×
STUDILMU Career Advice - 5 Istilah Bagi Marketing Pemula
Marketing & Sales

5 Istilah Bagi Marketing Pemula

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika Anda adalah seorang pemula yang sedang mencoba untuk masuk ke dunia pemasaran saat ini, mungkin Anda sedang merasa sedikit kebingungan karena dunia pemasaran dipenuhi oleh istilah-istilah aneh yang cukup membingungkan. 
 
Perkembangan zaman yang diiringi dengan kemajuan teknologi seperti penggunaan Internet, perdagangan online, perangkat seluler, aplikasi online dan inovasi digital lainnya yang tak terhitung jumlahnya, telah merevolusi citra bidang pemasaran sepenuhnya. Tak heran jika istilah-istilah yang ada di dalam dunia pemasaran juga semakin banyak dan berkembang, sehingga menuntut kita untuk selalu memperbarui pengetahuan kita tentang istilah-istilah tersebut. 
 
Berikut adalah lima istilah pemasaran yang harus Anda pahami dan kuasai karena istilah-istilah tersebut mungkin akan sering digunakan di banyak percakapan serta wawancara kerja, jika Anda benar-benar ingin “menyelami” bidang ini. 
 

1. Pemasaran Konten

Ya! Tidak dapat disangkal lagi bahwa konten adalah salah satu hal penting di dalam dunia pemasaran. 
Salah satu perubahan terbesar dalam pemasaran adalah banyak perusahaan yang berbagi konten dengan pelanggan mereka.
 
Konten yang baik, unik serta bermanfaat akan mengundang banyak pengguna untuk menjadi pelanggan situs web Anda. Sebagai contoh, sudah sangat banyak para pelaku pemasaran yang menawarkan ebooks, soal-soal ilmu pengetahuan untuk para pelajar, ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi para profesional, bahkan artikel-artikel bermanfaat secara gratis.
 
Dengan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi-informasi yang bermanfaat seperti ini, perusahaan dapat membangun hubungan yang erat dengan pelanggan mereka, dan pelanggan dapat menikmati serta memperoleh manfaat dari konten yang mereka terima. 
 

2. UI / UX

UI dan UX bukan sekedar huruf-huruf biasa. Keduanya memiliki peranan yang sangat penting antara situs web dengan pelanggan. UI adalah dapat mengatur sebuah situs web dan bagaimana pengguna berinteraksi dengannya. Jadi, ini adalah lokasi menu navigasi, gaya ikon, atau mengajak pengunjung untuk mendaftar alamat email mereka atau membeli produk yang telah ditawarkan oleh situs web tersebut. Di sisi lain, UX adalah pengalaman pengguna, dan itulah yang dirasakan para pengguna ketika mereka menggunakan situs web tersebut. 
 
Tujuan dari UI dan UX adalah pengoptimalan, yaitu membuat situs web menjadi sangat menyenangkan dan membuat pelanggan menjadi senang dan setia. Salah satu cara untuk meningkatkan UI dan UX adalah dengan pengujian A / B. Dalam hal ini, Pengujian A / B adalah proses untuk melihat versi mana pada halaman web yang memberikan hasil terbaik, apakah itu tingkat bouncing yang lebih rendah, yang membuat jumlah pengunjung tidak lama berada di laman web, atau tingkat klik-tayang yang lebih tinggi, yang membuat banyak orang mengklik tautan di halaman web tersebut.

3. Otomasi Pemasaran

Cara lain untuk meningkatkan pemasaran adalah melalui otomatisasi pemasaran. Otomasi pemasaran adalah teknik menggunakan perangkat lunak dan layanan untuk mengotomatisasi proses pemasaran online, serta menilai hasilnya. Salah satu alat kunci dalam otomatisasi pemasaran adalah pemasaran email. Namun, sekarang Anda dapat menggunakan HTML dan CSS untuk membuat email cantik yang benar-benar diharapkan oleh pelanggan untuk dapat dilihat di kotak masuk mereka.
 
CRM (manajemen hubungan pelanggan) adalah cara lain dari otomatisasi pemasaran. Ini dapat membantu Anda dalam menggunakan informasi tentang pelanggan untuk mengkoordinasikan pemasaran dengan aspek bisnis lainnya, seperti penjualan, layanan pelanggan, dan dukungan.

4. Peretasan Pertumbuhan

Jangan biarkan proses ini menakuti Anda! Anda tidak akan membobol jaringan komputer apapun atau mencuri kata sandi saat Anda melakukan peretasan pertumbuhan. Peretasan pertumbuhan adalah seni dan sains menggunakan data, peralatan teknologi, dan strategi bisnis untuk menganalisis dan mengembangkan produk atau layanan dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan dengan cepat. Proses mengubah pengunjung menjadi pelanggan dengan bantuan penambangan data dan memilah-milah data untuk menemukan informasi yang berguna.

5. Analitik

Anda juga harus menjadi ahli untuk mengartikan data di dalam dunia pemasaran. Analitik melibatkan pengumpulan dan evaluasi data tentang upaya pemasaran. Dalam analisis pemasaran, Anda akan berurusan dengan segala sesuatu mulai dari pelacakan piksel (cuplikan kode yang memberi informasi berapa banyak pengunjung yang dimiliki oleh situs web tersebut) hingga jangkauan media sosial (berapa banyak orang melihat konten) dan tayangan (seberapa sering orang melihat konten). 
Dan semua hal tersebut menggunakan teknologi untuk memaksimalkan pemasaran.
 
Demikianlah lima istilah penting di dalam dunia pemasaran yang harus dipelajari dan dipahami oleh para pemula di bidang ini. Selamat mempelajarinya!

Featured Career Advice