×
STUDILMU Career Advice - 5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses
Self Improvement

5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Salah satu faktor penunjang kesuksesan adalah kepercayaan diri. Seberapa percaya rekan pembaca Career Advice terhadap diri sendiri dan segala kemampuan yang Anda miliki. Atau, apakah Anda merupakan seseorang yang sedang melatih diri untuk memiliki kepercayaan diri yang kuat?
 
Kepercayaan diri juga merupakan sebuah kemampuan yang perlu dilatih dan diasah setiap harinya. Jika kita melihat sekeliling kita saat ini, ada banyak lembaga yang menawarkan pelatihan untuk memiliki kepercayaan diri, baik pelatihan dalam kelas maupun pelatihan online. Pada artikel ini, kita akan membahas 5 tips kepercayaan diri yang merupakan rahasia para pengusaha sukses. Apa sajakah tipsnya? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.
 

1. Sadari bahwa Anda berharga.

Tips kepercayaan diri  para pengusaha sukses yang pertama adalah menyadari bahwa Anda berharga. Anda memiliki nilai lebih dalam diri sendiri. Setiap orang diciptakan dengan kelebihan masing-masing. Ketika kita mampu menemukan kelebihan dan keunikan yang kita miliki, kita akan menjadi lebih percaya diri. Jika kita melihat bahwa rasanya kita tidak sehandal orang lain, kita hanya tidak menyadari potensi besar yang tersembunyi dalam diri masing-masing.
 
Ketika kita tidak bisa menyadari bahwa kita berharga, kita hanya akan terus merasa minder dan melihat diri kita sebagai seseorang yang tidak mampu. Jadi, pandang diri Anda di depan cermin dan katakan pada diri sendiri ‘Kamu berharga, kamu hebat.’ Dengan begitu, Anda akan mampu memupuk kepercayaan diri. Perubahan sederhana ini akan memberikan keajaiban bagi kepercayaan diri, produktivitas, dan tingkat kebahagiaan Anda secara keseluruhan.
 

2. Selesaikan setiap tugas dan tanggung jawab Anda.

Tips kepercayaan diri  para pengusaha sukses yang kedua adalah menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab Anda. Ketika kita memegang kendali penuh atas tugas dan tanggung jawab yang kita miliki, kita akan menjadi lebih percaya diri. Ini adalah kesempatan untuk kita mengembangkan diri dan menggunakan kemampuan yang kita miliki semaksimal mungkin. 
 
Jadi, apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Anda? Hindari pikiran yang mengatakan bahwa tugas itu terlalu sulit dan Anda tidak dapat menyelesaikannya. Kerjakan dan selesaikan sebaik dan semaksimal mungkin. Buatlah jadwal dan hal-hal yang harus diselesaikan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih kompeten karena ternyata Anda mampu untuk menyelesaikan semua tugas-tugas yang terlihat sulit dan mustahil. Inilah cara yang tepat untuk menambah kepercayaan diri Anda. dan ketika Anda diperhadapkan dengan tanggung jawab yang lebih besar, Anda telah memahami bahwa Anda adalah orang yang berkompeten. 

3. Perhatikan pakaian Anda.

Tips kepercayaan diri  para pengusaha sukses yang ketiga adalah memerhatikan pakaian yang Anda kenakan. Pakaian adalah salah satu pendorong kepercayaan diri. Ketika kita mengenakan pakaian yang baik, kita juga akan merasa baik. Jadi, perhatikan pakaian dan penampilan Anda.
 
Masih ada beberapa perusahaan yang menetapkan aturan berpakaian tertentu. Jika perusahaan Anda adalah salah satunya, cobalah untuk mengikuti aturan tersebut dengan mengenakan pakaian yang membuat Anda terlihat menarik dan profesional. Ketika kita tampil profesional, maka kita akan merasa profesional. Orang di sekitar kita pun akan merasakan hal yang sama. Namun, jika kita terlihat berantakan dan tidak nyaman, orang-orang di sekitar kita juga akan memiliki pandangan yang negatif. Mereka bahkan mungkin akan kurang menghormati daripada ketika kita berpakaian lebih baik dan rapi. 
 
Jika perusahaan Anda tidak memiliki aturan berpakaian atau memperbolehkan setiap orang mengenakan pakaian kasual, pastikan Anda tetap berpakaian rapi dan menarik setiap harinya. Ini akan mendorong Anda untuk berjalan dengan percaya diri.
 

4. Jangan menggantungkan diri dengan persetujuan orang lain. 

Tips kepercayaan diri yang keempat  para pengusaha sukses adalah jangan menggantungkan diri dengan persetujuan orang lain. Kita tidak dapat mengharapkan orang lain memahami apa yang tepat untuk diri kita. Jadi, kita tidak perlu meminta izin untuk melakukan hal yang luar biasa. Kita juga tidak perlu mencari penghargaan dari orang lain. Jika suara hati Anda memberitahu Anda sesuatu, itu mungkin benar. Seperti pepatah yang sering kita dengar, ‘Dengarkan suara hati Anda, karena bisa jadi itu merupakan cahaya yang tepat yang menuntun Anda pada jalan yang seharusnya.' Jadi, ikuti saja dan jangan meminta persetujuan atau pengakuan dari orang lain.

5. Koneksikan tubuh, dan pikiran Anda.

Tips kepercayaan diri para pengusaha sukses yang kelima adalah menghubungkan tubuh dengan pikiran. Seorang pebisnis ternama mengatakan bahwa ia telah memiliki banyak ide dan keinginan untuk memulai usaha sejak ia berada di sekolah menengah. Namun, ia tidak dapat mewujudkannya karena ia tidak memiliki kepercayaan diri. Kemudian ia memiliki hobi baru, berolahraga. Setiap hari ia pergi ke gym dan berlari dengan treadmill. Setiap hari ia memiliki target lari yang harus dicapai dan ia menemukan dirinya merasa puas ketika berhasil mencapai target itu. Ia mengatakan bahwa latihan mencapai target demi target setiap hari menumbuhkan kepercayaan diri dalam dirinya. 
 
Dari situ, ia mulai memiliki kepercayaan diri untuk menjalankan ide bisnis yang pernah tersirat dalam pikirannya. Ia menetapkan tujuan dan melakukan langkah nyata. Ia semakin percaya diri dalam melakukan hobi yang digelutinya dan mengembangkan bisnisnya. Dan hasilnya? Bisnis dan hobi tersebut berkembang dengan sangat pesat.
 
Jadi, sangatlah penting menghubungkan tubuh dengan pikiran. Kita mungkin saja memiliki pikiran untuk melakukan hal A, B maupun C. Namun, tubuh kita harus juga melakukan hal yang sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Tubuh kita perlu melakukan hal yang dapat mendukung pikiran dan meningkatkan kepercayaan diri kita. 
 
Sama halnya ketika Anda ingin tampil didepan orang banyak dengan penuh percaya diri.  Berjalanlah dengan percaya diri. Tarik pundakmu ke belakang, angkat kepalamu, dan lakukan hal sampai kau berhasil. Bertindaklah seolah-olah Anda adalah orang yang sangat ahli. Penelitian menunjukkan bertindak seolah-olah Anda mampu dapat memberi sinyal pada otak Anda untuk lebih merasa percaya diri. 
 
Itulah 5 tips kepercayaan diri para pengusaha sukses. Gunakan 5 cara ini untuk melatih kepercayaan diri sampai Anda benar-benar memiliki kepercayaan diri yang kuat. Tetap semangat dalam berlatih rekan-rekan pembaca Career Advice. 

Featured Career Advice