×
STUDILMU Career Advice - Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital
Communication

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Perkembangan teknologi membuat semua orang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, Anda dapat bekerja ataupun menghadiri meeting di mana pun Anda mau, tanpa perlu menghabiskan waktu di perjalanan. Salah satu aplikasi atau platform yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi di era kerja digital yaitu Microsoft Teams.

Microsoft Teams merupakan platform buatan Microsoft yang menggabungkan fitur percakapan kerja, meeting, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas), dan integrasi aplikasi. Selain itu platform ini juga terintegrasi dengan langganan Office 365 dan dapat diintegrasikan dengan produk selain buatan Microsoft. Berikut merupakan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Teams yang perlu Anda ketahui:

1. Komunikasi

Pengguna dapat berkomunikasi mulai dari chatting untuk mengirim pesan singkat yang dilengkapi dengan emoji/gif, telepon ke sesama pengguna Microsoft Teams/nomor telepon, video call yang dilengkapi dengan berbagai virtual background yang menarik, emoji reaksi, fitur share screen, serta whiteboard yang dapat Anda gunakan ketika meeting ataupun training.

2. Kolaborasi

Dengan Microsoft Teams, Anda dapat berbagi dokumen dan mengerjakan dokumen bersamaan tanpa perlu berganti-ganti layar. Kemampuan kolaborasi yang disediakan Microsoft membantu setiap pengguna yang memiliki akses terhadap dokumen untuk membaca/mengedit versi dokumen yang sama. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengelola dokumen secara rapi melalui fitur “Files”.

3. Membuka Inklusivitas

  • Live caption: fitur ini menyediakan transkripsi teks dari apa yang dikatakan kolega/pembicara, seperti ketika Anda menonton film berbahasa asing.
  • Transcript: fitur ini mirip dengan notulen meeting otomatis yang mendukung meeting menjadi lebih produktif.
  • Penerjemah teks: fitur ini berguna untuk menerjemahkan chat yang pengguna terima ke berbagai bahasa.

4. Mendukung aplikasi produktivitas lainnya

  • Approvals: approvals di Microsoft Teams merupakan hub untuk mengoordinasikan approval. Pengguna cukup memilih “New approval request”, menambahkan detail, kemudian mengirimkannya ke pihak yang harus memberikan approval.
  • Viva Insights: merupakan sebuah aplikasi berbasis AI yang dapat membantu menjaga wellbeing pengguna dengan data yang dikelolanya.
  • Viva Learning: merupakan sebuah aplikasi belajar yang dapat menjaga pengguna untuk tetap mengembangkan skills-nya di tengah kesibukan kerja. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mencari topik belajar yang sesuai dengan minatnya (baik itu soft skill ataupun hard skill), memilih provider penyedia materi belajar, hingga mengatur durasi belajar yang diinginkan.
Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice