STUDILMU Career Advice - Berpikir Positif

Berpikir Positif


by Studilmu Editor
Posted on Mar 14, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, apakah Anda sudah berpikir positif hari ini? Seseorang terkenal yang bernama Kendra Cherry berkata bahwa “Berpikir positif berarti menghadapi tantangan kehidupan dengan pola pikir positif. Ini bukan berarti kita menghindari hal-hal buruk, tetapi ini tentang cara terbaik untuk mengendalikan situasi yang buruk namun tetap melihat hal-hal terbaik yang ada dalam diri seseorang dan melihat kemampuan kita secara positif.”
 
Ketika kita menjadi seorang yang berpikir positif, kita kan menjadi pribadi yang lebih bahagia, lebih menarik dan bahkan lebih bersemangat. Tentunya ini akan meningkatkan energi, motivasi dan kinerja kita. Ya, pola pikir yang positif sangatlah memengaruhi keseluruhan aspek kehidupan kita.
 
Kita semua tahu betapa lelahnya menghabiskan waktu bersama orang yang tidak optimis. Singkatnya, kita semua menginginkan seseorang yang selalu bersemangat yang dapat meningkatkan motivasi kita ketika bersamanya. Menurut rumus kebahagiaan, 50 % kebahagian kita ditentukan oleh faktor biologis, 10% oleh kondisi dan keadaan kehidupan kita dan 40% oleh tindakan dan pilihan yang kita buat setiap harinya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pikiran positif haruslah menjadi pilihan kita setiap harinya.
 
Setiap kita memiliki kecenderungan yang besar untuk memiliki pikiran negatif. Mengatasi hal ini bukanlah hal yang mudah. Dalam artikel ini kita akan membahas 10 cara agar dapat berpikir positif sehingga rekan pembaca juga dapat menerapkannya setiap harinya.
 
1. Mereka selalu berterima kasih.
Ucapan terimakasih adalah hal yang berada dalam daftar paling atas. Dengan mengucapkan terimakasih, kita akan mampu meningkatkan kebahagiaan kita. Untuk itu, cobalah rekan pembaca bersyukur dan mengucapkan terimakasih setiap kali Anda memiliki kesempatan. Sadarilah, bahwa ada banyak hal yang patut disyukuri. Ketika Anda pertama kali membuaka mata di pagi hari, ucapkan terimakasih kepada pencipta atas kesehatan dan kesempatan untuk menjalani hari yang baru. Dengan begini, Anda akan meningkatkan kepositifan Anda dalam menjalani hari.

2. Mereka menutup hari dengan menuliskan 3 hal yang patut disyukuri.
Cobalah untuk memiliki pikiran positif setiap kali Anda hendak tidur. Ini akan meningkatkan kesehatan mental Anda dan tentunya Anda lebih mampu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda.dan juga, ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda.
 
Untuk itu, cobalah untuk menuliskan 3 hal baik yang terjadi sepanjang hari. ini adalah cara yang tepat untuk menciptakan pola pikir yang positif sehingga Anda akan mampu untuk melewati hari bahkan minggu yang sibuk.
 
3. Mereka menentukan kekuatan dan kesuksesan.
Ketika Anda berfokus dengan kekuatan Anda, Anda akan mendapatkan pencerahan dalam hidup. Setiap kita tidaklah luput dari kelemahan dan kesalahan. Setiap kita merasakan kesulitan dan gagal. Tetapi, jangan biarkan fokus Anda berada pada kegagalan tersebut, ini hanya akan menghabiskan tenaga Anda. 
 
Fokuslah terhadap kekuatan dan kelebihan yang Anda miliki yang dapat menunjang kesuksesan Anda. Ubahlah fokus Anda sehingga Anda mampu untuk mengejar kesuksesan yang menjadi impian Anda.

4. Mereka mengikuti panutan mereka dalam mengatasi kelemahan yang dimiliki.
Sebagai makhluk yang menyukai kenyamanan, seringkali kita merasa tidak termotivasi dan tidak ingin meninggalkan zona nyaman tersebut. Ketika Anda kehilangan motivasi untuk melakukan yang terbaik, cobalah untuk melihat orang-orang yang Anda kagumi atau idolakan. Ini dapat memberikan dorongan motivasi Anda. orang-orang yang berpikir positif memiliki panutan dalam kehidupan mereka. 
 
Ketika Anda mampu untuk melihat orang yang Anda kagumi dan mengikuti jejak yang diambilnya dalam mencapai kesuksesan, Anda akan mampu untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.
 
5. Mereka telah belajar cara mengatasi pikiran buruk yang mereka miliki.
Sangatlah wajar jika seseorang memiliki pemikiran negatif. Tetapi, permasalahan yang sebenarnya datang ketika kita mempercayai hal yang ada dalam pikiran tersebut. 
 
Orang-orang yang positif, sangat mengetahui bahwa pikiran negatif adalah bagian dari warisan turun-temurun yang ada, tetapi kita tidak boleh membiarkan emosi kita sekebdalika oleh hal tersebut. 
 
Lagi pula, orang-orang yang positif tidak mengaitkan pikiran mereka dengan fakta yang ada. Mereka menyalurkan pikiran negatif dengan bernyanyi atau membuat suara-suara lucu. Dan hasilnya? Mereka membiarkan pikiran negatif mereka terbang begitu saja.
 
6. Mereka tidak mengeluhkan cuaca
Menurut penelitian, cuaca dapat mengubah suasana hati seseorang dan membuat seseorang mengeluhkannya. Orang-orang yang memiliki pikiran positif memiliki kesempatan yang jelas untuk melatih poses berpikir positif. Ketika hujan, ambilah sepatu boot Anda dan nikmatilah hujan yang turun. Dan ketika hari menjadi sangat panas, nikmatilah waktu yang Anda miliki untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.
 
7. Mereka berfokus untuk menemukan solusi
Orang yang berpikir negatif lebih fokus terhadap perasaan mereka tentang apa yang terjadi. Tetapi, orang yang berpikir positif akan lebih berfokus dalam menemukan solusi. Dengan begini, Anda tidak perlu membuang-buang energy pada hal-hal yang tidak efektif.

8. Mereka mencoba berbagai alternatif
Orang-orang yang positif mengerti dengan jelas bahwa opsi B dan opsi C memiliki kesalahan yang sama dengan opsi A. ketika ada hal yang berjalan diluar rencana, ini bukan berarti bahwa hal tersebut adalah salah.
 
9. Mereka berharap akan hal baik.
Elemen penting yang menentukan terjadinya hal baik adalah tindakan mengharapkan dan aksi nyata dalam mewujudkannya. Orang-orang yang positif selalu mengharapkan hal yang positif juga.
 
10. Mereka tersenyum lebih dulu. 
Orang yang tersenyum adalah orang yang mencerminkan bahwa ia memiliki pola pikiran positif dan ini dapat meningkatkan suasana hati. Orang-orang yang dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia akan cenderung menjadi bahagia juga. Orang-orang yang memiliki pola pikiran positif berkontribusi secara aktif dan menyebarkan kebahagiaannya dengan tersenyum terlebih dahulu. Kebaikan akan selalu memanggil kebaikan lainnya.
 
Inilah 10 cara agar dapat berpikir positif setiap harinya. Tetap semangat dan teruslah melatih diri, rekan pembaca. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja