×
STUDILMU Career Advice - Menyajikan Data Secara Visual Agar Lebih Mudah Dipahami
Productivity

Menyajikan Data Secara Visual Agar Lebih Mudah Dipahami

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Fakta Mengenai Data Yang Disajikan Secara Visual

Visualisasi data adalah tindakan mengambil informasi (data) dan menempatkannya ke dalam konteks visual, seperti peta atau grafik. Visualisasi data membuat data besar dan kecil lebih mudah dipahami oleh otak manusia. Selain itu visualisasi juga memudahkan manusia untuk mendeteksi pola, tren, dan deviasi dalam kelompok data. Visualisasi data yang baik harus menempatkan makna ke dalam kumpulan data yang rumit sehingga pesannya jelas dan ringkas.

 

Visualisasi bekerja dari perspektif manusia karena manusia merespons dan memproses data visual lebih baik daripada jenis data lainnya. Faktanya, otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks, dan 90 persen informasi yang dikirimkan ke otak adalah visual. Karena kita pada dasarnya visual, kita dapat menggunakan keterampilan ini untuk meningkatkan pemrosesan data dan efektivitas organisasi.

 

Bidang visualisasi data menggabungkan seni dan ilmu data. Meskipun visualisasi data dapat menjadi kreatif dan menyenangkan untuk dilihat, visualisasi juga harus berfungsi dalam komunikasi visual data. Visualisasi data sering menggunakan elemen visual storytelling untuk mengomunikasikan pesan yang didukung oleh data. Ada banyak situasi di mana Anda dapat menyajikan data secara visual. Visualisasi data dapat digunakan untuk:

  1. Membuat data menarik dan mudah dicerna

Visualisasi data memungkinkan kita untuk membingkai data secara berbeda dengan menggunakan ilustrasi, bagan, teks deskriptif, dan desain yang menarik. Visualisasi juga memungkinkan kita untuk mengelompokkan dan mengatur data berdasarkan kategori dan tema yang dapat membuatnya lebih mudah untuk dipecah menjadi bagian-bagian yang dapat dimengerti.

  1. Mengidentifikasi tren dan deviasi dalam satu set data

Jika Anda menyaring data mentah secara manual, kita mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperhatikan pola, tren, atau deviasi. Tetapi dengan menggunakan alat visualisasi data seperti bagan, Anda dapat menyortir banyak data dengan cepat. Lebih baik lagi, grafik memungkinkan Anda untuk menangkap tren jauh lebih cepat daripada saat Anda memilah-milah angka.

  1. Menceritakan kisah yang ditemukan dalam data

Data yang disajikan dalam bentuk hanya angka, cenderung tidak membangkitkan respons emosional. Tetapi dengan visualisasi data dapat menceritakan sebuah kisah yang memberi arti penting pada data.

  1. Memperkuat argumen atau pendapat

Dalam hal meyakinkan orang lain bahwa pendapat kita benar, orang tersebut sering kali harus melihatnya untuk mempercayainya. Infografis atau bagan yang efektif dapat membuat argumen Anda lebih kuat dan memperkuat kreativitas Anda.

  1. Menyoroti bagian penting dari sekumpulan data

Visualisasi data digunakan untuk memudahkan pembaca menjelajahi data dan mengambil kesimpulan sendiri. Dengan adanya visualisasi data, Anda dapat memberi penekanan pada data tertentu sehingga pembaca dapat mengambil kesimpulan hanya dari melihat data visual yang Anda berikan.

 

Visualisasi data menyediakan cara yang cepat dan efektif untuk mengkomunikasikan informasi secara universal menggunakan informasi visual. Praktik ini juga dapat membantu bisnis, misalnya dalam mengidentifikasi faktor mana yang memengaruhi perilaku pelanggan; menentukan area yang perlu ditingkatkan atau membutuhkan lebih banyak perhatian; membuat data lebih mudah diingat bagi pemangku kepentingan; memahami kapan dan di mana menempatkan produk tertentu; dan memprediksi volume penjualan.

Penelitian yang dilakukan oleh Robert Horn di Stanford University menunjukkan manfaat menggunakan alat bantu visual untuk mendampingi komunikasi verbal, yaitu:

  • 64% peserta membuat keputusan dengan cepat setelah presentasi yang menggunakan peta ringkasan.
  • Penggunaan bahasa visual terbukti meningkatkan efektivitas dan efisiensi rapat, sehingga rapat menjadi 24% lebih singkat.
  • Kelompok yang menggunakan bahasa visual mengalami peningkatan 21% dalam mencapai konsensus dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan visual.
  • Gabungan komunikasi visual dan verbal meningkatkan kredibilitas dan tingkat pengaruh hingga 43% dibandingkan dengan ketika hanya komunikasi verbal yang digunakan, hanya sebesar 17%.

 

Keuntungan Menyajikan Data Secara Visual

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menyajikan data secara visual:

  1. Kemampuan menyerap informasi dengan cepat, meningkatkan wawasan dan membuat keputusan lebih cepat.
  2. Peningkatan pemahaman tentang langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil untuk memperbaiki organisasi.
  3. Peningkatan kemampuan untuk mempertahankan minat audiens dengan informasi yang dapat mereka pahami.
  4. Distribusi informasi yang mudah yang meningkatkan kesempatan untuk berbagi wawasan dengan semua orang yang terlibat.
  5. Menghilangkan kebutuhan ilmuwan data karena data lebih mudah diakses dan dimengerti.

Peningkatan kemampuan untuk bertindak berdasarkan temuan dengan cepat dan oleh karena itu, mencapai kesuksesan dengan kecepatan yang lebih besar dan lebih sedikit kesalahan.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice