×
STUDILMU Career Advice - 3 Hal Menarik Bekerja Dalam Bidang Penjualan
Marketing & Sales

3 Hal Menarik Bekerja Dalam Bidang Penjualan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ada kemungkinan besar Anda tidak pernah memberi tahu teman-teman sekelas Anda ketika Anda di bangku TK bahwa Anda ingin menjadi wiraniaga (penjual) ketika Anda besar. Itu bukanlah pekerjaan yang orang-orang habiskan untuk hidup mereka, tetapi jika Anda memikirkan jalur karier baru, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali.
 
Bidang penjualan adalah karir yang bermanfaat yang sangat baik untuk semua jenis orang, mulai dari karyawan tingkat pemula yang tidak yakin arah jangka panjangnya kepada orang-orang yang mencari perubahan karir di kemudian hari. Anda tidak hanya dapat berkembang dalam penjualan dengan latar belakang apa pun, itu adalah papan luncur yang fantastis untuk sisa karir Anda. Anda akan belajar keterampilan yang sangat dapat dialihkan, mengalami sensasi membantu orang, dan mendapatkan kesempatan untuk bertindak seperti bos Anda sendiri. Plus, ini adalah salah satu banyak lowongan pekerjaan yang menunggu orang-orang seperti Anda untuk mengisinya.
 
“Penjualan adalah bagian integral dari setiap bisnis di planet ini. Tenaga penjual adalah penghasil pendapatan perusahaan.” Inilah yang seiring diucapkan oleh pipinan di sebuah perusahaan. Ini juga merupakan peran yang sangat penting, dan jika Anda bisa sukses dalam penjualan, maka Anda memiliki keterampilan yang berharga dan didambakan yang dapat Anda bawa ke perusahaan mana pun dalam industri apa pun. 
 
Masih tidak yakin apakah itu akan cocok untukmu? Berikut adalah penjelasan yang dapat Anda gunakan untuk memahami pekerjaan penjualan sebenarnya, dan mengapa Anda mungkin ingin mulai menjelajah pekerjaan penjualan hari ini.
 

1. Anda Tidak Perlu Latar Belakang Penjualan 

Baik Anda mencari pekerjaan pertama dari kuliah Anda, tidak memiliki latar belakang dalam penjualan tidak akan menghambat Anda. Bahkan, itu mungkin membantu Anda dalam mendapatkan perspektif dan keterampilan yang berbeda untuk peran tersebut.
 
Tidak jarang ditemukan bahwa tenaga penjualan terbaik sebuah perusahaan tidak berasal dari penjualan misalnya saja seorang yang dulunya bekerja sebagai konsultan akan sangat berpotensi tinggi dalam bidang penjualan karena dia sudah mahir dalam mendengarkan, memberikan rekomendasi yang bijaksana, dan berpikir cerdas. ”
 
Datang ke penjualan dari latar belakang yang berbeda bukanlah cerita yang tidak biasa. Bisa saja Anda memutuskan untuk masuk ke penjualan setelah berada di militer, atau setelah mengambil jurusan jurnalisme dan berencana bekerja di PR sebelum menemukan tempatnya di penjualan. Ketika Anda melamar pekerjaan, ada baiknya Anda mengeksplorasi karier dalam penjualan. Anda tidak perlu menjadi orang yang agresif dan sombong. Anda hanya harus tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan mencoba memahami bisnis mereka.

2. Anda akan Belajar Lebih Banyak Lagi dari Persuasi

Penjualan memberi Anda banyak keterampilan dan wawasan yang dapat ditransfer ke dunia bisnis, menjadikannya pekerjaan fantastis jika Anda masih tidak yakin dengan hal yang ingin Anda lakukan dengan sisa hidup Anda. Bekerja dalam penjualan sangat mengajari Anda cara dalam mengoperasikan  bisnis, cara menghasilkan uang, cara membuat keputusan, cara berkomunikasi, cara bernegosiasi, dan juga cara menyelesaikan sesuatu. Memperoleh berbagai macam aspek bisnis akan berguna apapun yang Anda lakukan. Keuntungan lainnya adalah, pekerjaan dalam bidang penjualan memberi Anda banyak akses. Misalnya, Anda akan memaparkan sesuatu kepada para pemimpin di perusahaan Anda. , dan itu bisa membuka banyak pintu-pintu kesempatan bagi Anda. 
 
Selain mendapatkan pengetahuan mendalam tentang bisnis, Anda akan menjadi profesional yang lebih baik. Keterampilan berkomunikasi adalah salah satu keterampilan utama yang dapat Anda terima ketika Anda bekerja di bidang penjualan. Anda harus memikirkan cara untuk menjelaskan produk atau layanan yang membuatnya sesederhana dan semenarik mungkin, dengan cara yang paling masuk akal untuk siapapun yang berbicara dengan Anda. Bagian terbesar dari proses penjualan adalah Anda harus memikirkan cara-cara kreatif untuk menjual produk ANda, melatih Anda untuk berpikir secara strategis dalam semua aspek kehidupan Anda dan tetap gigih.
 
Manfaat positif lainnya adalah kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosi, kepercayaan diri, ketahanan, dan manajemen waktu. Ini juga akan membantu Anda memasarkan diri sendiri untuk pekerjaan apa pun yang Anda minati di masa depan."
 

3. Bidang Penjualan Memiliki Bayaran yang Tinggi

Bidang penjualan jelas memberi imbalan dalam arti yang sangat tradisional. Struktur komisi memberi Anda kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang, semakin keras Anda bekerja. Semakin Anda menjual dengan banyak, maka semakin Anda mendapatkan banyak. Namun, mungkin bagi sebagian orang kepuasan pekerjaan tidak hanya bicara soal materi yang dihasilkan. Namun inilah faktanya, pekerjaan dalam bidang penjualan membuat Anda mengendalikan agenda Anda sendiri dan juga mengendalikan hasil Anda secara langsung, yang berarti ketika Anda melakukannya dengan baik, Anda dapat merasa bangga mengetahui itu karena kerja keras Anda. Anda bertanggung jawab untuk kesuksesan Anda sendiri, dan langit adalah batasan akan seberapa besar kesuksesan yang dapat Anda capai.
 
Masih ragu dan bimbang dalam memulai karier Anda? Cobalah untuk menjajaki bidang penjualan sebagai batu loncatan karier Anda.  Selamat mencoba.

Featured Career Advice