×
STUDILMU Career Advice - 10 Ide Konten TikTok Menarik
Tips of Management

10 Ide Konten TikTok Menarik

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Saat ini fenomena berbelanja online melalui media sosial atau bisa juga disebut social commerce sangat digemari oleh masyarakat. Salah satu yang popular yaitu TikTok Shop. Hal ini didukung oleh survei yang dilakukan populix mengenai perilaku belanja social commerce, hasil survei yang menyatakan bahwa 86% responden pernah berbelanja di social commerce. Adapun platform yang paling banyak digunakan yaitu TikTok Shop 45%, diikuti WhatsApp 21%, Facebook Shop 10%, dan Instagram Shop 10%.

Anda dapat menjadikan TikTok sebagai tempat berjualan online sekaligus media promosi yang efektif. Namun untuk menarik konsumen tentunya Anda perlu membuat konten yang menarik perhatian bukan? Oleh sebab itu artikel ini akan membagikan beberapa ide konten TikTok yang dapat Anda coba, diantaranya yaitu:

  1. Tutorial

Untuk membuat calon pelanggan tertarik dengan produk yang Anda jual, video yang berisi penjelasan mengenai deskripsi produk saja tidak cukup. Anda bisa menambahkan tutorial yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda ingin menjual wajan anti lengket. Untuk menarik calon pelanggan, Anda dapat membuat video tutorial membuat telur gulung khas jepang menggunakan produk wajan anti lengket Anda. Atau jika Anda ingin menjual baju oversize, Anda dapat membuat video tutorial mix and match outfit. Dengan begitu, calon pelanggan akan terinspirasi dan tertarik dengan produk Anda.

  1. Review

Untuk membuat calon pelanggan Anda semakin yakin dengan kualitas produk yang Anda jual, hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat video review dari konsumen atau influencer. Pada umumnya video review berisi cerita pengalaman positif konsumen atau influencer saat menggunakan suatu produk. Hasil review yang positif ini akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan sehingga mempersingkat proses pengambilan keputusan pembelian.

  1. Hashtag challenge

Konten menarik lainnya yang patut Anda coba yaitu hashtag challenge. Caranya yaitu dengan membuat tantangan menarik yang dapat diikuti oleh pengguna TikTok. Semakin banyak pengguna TikTok yang mengikuti challenge ini semakin terkenal produk yang Anda jual. Agar banyak pengguna TikTok yang mengikuti tantangan yang Anda buat, Anda dapat bekerjasama dengan influencer. Nantinya, influencer ini akan mengajak pengikutnya untuk meramaikan hashtag challenge yang Anda buat. Banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini untuk mendapatkan user generated content.

  1. Behind The Scene

Anda juga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk dengan membuat konten behind the scene. Misalnya bisnis makanan, dengan membuat video behind the scene pengguna TikTok dapat melihat bagaimana Anda membuat makanan tersebut, bahwa bahan makanan yang Anda gunakan berkualitas tinggi, dan dibuat di dapur yang bersih.

  1. Educational

Cara lain yang dapat Anda coba yaitu membuat konten edukasi. Anda dapat membuat konten edukasi yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Sebagai contoh Anda menjual produk sunscreen, Anda dapat membuat konten tentang manfaat dan bahaya sinar UV bagi kulit serta tips mencegah bahaya sinar UV. Agar lebih menarik, Anda dapat menggunakan fitur-fitur TikTok seperti tanya jawab (FAQ), teks pembantu, dan menambahkan lagu yang sedang trending di video edukasi Anda.

  1. A Day in My Life

Anda dapat mendekatkan diri dengan konsumen dengan membuat konten yang satu ini lho! Mungkin banyak followers yang bertanya-tanya bagaimana rutinitas Anda sebagai pemilik bisnis atau peran Anda di perusahaan yang relevan dengan brand Anda. Untuk menuntaskan rasa penasaran mereka, Anda bisa membuat video “a day in my life” dimana Anda dapat ceritakan atau menunjukkan langsung rutinitas pekerjaan yang Anda lakukan.

  1. Workspace Tour

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan diri dengan konsumen yaitu dengan membuat konten workspace tour. Anda dapat mengajak penonton konten Anda untuk berkeliling di tempat Anda menjalankan bisnis. Perlihatkan spot-spot menarik di tempat Anda menjalankan bisnis. Selain itu Anda juga dapat menunjukkan bagaimana Anda menyimpan produk dan peralatan apa saja yang digunakan.

  1. Packaging and Shipping

Mungkin sebagian konsumen ingin mengetahui bagaimana Anda sebagai pemilik usaha menangani produk yang mereka pesan. Untuk menjawab rasa penasaran mereka, Anda dapat membuat video yang menunjukkan proses packaging dan shipping pesanan mereka. Dengan melihat apa yang Anda lakukan terhadap pesanan mereka, konsumen akan merasa yakin dengan bisnis Anda.

  1. Cerita Sukses

Ide konten TikTok lainnya yang patut Anda coba yaitu membuat video yang menceritakan perjuangan Anda membangun bisnis, Anda juga bisa membagikan tips-tips merintis bisnis bagi pemula. Kisah inspiratif merupakan cara yang tepat untuk memperkuat branding produk Anda. Selain itu dengan membagikan kisah inspiratif, Anda telah menebar kebaikan dengan memberikan dorongan motivasi bagi orang-orang yang ingin merintis bisnis.

  1. Katalog Produk

Apakah Anda menjual beragam jenis produk? Jika iya, Anda dapat membuat sebuah video yang akan menampilkan produk Anda secara bergantian. Misalnya Anda memiliki bisnis fashion, Anda dapat membuat video transisi pergantian baju dalam setiap gerakan tertentu. Agar lebih menarik, Anda dapat menggunakan musik yang ketukannya sesuai saat pergantian pergantian baju. Jangan lupa tambahkan teks yang berisi deskripsi produk pada video Anda.

Itulah 10 ide konten TikTok menarik yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan! Bagaimana, apakah Anda sudah mendapat inspirasi untuk konten TikTok Anda?

Featured Career Advice