×
STUDILMU Career Advice - 4 Karakteristik Tenaga Penjualan
Marketing & Sales

4 Karakteristik Tenaga Penjualan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Anda dapat menunjukkan banyak hal dalam pekerjaan Anda, tetapi faktor yang paling penting apakah seseorang akan menjadi anggota tim yang hebat (terutama tenaga penjualan yang hebat) adalah etos kerja. Tetapi itu juga salah satu faktor yang sangat sulit untuk ditentukan selama proses wawancara. Jadi, inilah beberapa karakteristik yang perlu ada di dalam diri Anda sebagai seorang tenaga penjualan atau wiraniaga.
 

1. Etika Bekerja

Etika bekerja berarti bekerja keras dan bekerja cerdas. Seseorang dengan etos kerja yang hebat akan mempercepat kurva belajarnya dan mengalamai peningkatan konstan. Dia akan selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik. Sebuah tim terbaik membutuhkan anggota yang memiliki etos kerja yang tinggi. Untuk memiliki etos kerja yang tinggi, Anda perlu untuk menetapkan tujuan Anda. Tetapkanlah tujuan Anda dan buatlah rincian langkah-langkah yang akan Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Tantangan akan selalu ada, namun ketika Anda selalu melihat tujuan tersebut, Anda akan selalu dapat bekerja dengan bersemangat.

2. Daya Saing

Untuk peran penjualan, tidak perlu dipikirkan bahwa orang perlu berkomitmen untuk menang, mencapai tujuan, dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dibandingkan diri sendiri. Sebagai seorang wiraniaga, Anda harus kompetitif. Banyak perekrut yang mengatakan, “yang saya cari adalah Anda yang cukup percaya diri untuk menang, cukup rendah hati untuk bersiap.” Jika Anda merupakan seorang pemula, Anda perlu membangun daya saing Anda. Daya saing Anda akan membantu Anda untuk selalu berusaha memberikan hasil terbaik. Kemauan yang tinggi untuk selalu mencoba adalah kunci utamanya. Daya saing ini akan membawa Anda kepada sebuah peluang kenaikan karier Anda. Jika Anda adalah seorang yang berdaya saing tinggi, Anda akan selalu berusaha untuk menggunakan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya. Dan akhirnya Anda akan menyadari bahwa Anda telah mengalami peningkatan karier yang tidak terbayangkan sebelumnya.

3. Mau Berlatih

Keinginan untuk belajar biasanya sejalan dengan keinginan untuk bertumbuh. Jika karyawan tidak memiliki keinginan untuk bertumbuh, mereka akan sulit untuk termotivasi dan mencapai langkah selanjutnya dalam karir atau kehidupan mereka. Di sisi lain, karyawan yang telah "terlatih" akan selalu berkomitmen untuk menumbuhkan karier dan hidup mereka serta menguasai keahlian mereka. Sangat sulit untuk melatih komitmen itu jika Anda belum memilikinya. Disinilah diperlukan latihan. Latihlah diri Anda setiap harinya untuk selalu berkomitmen dalam meningkatkan dan melakukan pertumbuhan dalam karier Anda. Semakin Anda berlatih, semakin Anda menguasainya. Temukanlah hal-hal yang dapat membantu Anda menjadi lebih termotivasi dalam mencapai tujuan Anda. Tantangan akan ada, tetapi komitmen yang kuat membuat Anda mampu untuk terus melakukannya. 
 

4. Keinginan untuk Berkarier di Dunia Penjualan

Keinginan untuk berkembang akan terus memotivasi dan mendorong penjual, jadi sangat penting bahwa seorang wiraniaga berkomitmen untuk berhasil dan tumbuh dalam peran mereka sebagai penjual.
 
Jika saya memiliki peran pemasaran, peran pengembangan bisnis, dan peran penjualan yang tersedia, mana yang lebih Anda sukai? Banyak Anda akan memberikan salah satu dari dua jawaban lainnya tetapi pemenang yang sebenarnya adalah orang-orang yang ingin berkarir dalam penjualan. 
 
Sebelum Anda benar-benar terjun dan menyelami pekerjaan di bidang penjualan, pastikan bahwa keinginan tersebut muncul dari dalam diri Anda. Anda dapat mengetahuinya dengan mendeteksi perasaan Anda ketika melakukan pekerjaan Anda. Apakah Anda merasa senang dan nyaman, atau malah sebaliknya? Pekerjaan yang merupakan panggilan dari dalam hati Anda akan dapat membuat Anda bahagia. Anda perlu memastikan bahwa dunia penjualan adalah dunia yang dapat membuat Anda bahagia dalam karir Anda, maka Anda dapat menempatkan diri Anda menjadi seorang yang paling efektif untuk perusahaan, dan Anda tentunya akan bahagia.
 
Tenaga penjualan yang hebat dan berbakat dapat berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Tetapi mereka semua memiliki empat ciri utama ini. Sudahkah Anda memiliki keempat hal ini dalam diri Anda. 

Featured Career Advice