingga sangat memungkinkan seseorang atau sekelompok orang untuk dapat membuat rencana darurat lebih dari dua rencana, seperti plan A, plan B, plan C, plan D, plan E, dan seterusnya.

 

Seberapa Penting Rencana Darurat?

Rencana darurat sangatlah penting. Rencana darurat akan sangat berguna jika terjadi kesalahan dalam situasi dan kondisi sengaja atau pun tidak disengaja. Dengan mengidentifikasi potensi masalah, Anda akan dapat mengambil tindakan untuk mencegahnya terjadi. Ini disebut sebagai tindakan pencegahan. Namun demikian, sekalipun Anda telah menyusun tindakan pencegahan, tidak menutup kemungkinan potensi masalah tersebut masih dapat terjadi juga.

Sebuah rencana darurat akan memberikan instruksi yang jelas tentang apa yang harus dilakukan jika sebuah insiden benar-benar terjadi. Memiliki rencana tertulis juga akan memastikan bahwa siapa pun dapat menangani suatu insiden bahkan jika pemegang tanggung jawab utama tidak ada pada saat insiden tersebut terjadi.

Anda harus memiliki rencana darurat untuk menangani masalah apa pun yang mungkin muncul yang tidak terduga sebelumnya, agar lebih mudah untuk menemukan atau memikirkan cara mengatasinya. Mengapa demikian? Memikirkan tindakan penanggulangan sebelum masalah itu terjadi memberi Anda ruang dan waktu untuk berpikir jernih. Bisa dibandingkan dengan kondisi ketika Anda harus mengambil suatu keputusan pada saat masalah terjadi. Ada banyak tuntutan dan tekanan yang mungkin harus Anda rasakan dan alami ketika masalah sedang terjadi. Hal ini bisa memengaruhi kualitas dari keputusan yang Anda buat saat itu.

Dalam hal penuntutan ketika sebuah insiden terjadi, rencana darurat yang kuat dapat menjadi faktor yang meringankan atau memudahkan kita. Beda halnya jika Anda tidak memiliki rencana darurat yang memadai atau kurang baik perencanaannya, Anda mungkin akan menerima akibat yang lebih besar dari penyebab insiden yang terjadi tersebut.

 

Manfaat dari Rencana Darurat (Contingency Plan)

Menyusun rencana darurat dapat memberikan banyak manfaat untuk kita pribadi atau bahkan untuk perusahaan atau kelompok kita. Berikut ini beberapa manfaat pembuatan rencana darurat (contingency plan):

  1. Rencana darurat (contingency plan) secara tidak langsung akan mendorong perusahaan dalam menganalisis kekurangan dan kelebihan suatu ide bisnis.
  2. Strategi pada rencana darurat (contingency plan) sendiri akan mengurangi potensi kerugian perusahaan jika risiko yang telah diprediksi benar-benar terjadi.
  3. Rencana darurat (contingency plan) akan meredam rasa panik yang kerap muncul di benak pikiran para pemimpin, karyawan, dan tim manajemen.
  4. Merencanakan rencana darurat (contingency plan) dapat membentuk reputasi perusahaan sebagai institusi yang profesional dan dapat dipercaya.
  5. Merencanakan rencana darurat (contingency plan) dapat membentuk pribadi yang lebih open-minded dan lebih mawas diri untuk melihat jauh ke depan segala kemungkinan yang ada yang bisa saja terjadi.
  6. Merencanakan rencana darurat (contingency plan) dapat melatih kreativitas kita dalam hal problem solving (pemecahan masalah).

Merencanakan rencana darurat (contingency plan) dapat melatih kita menjadi lebih proaktif ketika menghadapi permasalahan.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice