×
STUDILMU Career Advice - 10 Kebiasaan Harian Menjadi Lebih Produktif
Productivity

10 Kebiasaan Harian Menjadi Lebih Produktif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Orang-orang sukses membuat pilihan spesifik yang meningkatkan hari mereka, membuat mereka lebih mampu dan produktif. Tidak semua pilihan ini bersifat umum. Beberapa orang sukses memilih berjalan ke kantor untuk berpikir jernih, sementara banyak dari kita harus menempuh perjalanan bermil-mil ke kantor karena kebutuhan.
 
Namun, banyak dari kebiasaan orang-orang sukses dapat disesuaikan oleh orang lain dan, mengingat berbagai faktor tambahan yang tepat, dapat meningkatkan hari Anda sendiri dan kemampuan pribadi. Berikut 10 kebiasaan harian orang-orang sukses yang membuat mereka lebih produktif:
 

1. Memiliki Waktu Spontan

Hari-hari kita sering terasa monoton, seperti robot. Setiap hari kita mengulangi kegiatan yang sebagian merupakan pekerjaan dan kehidupan kita sehari-hari. Salah satu cara untuk menerobos ini dan menjadikan kita lebih produktif adalah mencari momen spontan dengan melakukan sesuatu diluar kebiasaan Anda. 
 

2. Lakukan Meditasi Singkat

Banyak orang sukses bermeditasi setidaknya sekali pada siang hari untuk membuat mereka menjadi lebih produktif. Anda dapat melakukannya dengan hanya menutup mata saja selama tiga menit penuh dan tidak berpikir setidaknya sekali sehari. Ini adalah tindakan pembersihan mental. Ini akan menyegarkan kembali pikiran Anda sehingga Anda dapat memiliki ide-ide yang lebih cemerlang untuk meningkatkan hari Anda.
 

3. Berolahraga

Sekalipun memiliki banyak kesibukan, orang-orang sukses tidak pernah melewatkan waktu untuk berolahraga. Berolahraga setiap hari melepaskan hormon endorfin, yang membuat Anda lebih bahagia, dan juga meningkatkan detak jantung dan metabolisme tubuh, yang mempercepat pencernaan dan membuat Anda lebih nyaman di siang hari. Mungkin yang paling penting, ini memberi periode untuk mencapai 'keadaan tanpa pikiran' dan sangat rileks, yang dapat membantu membersihkan pikiran dan membantu Anda merasa lebih baik sepanjang hari.
 
Olahraga adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengembangkan otak dan meningkatkan mood sehingga Anda menjalani hari yang lebih produktif. Rencanakan hari Anda dengan berolahraga di pagi hari, tidak perlu melakukan hal-hal yang berat, lakukan olahraga ringan sebelum Anda pergi bekerja. Dengan begitu, Anda dapat fokus saat jam kerja dengan klien, teman, rekan kerja, maupun menyelesaikan pekerjaan lain yang perlu diselesaikan.

4. Menelpon Teman

Menelepon seorang teman atau seseorang yang ada untuk Anda dapat membantu Anda untuk memiliki hari yang produktif. Anda membagikan sesuatu yang ada di pikiran dan perasaan Anda. ini membantu Anda untuk meringankan bahkan menghilangkan beban yang Anda bawa ke dalam dunia pekerjaan. lagipula, dengan menelpon seorang teman ataupun orang yang penting bagi Anda, Anda menyalurkan investasi waktu dalam hubungan Anda.

5. Pikirkan Hal yang Membuat Anda Beruntung

Pekerjaan, terutama untuk orang-orang sukses, biasanya sangat menegangkan. Saat menghadapi tantangan, kita menjadi sangat mudah untuk tergelincir ke dalam keadaan negatif dan fokus pada apa yang salah. Namun, ini memiliki dampak psikologis dan fisiologis yang negatif dan Anda justru merasa lebih buruk karenanya. Berpikir positif setiap hari membantu banyak orang untuk mencapai keseimbangan.
 
Dalam dunia kewirausahaan, tantangan dan kegagalan merupakan hal yang biasa dihadapi. Untuk menyeimbangkannya, ambillah waktu beberapa saat setiap hari hanya mengingat betapa beruntungnya Anda dan kemampuan yang Anda miliki yang dapat memberikan dampak pada dunia. 
 

6. Membaca

Membaca sesuatu yang sesuai dengan minat Anda membantu otak Anda tetap aktif tanpa memikirkan hal yang terkait dengan pekerjaan. Sediakan 30 menit pada awal hari untuk membaca, baik yang terkait langsung dengan pekerjaan atau tidak. Anda akan melihat betapa membaca membantu Anda untuk berpikir kreatif. Ide-ide kreatif yang bermunculan di kepala Anda akan memudahkan Anda menyelesaikan setiap pekerjaan sehingga hari itu akan menjadi hari yang produktif. 
 

7. Menulis

Bagi sebagian orang, menulis adalah salah satu teknik harian yang dilakukan untuk menjadikan mereka lebih produktif. Terapi menulis dan itu membantu meningkatkan suasana hati bahkan pada hari-hari yang paling melelahkan dan penuh tekanan, dan membantu mengeluarkan dari apa pun yang membuat seseorang stres pada saat itu dan sebagai gantinya memikirkan gambaran yang lebih besar.
 
Menulis mungkin dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk menjernihkan pikiran Anda dan juga merangsang kreativitas. Cobalah untuk menulis sebelum Anda menjalani hari, tulis apa saja yang Anda ingin tulis sampai Anda menemukan diri Anda telah memiliki energi yang cukup untuk menjadi produktif dalam satu hari tersebut. 

8. Fokus pada Keluarga

Orang-orang sukses dapat dengan mudah dikuasai oleh pekerjaan mereka. Tetapi orang-orang paling sukses tetap sadar bahwa pekerjaan harus menjadi prioritas sekunder bagi mereka  sekalipun itu merupakan hal yang memberikan makna paling besar dalam kehidupan mereka.
 
Berdasarkan sebuah interview, seorang pengusaha sukses berkata “Saya tidak pernah melewatkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama istri saya, anak-anak saya dan keluarga lainya.”
 
Jadi, sesibuk apapun Anda dengan pekerjaan Anda, tetaplah prioritaskan keluarga Anda. Dukungan orang-orang terdekat yang Anda cintai merupakan faktor terbesar untuk menumbuhkan semangat Anda dan menjadi produktif sepanjang hari. Masih sering mengesampingkan waktu keluarga dengan pekerjaan? Hentikanlah hal tersebut dan mulailah menghabiskan waktu bersama keluarga Anda.

9. Dengarkan Musik Saat Bangun dan Sebelum Tidur

Musik adalah salah satu agen penenang yang paling efektif. Mendengarkan lagu di pagi hari membantu menciptakan rasa ketenangan untuk memulai hari yang penuh dengan aktivitas. Ingat, ketenangan adalah kunci awal Anda dalam menjadi produktif.  Mendengarkan lagu di malam hari membantu Anda tidur lebih nyenyak dan membangunkan Anda di pagi hari dengan keadaan yang lebih segar dan siap menjalani hari tersebut. 
 

10. Menghabiskan Waktu Tanpa Teknologi

Teknologi merupakan konsumsi terbesar para pekerja sekarang ini, namun, terus-menerus menyambungkan ke dunia digital dapat membatasi ataupun mencegah Anda dari berpikir lebih kreatif dan melihat suatu hal dalam gambaran besar. Sediakanlah waktu untuk menjauhkan diri dari perangkat teknologi apapun. Menghabiskan setidaknya beberapa waktu setiap hari tanpa perangkat teknologi dapat membuka pikiran.
 
Cobalah setidaknya setiap hari selama 30 menit tanpa gangguan, tidak ada email, tidak ada ponsel, tidak ada jam tangan, tidak ada pertemuan, tidak ada pengunjung yang mengejutkan sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada masalah, ide, atau fokus pada inspirasi. 
 
Itulah 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan semangat Anda dalam menjalani hari sehingga Anda menjadi lebih produktif, seperti orang-orang sukses lainnya. Semakin Anda bersemangat, semakin tinggi produktivitas Anda. Produktivitas adalah modal utama yang Anda perlukan untuk tetap fokus dalam menjalani karier Anda dan menciptakan sesuatu yang memukau. Kesuksesan menunggu Anda, selamat mencoba, jadilah bersemangat dan jadilah produktif. 

Featured Career Advice