×
STUDILMU Career Advice - Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro
Productivity

Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Sejak adanya masa pandemi yang diakibatkan oleh Virus Covid-19, banyak sekali perusahaan yang menuntut karyawan-karyawannya untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Karena manajemen waktu kerja yang efisien merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dan diinginkan di dunia kerja saat ini, terutama dalam kasus karyawan yang bekerja jarak jauh atau saat ini lebih sering kita kenal dengan istilah Work from Home.

 

Ketika bekerja secara daring atau bekerja jarak jauh, banyak kelebihan maupun kekurangan yang didapatkan, salah satu kekurangannya yaitu ditemukannya beberapa kasus dimana waktu bekerja lebih fleksibel namun menjadi tak terbatas. Contohnya, disaat jam kerja normal yang seharusnya ­agenda meeting diadakan namun meeting tersebut menjadi diadakan di malam hari di waktu yang seharusnya untuk beristirahat. Untuk menghindari ketidakseimbangan tersebut maka kita harus bisa menerapkan metode untuk dapat bekerja lebih efisien dan efektif di zaman sekarang ini. Ada banyak metode yang dapat membantu kita untuk dapat fokus dan dapat bekerja secara efektif, salah satunya yaitu dengan Teknik Pomodoro. Teknik Pomodoro ini terbukti efektif dapat membantu orang-orang untuk dapat tetap fokus dan produktif sepanjang hari.

 

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro adalah suatu sistem manajemen waktu atau teknik pengaturan waktu yang dibuat oleh Francesco Cirillo pada akhir abad ke-20. Teknik Pomodoro mengacu pada manajemen waktu dengan interval waktu tertentu yang diselingi dengan waktu istirahat. Teknik Pomodoro ini didasarkan pada penggunaan jam dengan interval waktu 25 menit kemudian dipisahkan satu kegiatan dengan yang lainnya dengan waktu jeda 5 menit, ini dengan asumsi bahwa adanya istirahat berdampak positif pada produktivitas.

 

Istilah "Pomodoro" berasal dari pengatur waktu dapur yang terlihat seperti tomat yang digunakan Cirillo pada percobaan awal metode tersebut. Teknik pelacak Pomodoro bekerja dengan baik baik saat bekerja, belajar, maupun melakukan aktivitas lainnya yang melibatkan pikiran.

 

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi Pomodoro atau penghitung waktu Pomodoro online yang memungkinkan kita untuk dapat mengatur waktu kerja dan istirahat yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Menggunakan aplikasi pengatur waktu Pomodoro pun sangat mudah, namun selain dengan aplikasi, kita juga dapat menggunakan teknik Pomodoro cukup dengan mengatur waktu dengan jam alarm yang ada di gadget kita.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice