Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Meningkatkan Kebahagiaan dalam Waktu 15 Menit

5 Cara Meningkatkan Kebahagiaan dalam Waktu 15 Menit


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Seperti Apakah “Kebahagiaan” Itu?

Pertama-tama, kita perlu mengetahui arti dari kebahagiaan. Dalam bahasa Indonesia, kebahagiaan memiliki kata dasar “bahagia” dan disertai dengan imbuhan ke-dan-an. Lantas, apa yang dimaksud dengan kebahagiaan? Menurut seorang ahli yang bernama Hurlock, kebahagiaan adalah gabungan dari perasaan menerima, rasa kasih sayang dan rasa puas atas sebuah pencapaian. Ketiga sikap ini bisa mendefinisikan perasaan bahagia yang dimiliki setiap individu. Seperti yang kita ketahui, seringkali definisi kebahagiaan akan berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. 
 
Menjadi bahagia adalah keinginan banyak orang, karena mengejar kebahagiaan dan menjauhi rasa sakit adalah sifat dasar yang dimiliki setiap manusia. Sekarang, rekan pembaca bisa menjadi bahagia setiap hari loh! Hanya dengan aktivitas yang dilakukan selama 15 menit di bawah ini, kita bisa meningkatkan kebahagiaan kita kapanpun dan dimanapun. Artikel ini sangat cocok bagi rekan-rekan Career Advice yang merasa tidak bahagia atau sulit merasa bahagia. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa bahagia itu simple, namun nyatanya masih banyak orang-orang yang berjuang untuk mendapatkan kebahagiaan seperti yang mereka harapkan. 
 
Nah jika rekan-rekan pembaca ingin meraih kebahagiaan dan meningkatkan kebahagiaan Anda, maka rekan pembaca perlu membaca artikel ini sampai habis ya! Dilansir dari website inc dot com, ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan hanya dalam waktu 15 menit. Yap! Dengan waktu dibawah setengah jam, kita bisa merasakan bahagia kapanpun dan dimanapun, menarik bukan? 
 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kebahagiaan dalam Waktu 15 Menit? 

1. Meditasi atau Melakukan Renungan. 

Kami yakin mungkin rekan-rekan Career Advice sudah sering mendengar bagaimana meditasi atau merenung dapat menciptakan kualitas yang luar biasa untuk meningkatkan kebahagiaan kita. Nyatanya, aktivitas ini tidak memakan waktu sampai lebih dari 15 menit loh! Kita bisa melakukan meditasi selama dua hingga lima menit dengan memejamkan mata dan menenangkan diri. 
 
Ketika melakukan ini, pikiran dan jiwa kita akan menjadi tenang. Pikiran negatif akan pergi dari pikiran kita secara perlahan-lahan. Tidak hanya itu, pernapasan kita juga akan berjalan dengan lancar, karena saat meditasi atau merenung berlangsung, kita perlu menarik napas panjang dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan. Oh ya, kita juga bisa mengatakan kata-kata kebahagiaan loh ketika melakukan aktivitas ini. Sehingga, rasa bahagia dapat disalurkan ke dalam jiwa kita. Yuk, dapatkan energi dan kebahagiaan kita kembali dengan melakukan meditasi dan renungan. 
 

2. Memperhatikan Keadaan Sekitar Kita dan Temukan Keajaiban!

Percaya tidak percaya, ungkapan bahwa kebahagiaan itu sederhana memang benar loh rekan-rekan! Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam waktu 15 menit adalah memperhatikan keadaan di sekitar kita, entah dengan melihat awan dan langit yang cantik, anak-anak yang berlarian sambil bersenda gurau, rekan kerja yang membawakan secangkir kopi untuk koleganya, dan lain sebagainya.
 
Ketika kita memperhatikan keadaan di sekitar dengan perasaan yang tenang dan seksama, kita bisa menemukan banyak keajaiban di lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh, ketika melihat matahari yang terbenam, kita bisa merasa bersyukur karena kita telah berhasil menyelesaikan semua pekerjaan pada hari itu. See, kebahagiaan hati memang bisa didapatkan dimanapun dan kapanpun, asal kita mau berusaha meningkatkan kebahagiaan yang kita miliki. 
 

3. Miliki Satu Jurnal Khusus untuk Menuliskan Segala Rasa Kebahagiaan yang Kita Rasakan. 

Salah satu contoh kebahagiaan yang dapat kita rasakan adalah rasa syukur terhadap kehidupan yang kita miliki sekarang. Nah, cara ketiga yang bisa kita lakukan adalah memiliki satu buku jurnal khusus yang bisa kita gunakan untuk menceritakan segala hal-hal terbaik yang kita rasakan setiap harinya.  
 
Kita bisa menuliskan minimal tiga rasa kebahagiaan yang kita rasakan dalam satu harinya atau jika kita merasakan kebahagiaan yang lebih banyak, akankah lebih baik jika kita menuliskan poin-poin kebahagiaan yang lebih banyak. 
 
Menulis rasa terima kasih atas kebahagiaan yang kita rasakan akan menjauhkan kita dari rasa depresi. Mengapa begitu? Dengan rasa kebahagiaan yang kita tuliskan di dalam buku jurnal, kita tidak perlu meminta kebahagiaan dari orang lain, karena kita bisa menciptakan kebahagiaan dari dalam hati kita. 

4. Rajin Berolahraga Tidak Hanya Menyehatkan Badan, namun juga Meningkatkan Kebahagiaan.

Berolahraga bukan hanya menjadikan tubuh kita sehat loh, namun berolahraga juga akan meningkatkan rasa bahagia di dalam diri kita. Lakukan latihan olahraga selama 7-15 menit dan efeknya kita akan merasa lebih tenang, lebih bersemangat dan tentunya lebih bahagia. Rajin berolahraga akan membuat kita berpikir positif dan tidak ada seorangpun yang tidak merasa bahagia jika mereka berpikir positif. 
 

5. Memuji Seseorang akan Meningkatkan Kebahagiaan Kita.

Mungkin bagi sebagian orang, mereka akan bertanya-tanya “bagaimana ceritanya yak ok memuji seseorang malah meningkatkan kebahagiaan kita?” Nyatanya, memuji orang lain sama saja dengan menyalurkan aura positif dan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi orang-orang di sekitar kita. Percaya atau tidak, ketika kita memuji seseorang dan membuatnya bahagia, secara tidak langsung kita sedang menyalurkan kebahagiaan bagi diri kita sendiri. 
 
Yap! Itu dia 5 cara meningkatkan kebahagiaan yang bisa kita terapkan. Jika rekan-rekan Career Advice berhasil menerapkan cara-cara di atas selama lebih dari 21 hari, maka tanpa disadari 5 cara di atas akan menjadi suatu kebiasaan baik yang akan membawa rekan pembaca kepada kebahagiaan hakiki. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.