×
STUDILMU Career Advice - Cara Produktif di Malam Hari
Productivity

Cara Produktif di Malam Hari

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ada begitu banyak artikel yang dapat ditemukan oleh para pembaca Career Advice tentang rutinitas pagi agar memiliki hari yang produktif. Namun, para pembaca mungkin belum pernah mendengar tentang 'rutinitas malam' yang akan membawa Anda ke dalam suatu produktivitas yang lebih, dan pada artikel kali ini kita akan mencoba untuk membahasnya.  
 
Biasanya sepulang kerja dan sampai di rumah, apa sih yang rekan-rekan Career Advice lakukan? Main handphone, cek Instagram, facebook, liat twitter sebentar sambil berbaring di kasur? atau, main game? Hmm, yang pastinya aktivitas yang membuat otak dan tubuh relax ya. 
 
Tapi, ternyata rutinitas di malam hari juga sama pentingnya dengan rutinitas pagi loh! Rutinitas pagi bermanfaat dalam membantu kita mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum meninggalkan rumah untuk bekerja. 
 
Jika kita melakukan rutinitas malam yang tepat, maka kita akan memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, bangun di pagi hari dengan lebih segar dan produktif, otak kita akan lebih “tajam” sepanjang hari. Lalu, apa saja yang terbaik untuk kita lakukan agar produktif di malam hari?
 

Sebelum Pulang dari Kantor:

1. Berhenti Minum Kopi Setelah Jam 4:00 Sore

Rutinitas malam dimulai dengan baik sebelum kepala kita menyentuh bantal dan guling yang empuk. Jika kita bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, kita perlu memikirkan bagaimana semua yang kita lakukan setelah jam 4 sore dapat memengaruhi kualitas tidur kita.
 
Ada beberapa orang yang terbiasa minum teh di malam hari, it’s ok. Tapi, pastikan bahwa teh yang diminum adalah teh herbal, bebas kafein. Kalau tidak, kita mungkin akan merasa gelisah hingga pukul 22:00 atau lebih.
 

2. Menyusun Strategi untuk Pekerjaan Besok

Strategi juga sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Sebelum pulang ke rumah, susun apa saja yang akan dikerjakan besok, “oke, besok saya akan kerjakan tugas A, B, C dan terakhir E, semuanya harus sudah selesai jam 5 sore dan saya bisa kembali ke rumah” Jika kita tidak menetapkan batasan , sulit untuk menikmati hidup dan tidur nyenyak.

Setelah Pulang dari Kantor:

3. Hindari Alkohol

Boleh saja pergi keluar dengan teman, tapi tolong perhatikan asupan alkohol Anda. Alkohol mungkin membuat kita mengantuk, tetapi tidur yang didapatkan tidak akan nyenyak. Jangan minum minuman keras sama sekali, atau hentikan konsumsi alkohol setidaknya dua jam sebelum tidur.

4. Makan Malam Sehat

Usahakan menyantap makan malam beberapa jam sebelum tidur, dan tidak makan terlalu banyak karena ini menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan pencernaan. Jika tetap merasa lapar saat mendekati waktu tidur, coba untuk ambil camilan yang ringan dan sehat, atau cukup minum air putih saja. 

5. Merapikan Rumah, Terutama Kamar

Berada di lingkungan yang terorganisir akan membantu kita merasa santai, tentram dan tenang. Coba untuk merapikan beberapa ruangan di rumah yang berantakan, terutama bagian kamar Anda. “Tapi kan pulang kerja pasti capek banget!” baik, cukup utamakan kamar tidur yang Anda rapikan agar keesokan hari bangun dengan suasana hati yang baik, dan rapikan ruangan lainnya di Jumat malam sepulang kerja. 

6. Bersiap untuk Besok

Menyiapkan pakaian kerja yang akan kita pakai besok, bersihkan barang-barang yang tidak perlu dari tas, tentukan apa saja yang akan dibawa. Dengan begini, kita mencegah kelupaan membawa barang yang penting untuk esok harinya. 
 

7. Luangkan Waktu Berkualitas dengan Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kita sukai setelah lelah bekerja di kantor. Misalnya, menonton drama Korea favorit, bermain game, mendengarkan musik, apapun itu. Eits, tapi ingat jangan lakukan aktivitas tersebut sampai larut malam karena akan mengganggu waktu tidur. 
 

Satu Jam Sebelum Tidur:

8. Jauhkan Diri dari Layar Apapun

Jauhi mata kita dari layar apapun (ponsel, tablet, tv, dll) setidaknya 30 menit sebelum tidur. Cahaya biru dari barang elektronik mengganggu produksi melatonin (hormon yang diperlukan untuk tidur nyenyak). Alternatif yang lebih baik untuk menjauhkan mata dari layar adalah dengan membaca buku. Membaca selama enam menit dapat meredakan ketegangan stres di tubuh manusia dan menenangkan saraf.
 

9. Membuat Renungan Singkat 

Sebelum tidur, coba berpikir tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil hari ini. Ini membantu kita menghargai segala pencapaian yang ada, dan membentuk hari esok yang lebih baik. Pikirkan satu atau dua hal yang kita ingin perbaiki. Jika kita mengalami hari yang buruk, berpikirlah bahwa sesuatu yang baik akan terjadi, sehingga kekhawatiran tidak menghantui tidur kita. 

10. Berterima Kasih kepada Tuhan

Pikirkan setidaknya satu hal yang kita syukuri setiap harinya dan berterima kasihlah kepada Tuhan. Dengan melakukan ini, kita akan menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Mengakhiri hari dengan kata-kata yang positif akan membuat kita tertidur nyenyak.
 

Tepat sebelum tidur:

11. Membersihkan Diri Sebelum Tidur

Sikat gigi, cuci muka, mandi air hangat, atau mandi air panas, sebelum tidur. 
 

12. Tidak Tidur Larut Malam 

Sebagai orang dewasa, kita disarankan untuk tidur selama 6 hingga 10 jam setiap hari. Jika kita harus bangun jam 7 pagi keesokan harinya, lebih baik tidur sekitar jam 11 malam, jangan lewat dari jam itu.
 

Lalu, bagaimana cara mempertahankan produktivitas di malam hari? Berikut tiga hal yang dapat kita lakukan:

1. Memiliki Perencanaan yang Jelas

Coba pikirkan dan tuliskan apa saja yang ingin kita sertakan dalam rutinitas malam tersebut. Jadikan semua rutinitas sejelas dan sesederhana mungkin, sehingga kita dapat melakukannya dengan baik. Dan, setelah kita menerapkan rutinitas tersebut secara konsisten, ini akan menjadi suatu kebiasaan. 

2. Pasang Pengingat dengan Alarm

Karena diri kita belum terbiasa untuk menerapkan rutinitas malam, kita perlu memasang pengingat lewat alarm yang mengingatkan kita tentang hal-hal seperti kapan harus pergi tidur dan berhenti nonton drama Korea.

3. Mulai Segalanya dari Hal yang Kecil

Untuk mencegah kegagalan, uraikan tujuan yang kita miliki menjadi lebih kecil, sehingga kita akan lebih mudah untuk mencapai tujuan tersebut. 
 
Mungkin semua rutinitas malam ini akan sedikit sulit untuk diterapkan di awal, namun cobalah untuk terus menerapkan rutinitas ini sepenuhnya selama 30 hari atau lebih. Lihatlah hasilnya, Anda akan terbiasa dan merasa semua itu tidak sulit untuk dilakukan. Bonusnya, Anda akan memiliki tidur yang nyenyak, pagi yang bersemangat dan bekerja lebih produktif. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice!

Featured Career Advice