×
STUDILMU Career Advice - Produktivitas Kerja: 3 Kiat Sukses Meningkatkannya
Productivity

Produktivitas Kerja: 3 Kiat Sukses Meningkatkannya

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Anda mungkin telah memerhatikan bahwa Google Calendar (Kalender Google) memiliki beberapa fitur unik. Misalnya, Anda dapat menentukan suatu waktu sebagai pengingat. Hal ini bisa saja menjadi pendorong Anda untuk produktif dan menuntaskan setiap daftar pekerjaan yang Anda miliki. Namun, ketahuilah bahwa menjadi produktif secara optimal adalah sebuah proses yang harus Anda lakukan dengan diri Anda sendiri. Anda dapat memanfaatkan Kalender Google sebagai pengingat Anda dalam menyelesaikan daftar pekerjaan Anda.  Bagaimanakah Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dan benar-benar menjadi produktif?
 
Berikut adalah tiga hal utama yang dapat Anda pelajari untuk menyelesaikan daftar pekerjaan Anda dengan tepat dan menjadi produktif secara optimal.
 

1. Buatlah Perencanaan Waktu

Anda dapat menentukan perkiraan waktu untuk setiap pekerjaan yang harus dilakukan, lalu memasukkannya ke Kalender Google. Anda boleh saja membuat daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan, namun Anda harus memiliki perencanaan yang tepat sebelum memasukkannya. 
 
Setelah memperkirakan waktu, lihatlah kesesuaian tugas yang Anda selesaikan dengan perencanaan waktu yang telah Anda buat. Ini membantu Anda untuk dapat memperkirakan durasi yang tepat yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan. Semua orang tidak mampu membuat perencanaan waktu yang tepat. Anda harus berlatih dalam hal ini agar Anda tidak mengalami kesalahan perencanaan.
 
Untuk mengatasinya, mulailah menjadwalkan dan memperkirakan banyaknya waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Nantinya Anda akan melihat durasi yang Anda perlukan dalam mengerjakan suatu hal. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menjadi lebih baik dalam membuat perkiraan waktu yang realistis. Anda juga akan menjadi lebih cepat dalam mengerjakan beberapa hal dengan hasil yang lebih baik.
 

2. Mulailah dari hal Kecil

“Sasaran” adalah salah satu fitur yang kini ada di Kalender Google. Anda hanya mengatakan hal yang ingin Anda lakukan, dan Kalender Google akan menemukan waktu yang tepat dalam jadwal Anda untuk melakukannya. Cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda adalah memulai dengan kebiasaan kecil yang sangat mudah. Kemudian Anda dapat benar-benar meletakkannya di kalender Anda.
 
Yang terpenting adalah Anda harus bisa mengumpulkan banyak kemauan untuk melakukan suatu hal. Ini akan membuat Anda mudah untuk memulai pekerjaan Anda. Mulailah dengan mengerjakan hal-hal yang sederhana dan mudah untuk diselesaikan. Jika Anda sudah dapat memulai dengan hal yang sederhana dan mudah, lakukanlah secara teratur. Ketika Anda membangun kebiasaan ini, Anda akan mampu mencapai tujuan Anda.
 

3. Milikilah Rutinitas Mingguan, Bukan Harian

Tingkat energi dan kondisi pikiran Anda berubah sepanjang minggu. Jadi, Anda harus bekerja sesuai dengan itu. Sebagai contoh, Anda dapat berusaha untuk membuat hari Senin dan Selasa (terutama pagi hari) menjadi waktu kreatif utama pada proyek terpenting Anda. Kemudian di minggu itu saat kedisiplinan dan semangat Anda berkurang, Anda dapat memanfaatkannya untuk rapat dan urusan administrasi. 
 
Buatlah rutinitas Anda selama satu minggu. Jadikanlah awal minggu Anda untuk menyelesaikan setiap hal yang membutuhkan pemikiran yang keras. Anda dapat melanjutkan hari-hari selanjutnya dengan menyelesaikan pekerjaan lainnya. Setidaknya beban terberat Anda telah terselesaikan di awal minggu dan Anda tidak perlu merasa kelelahan sepanjang minggu. Anda dapat menjadikan hal ini untuk mengoptimalkan energi dan semangat yang Anda miliki. Ingatlah bahwa Anda harus mengelola energi dan semangat Anda dengan baik. Jangan sampai Anda kehabisan energi dan semangat. Ini akan sulit untuk mengoptimalkan produktivitas Anda. 
 
Anda mungkin telah memerhatikan bahwa Anda tidak terlalu memerlukan aplikasi untuk mengintegrasikan kiat-kiat ini ke dalam hidup Anda. Anda sendirilah yang harus berjuang untuk mengoptimalkan produktivitas Anda, Bersikaplah realistis tentang waktu yang Anda perlukan, banyaknya kemauan yang Anda miliki, serta naik dan turunnya semangat Anda. Jika Anda telah memahami semua hal itu dengan baik dan Anda mampu untuk melakukan kiat-kiat di atas dengan teratur, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menuju produktivitas yang optimal.

Featured Career Advice