×
STUDILMU Career Advice - Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse
Productivity

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Proses picking (pengambilan pesanan) merupakan proses yang bertujuan untuk mengambil dan menyiapkan produk yang diminta oleh pelanggan melalui pesanan pembelian. Untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan waktu pengambilan barang, terutama saat Anda mendapatkan banyak orderan, Anda memerlukan sebuah strategi yang tepat. Untuk itu artikel ini akan membahas strategi yang tepat untuk pengambilan barang di gudang.

 

Strategi/Metode dalam Proses Picking

Berikut ini merupakan strategi dalam proses picking:

  1. Pengambilan Diskrit (Discrete Picking)

Pengambilan Diskrit atau dikenal sebagai pengambilan pesanan tunggal, dianggap sebagai pengambilan gudang yang paling tidak rumit, hal ini karena hanya memerlukan satu pekerja yang mengerjakan satu pesanan pada satu waktu. Individu ini akan secara manual mengambil setiap SKU (Stock Keeping Unit) yang diperlukan pesanan. Pada umumnya pengambilan diskrit digunakan oleh bisnis kecil dengan pesanan dan nomer SKU yang lebih kecil.

  1. Pengambilan Batch (Batch Picking)

Dalam pengambilan batch, picker memproses beberapa pesanan secara bersamaan. Biasanya, pesanan dikelompokkan tergantung pada kesamaan SKU di setiap pesanan. Hal ini memungkinkan picker untuk memilih SKU yang sama untuk beberapa pesanan pada saat yang bersamaan, hal ini akan mengurangi waktu perjalanan mereka di dalam gudang dan meningkatkan efisiensi pengambilan pesanan. Strategi ini sering digunakan saat bekerja dengan teknologi Good-to-Person seperti AS/RS (Automated Storage/Retrieval Systems), dan AMR (Autonomous Mobile Robot) dengan sistem pick-to-light terintegrasi.

  1. Pengambilan Zona (Zone Picking)

Dalam pengambilan zona, gudang pada dasarnya dibagi menjadi beberapa bagian, area, atau "zona" yang berbeda. Setiap picker diberi zona tertentu, tempat mereka melakukan perjalanan dan tetap memilih SKU sebagaimana diperlukan untuk pesanan yang saat ini sedang diproses.

  1. Pengambilan klaster (Cluster Picking)

Dalam pengambilan klaster, picker akan secara bersamaan memilih beberapa pesanan. Tidak seperti pengambilan batch, dimana picker mengambil SKU yang sama untuk pesanan yang berbeda, pada pengambilan klaster biasanya melibatkan pesanan yang tidak serupa.

  1. Wave picking

Mengutip dari Ginee.com, wave picking merupakan sebuah cara untuk menjadwalkan pengambilan barang di waktu tertentu. Sehingga, dalam satu hari secara spesifik dapat mengambil barang atau produk yang telah ditentukan. Penjadwalan pengambilan barang bisa disesuaikan dengan waktu kedatangan jasa pengiriman barang dan pergantian shift karyawan.

  1. Pengambilan Robot (Robotic Picking)

Dengan pengambilan robot, SKU individu diambil dari ruang penyimpanan oleh perangkat robot.

 

Elemen Pengambilan Barang

Terdapat tiga elemen untuk merancang strategi pengambilan pesanan yang efektif di antaranya sebagai berikut:

  1. Metode pengambilan pesanan secara langsung memengaruhi cara tim mengambil pesanan. Misalnya, beberapa metode mengharuskan pekerja untuk melakukan perjalanan ke lokasi barang di dalam gudang, sementara yang lain menggunakan otomatisasi dan robot untuk membawa barang ke picker.

  2. Jenis pengambilan pesanan, seperti pengambilan pesanan tunggal, pengambilan batch, dan pengambilan gelombang, dapat mengubah proses pengambilan pesanan. Tidak ada satu strategi terbaik untuk semua organisasi, jadi penting untuk memilih opsi yang tepat untuk kebutuhan pemenuhan pesanan Anda. Misalnya, pengambilan pesanan tunggal mungkin ideal untuk toko kecil dengan beberapa pesanan sederhana tetapi tidak efisien untuk perusahaan besar yang menangani banyak pesanan dan berbagai SKU.

  3. Teknologi pengambilan pesanan seperti voice picking, radio frequency (RF), barcode scanner, robotic solutions and automation dapat mempersingkat proses dan mengurangi kesalahan manusia. Beberapa teknologi pengambilan pesanan mengurangi kesalahan manusia hingga 67% dibandingkan dengan menggunakan daftar pengambilan kertas, misalnya.

 

Peralatan yang Digunakan untuk Pengambilan Barang (Picking)

Terdapat beberapa peralatan penting yang dibutuhkan picker untuk mengerjakan pekerjaan mereka diantaranya yaitu

  1. Mobile Scanner (RF)

Pertama, mereka membutuhkan pemindai RF (Radio Frequency) / perangkat seluler real-time. Alat ini akan terhubung ke sistem manajemen gudang Anda dan membantu melacak item yang mereka butuhkan dan status keseluruhan pesanan. Saat memindai, pengguna dan pemindaian dilacak kinerjanya dan, dalam kasus gudang logistik pihak ketiga (3PL), untuk penagihan aktivitas.

  1. Picking Cart

Alat ini digunakan untuk memindahkan barang dari satu titik ke titik lain di dalam gudang.

  1. Forklift or Pallet Jack

Forklift merupakan alat yang berguna untuk mengangkat barang-barang berat dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam gudang. Alat ini membantu staf gudang mengambil barang dari rak tinggi dan mempercepat pekerjaan.

  1. Voice-Picking Equipment

Voice-Picking Equipment mengacu pada sistem handsfree yang memberikan instruksi kepada picker secara real time.  Dengan teknologi ini pekerja dapat bebas bergerak di area gudang tanpa perlu repot membawa kertas. Peralatan yang digunakan pada teknologi ini yaitu headset dan mikrofon.

  1. Barcode Scanners

Barcode scanners digunakan untuk memindai kode pada suatu produk, dengan alat ini Anda dapat melacak lokasi suatu produk.

 

Tips Memilih Strategi/Metode yang Tepat dalam Proses Picking

Proses pemilihan, atau perancangan strategi pengambilan yang tepat biasanya membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan keterlibatan eksekutif dan ahli rantai pasokan. Dari berbagai strategi picking, Anda dapat memilih strategi yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi operasional Anda. Selain itu Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa strategi dan membuat strategi baru yang sesuai untuk beberapa jenis produk.

Itulah pembahasan tentang strategi yang tepat untuk pengambilan barang (picking) di warehouse. Dengan menentukan strategi yang tepat merupakan hal yang baik untuk mengoptimalkan operasi gudang Anda.

 

 

 

Sumber:

https://www.conveyco.com/blog/warehouse-picking-strategies/

https://6river.com/what-is-picking-in-a-warehouse/

https://www.cadretech.com/best-practices/order-picking-warehouse-operations/

https://www.netsuite.com/portal/resource/articles/ecommerce/order-picking.shtml

https://deo.shopeemobile.com/shopee/seller/seller_cms/7a371b39ce976d9aa67ef5469a4ebf15/[Published%20Material]%20STRATEGI%20PICKING%20&%20PACKING%20ANTI%20PANGLING%20(1).pdf

Featured Career Advice