STUDILMU Career Advice - Pelajaran Karir adalah Pelajaran Hidup

Pelajaran Karir adalah Pelajaran Hidup


by Studilmu Editor
Posted on Nov 05, 2018

Setiap hari kita menghabiskan waktu delapan sampai sembilan jam di kantor, maka penting untuk kita mencintai pekerjaan yang kita lakukan sekarang. Jika kita tidak mencintai apa yang kita kerjakan sekarang, pasti Anda dapat membayangkan betapa hari-hari Anda akan berjalan dengan sangat lambat. Pekerjaan dan kehidupan memiliki banyak pelajaran yang dapat kita pelajari. Begitu banyak pelajaran dari pekerjaan Anda yang dapat membentuk kehidupan pribadi Anda, dan sebaliknya.
 
Ada begitu banyak keputusan yang harus Anda ambil setiap harinya, dan tidak sedikit dari keputusan-keputusan tersebut yang meminta Anda untuk memutuskannya dengan cepat. Dalam hal ini Anda perlu untuk selalu mengingat bahwa “Tidak ada keputusan yang tidak memiliki konsekuensi”. Anda tidak perlu menyesali segala keputusan yang pernah Anda ambil. Mungkin pada suatu keputusan Anda akan berpikir bahwa Anda bersikap terlalu tega atau jahat kepada pihak A, di sisi lain keputusan tersebut membuat Anda telah bersikap baik kepada pihak B, dan begitu seterusnya. 
Berhentilah menganalisa semua keputusan yang Anda buat dalam satu hari dan terlalu memikirkan apa yang Anda rasakan. 

Memilih umpan balik yang terbaik untuk Anda
Mendapatkan umpan balik adalah kesempatan yang baik bagi Anda untuk memperbaiki diri Anda menjadi lebih baik. Tetapi, ini tidak berarti Anda harus setuju dengan semua umpan balik yang ditujukan kepada Anda atau bahkan menerapkan semua umpan balik tersebut. Kuncinya adalah mempertimbangkan segala masukan tersebut dan pilihlah umpan balik yang terbaik untuk perkembangan diri Anda.

Memiliki komunikasi yang baik
Ya, memiliki komunikasi yang baik tidak hanya baik bagi Anda dan pasangan hidup Anda, namun juga berlaku untuk anggota keluarga, rekan kerja, bos serta teman-teman Anda. Kesalahpahaman memang sering terjadi di tempat kerja maupun di luar lingkungan kerja, dan inilah tugas Anda untuk selalu sigap dalam memperbaiki segala miskomunikasi yang terjadi di dalam pekerjaan maupun kehidupan Anda.  

Mengekspresikan perasaan Anda dengan menulis
Jika Anda sedang merasa frustasi dengan pekerjaan Anda atau merasa sedih terhadap hal lain yang terjadi di dalam hidup Anda, mungkin Anda dapat mencurahkan segala perasaan Anda dengan menulis di ‘buku catatan rahasia’ Anda. Menulis dengan bebas dapat membantu Anda keluar dari perasaan tersebut.
Hal ini dapat berhasil karena tidak ada standar apapun untuk apa yang Anda tulis, apa yang Anda pikirkan, atau bagaimana perasaan Anda saat ini. Ini merupakan proses monolog internal antara Anda dan kertas sehingga Anda bisa mencurahkan perasaan yang Anda rasakan. 

Tidak ada hal yang sia-sia
Jangan terlalu merasa terpukul saat Anda kehilangan pertemanan, suatu hubungan atau mungkin gagal pada proyek sampingan Anda. Bisa jadi itu adalah “batu loncatan” yang benar-benar Anda butuhkan untuk sampai ke tempat Anda sekarang. Di saat Anda ingin menyerah akan pekerjaan atau sesuatu hal buruk yang terjadi di hidup Anda, ingatlah sudah sejauh mana Anda melangkah. Mungkin Anda telah kehilangan banyak hal untuk bisa sampai ke titik hidup Anda saat ini, maka fokuslah pada hal itu.
 
Karier dan kehidupan akan memberikan banyak pelajaran berharga untuk kehidupan Anda.  Berdirilah dengan tegak dan hadapi dunia dengan lebih positif dan bersemangat!

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z