×
STUDILMU Career Advice - Meditasi adalah Awal yang Baik untuk Memulai Hari
Self Improvement

Meditasi adalah Awal yang Baik untuk Memulai Hari

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca, saya yakin bahwa Anda pasti pernah mendengar manfaat dari meditasi. Meditasi adalah awal yang baik untuk mengawali hari. Meditasi adalah awal yang baik untuk hari Anda. 
 
Mengapa meditasi adalah awal yang baik untuk memulai hari? Meditasi merupakan alat yang hebat untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara pikiran dan tubuh Anda. Meditasi adalah teknik sederhana yang bisa Anda praktikkan kapan saja dan di mana saja untuk mengurangi stres. Prosesnya sama seperti latihan fisik, semakin banyak Anda berlatih, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan, dan akan semakin lama juga Anda merasakan manfaat tersebut.
 
Anda bisa saja mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, menggunakan lebih banyak produk alami atau hal baik lainnya. Namun, jika Anda tidak menjaga pikiran Anda, Anda akan tetap merasakan ketidakseimbangan dalam hidup. Meditasi membuat Anda memiliki tubuh dan juga pikiran yang lebih jernih. Itulah sebabnya, meditasi adalah awal yang baik untuk memulai hari Anda.
 
Meditasi dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang ada di tubuh kita, mengurangi tekanan darah, meningkatkan perhatian, membantu kita memiliki kualitas tidur lebih baik, membantu kita membuat pilihan yang lebih cerdas dan mengatur pikiran kita, sehingga kita tidak melompat begitu cepat untuk bereaksi dan menilai.
 
Manfaat besar dari meditasi adalah Anda akan menemukan kedamaian di dalam diri sendiri, kedamaian yang dibicarakan oleh tradisi spiritual yang melampaui semua pemahaman. Salah satu tujuan meditasi terbesar adalah Anda mendengarkan diri sendiri dan terhubung dengan pusat meditasi Anda, untuk berhubungan dengan energi "kesatuan".
 
Meditasi adalah cara untuk mendapatkan ruang di antara pikiran Anda. Anda memiliki pemikiran yang bercabang dan ada sedikit ruang di antara setiap pemikiran yang disebut keheningan. Ruang inilah yang merupakan pintu gerbang menuju pikiran yang tak terbatas dan rasa koneksi yang teratur.
 
Apakah rekan pembaca telah mencoba untuk melakukan meditasi setiap hari? Anda mungkin masih merasa agak ragu untuk memulainya karena konsep meditasi terlihat sangat menakutkan, atau Anda berpikir bahwa Anda memerlukan banyak waktu untuk berlatih meditasi. Atau mungkin, Anda telah mencobanya beberapa kali tetapi Anda mengalami frustasi karena merasa kewalahan, dan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak pandai dalam hal itu.
 
Kali ini, saya akan membagikan panduan sederhana untuk melakukan meditasi yang dapat rekan pembaca ikuti, sehingga Anda dapat mengawali hari dengan meditasi. Ini akan membuat Anda menjadi lebih positif dalam menjalani kehidupan.

Panduan mengawali hari dengan meditasi.

Jika Anda belum dapat melakukan meditasi berlama-lama, mulailah dengan 5-10 menit. Latihan rutin akan membuat Anda bisa duduk untuk jangka waktu yang lebih lama. Mantapkan niat Anda sebelum memulainya, tetapi mulailah latihan Anda tanpa keterikatan pada hasil tertentu atau praktik meditasi yang seharusnya. Bersikaplah terbuka untuk mengalami apa yang ingin Anda terima dari setiap latihan. Meditasi adalah awal yang baik untuk memulai hari, oleh karena itu waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari. Ini berarti Anda mempersiapkan diri untuk memulai hari Anda dengan damai, karena seringkali kita tidak menyadari bahwa banyak penghalang yang membuat kita tidak dapat menjalani hari dengan penuh kedamaian. Oleh karena itu, meditasi adalah awal yang baik untuk memulai hari. Dan berikut adalah langkah-langkah sederhana ini untuk memulai latihan meditasi Anda:
 
1. Temukan tempat yang akan menjadi ruang untuk meditasi. Cobalah untuk memilih kamar yang nyaman dan bebas dari kebisingan atau gangguan. Anda dapat menambahkan musik pendukung yang santai, menyalakan lilin atau dupa, atau minyak esensial yang dapat membuat Anda rileks.
 
2. Sediakan waktu. Jadikan meditasi sebagai prioritas, tetapkan waktu meditasi yang sama setiap hari dan lihat ini sebagai makanan bagi jiwa Anda. Beberapa orang suka bermeditasi tepat sebelum mereka pergi tidur, Anda juga dapat mencobanya. Ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
 
3. Pakailah pakaian yang nyaman. Jangan memakai pakaian yang ketat dan sempit. 
 
4. Duduk dengan nyaman. Anda bisa duduk di atas bantal di lantai, di sofa atau kursi, tetapi pastikan Anda duduk tegak, tidak bersandar. Tambahkan bantal sandaran agar punggung Anda tetap tegak. Anda tidak perlu mencoba postur yoga yang sulit dan rumit di awal. Jangan berbaring karena kemungkinan besar, Anda akan tertidur. 
 
5. Sediakan pengukur waktu.
 
6. Mulai latihan meditasi Anda dengan 5 hingga 7 napas panjang dan lambat sehingga Anda bisa mulai melepaskan ketegangan.
 
7. Kemudian mulailah memfokuskan pikiran Anda pada suatu objek. Itu bisa saja api lilin yang menyala, atau pernapasan Anda atau membaca mantra ‘Aku adalah.’
 
8. Ketahuilah bahwa Anda mungkin akan memikirkan suatu hal, merasakan sensasi di tubuh Anda atau mendengar suara di sekitar. Ini normal. Setiap kali Anda menyadari hal itu, kembalilah ke objek yang Anda fokuskan, atau kembali untuk memperhatikan pernapasan Anda lagi, atau mengulangi mantra Anda, tetapi lakukan hal itu tanpa menggerakkan bibir dan lidah Anda.
 
Itulah panduan yang dapat rekan pembaca lakukan saat melakukan meditasi. Jika nantinya Anda merasa tidak nyaman karena tidak adanya hasil yang besar, tetaplah konsisten. Hargai waktu yang Anda tetapkan untuk latihan. Percayalah, meditasi adalah awal yang baik untuk memulai hari. Ketenangan yang Anda miliki di pagi hari akan membuat Anda bersemangat dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Featured Career Advice