Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Tips Belajar Paling Ampuh

3 Tips Belajar Paling Ampuh


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Bayangkanlah bahwa Anda memiliki hampir 15 tahun pengalaman dan telah mendapatkan promosi rutin sepanjang karier. Secara alami, Anda mungkin merasa bahwa Anda memiliki kecepatan di bidang tersebut. Anda pasti selalu mencari tahu hal-hal baru dan mempelajarinya. Anda terus mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Anda menyadari banyak hal di luar sana yang bisa dipelajari, dan itu menjadi titik kunci dalam karier. 
 

Jadi, mengapa Anda harus terus belajar? 

Selain menjaga kesegaran untuk mempertahankan kreativitas dan hasrat profesional Anda, belajar membuat Anda tetap relevan di dunia kita yang selalu berubah. Dan, belajar dapat dikatakan sebagai alat keamanan kerja terbaik yang bisa dimiliki oleh seseorang.  Dan juga, ketika seseorang mencapai tingkat yang lebih tinggi dan mengasah keterampilan baru, itu merupakan modal yang bagus untuk mencari promosi dan kenaikan gaji di tempat kerja.
 
Organisasi tidak dapat terus berkembang jika karyawan mereka tidak belajar dan keterampilan mereka tidak selaras dengan tuntutan bisnis yang berubah. Semua manajer harus menjadikan pembelajaran sebagai tujuan inti bagi karyawan mereka. Ini terkait langsung dengan tim mereka dan kesuksesan perusahaan mereka. Begitu juga dengan karyawan, karyawan harus mendapatkan waktu dan dukungan untuk mencapai pembelajaran.
 
Sekarang Anda tahu bahwa belajar itu sangatlah penting, bukan? Berikut adalah beberapa tips untuk terus belajar, khususnya di tempat kerja.  
 

1. Tentukan Hal yang Ingin Anda Pelajari

Pertama, pertimbangkan cara yang tepat untuk pengembangan diri Anda. Mulailah dengan pengetahuan industri yang luas, yang dapat membantu Anda menentukan area yang paling memicu keingintahuan Anda. Baca secara luas dan sering. Daftar bacaan Anda harus melampaui berita biasa. Ikuti berita bisnis umum, serta blog yang terkait dengan bidang Anda. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas virtual yang terkait dengan bidang Anda untuk membaca dan berpartisipasi dalam diskusi dengan rekan-rekan Anda.
 
Saat jam kerja, cobalah setidaknya dalam setengah jam membaca dan membangun jejaring profesional setiap hari. Saat topik spesifik di bidang Anda menginspirasi dan menarik minat Anda, jelajahi lebih lanjut. Setelah Anda mengidentifikasi area yang ingin Anda kembangkan, cobalah untuk menghadiri konferensi yang relevan dan bahkan mengambil kursus khusus untuk menambah pengetahuan Anda.
 

2. Manfaatkan Penuh Sumber Daya Perusahaan

Karyawan merupakan sumber daya terbesar yang dimiliki perusahaan. Setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran perusahaan. Perusahaan dengan program pembelajaran yang paling efektif menjadikan sumber dayanya dapat diakses, dipersonalisasi, dan menarik bagi karyawan. Perusahaan seharusnya  dapat membuat platform pembelajaran yang tepat bagi para karyawan. Pembelajaran ini mengintegrasikan format pembelajaran formal, informal dan sosial untuk setiap individu. Misalnya sebuah pembelajaran online. Disini para karyawan dapat melihat langsung bagaimana orang lain menilai berbagai penawaran dan ada juga penasihat obrolan langsung, yang tersedia untuk membantu mereka kapan saja. Dan lagi, karyawan juga dapat memiliki lencana digital berdasarkan tingkat keahlian dan pengalaman dalam keterampilan khusus yang telah mereka selesaikan. Ini merupakan cara yang bagus untuk memberdayakan karyawan, membuat mereka tetap terlibat, dan melanggengkan budaya belajar.
 
Ketika Anda diizinkan untuk memimpin pelatihan dengan cara ini, Anda dapat menentukan materi yang sesuai dengan minat Anda dan bahkan menambahkan materi yang Anda temukan sendiri, pengalaman belajar itu sangat menarik. Anda dapat memperoleh kendali, menciptakan jalur belajar Anda sendiri dan mengembangkan keterampilan Anda dengan cara yang lebih cepat dan lebih efisien.
 
Untuk memulai, lakukan riset dan tanyakan sekitar. Jika Anda baru mengenal suatu organisasi, mungkin ada portal pembelajaran yang belum Anda kenal. Dan bahkan jika Anda telah berada di suatu tempat selama bertahun-tahun, kebijakan mungkin telah berubah dan mungkin ada anggaran yang tersedia untuk kursus atau konferensi online.
 
Setelah Anda menggali sedikit, periksa ulang dengan manajer dan SDM Anda tentang sumber daya yang tersedia dan cara yang tepat untuk bisa memasukkannya ke dalam jadwal kerja rutin Anda. Bukan hal yang aneh bagi organisasi untuk mengizinkan karyawan meluangkan waktu untuk pengembangan profesional selama minggu kerja.

3. Minta Peluang Belajar Lebih Banyak di Tempat Kerja

Tetapi, jika Anda masih lebih menginginkan untuk datang ke pelatihan pengembangan profesional di tempat kerja, jangan biarkan itu menghalangi Anda. Anda harus memiliki visi tentang seperti apa bentuk organisasi Anda, dan menunjukkan bagaimana pembelajaran karyawan sesuai dengan itu. Perusahaan harus menyadari bahwa lingkungan terus berubah, dan bahwa tanggung jawab mereka kepada klien adalah untuk tetap mengikuti perkembangan yang relevan dengan pengetahuan dan alat terbaru. Sehingga perusahaan dapat memberdayakan karyawan mereka sendiri untuk terus belajar.
 
Jika perusahaan Anda tidak menawarkan platform pembelajaran internal yang dapat diakses atau memiliki sumber daya untuk membuatnya, karyawan dapat memulainya lebih dahulu dengan meminta akses ke pelatihan eksternal dan layanan pembelajaran yang tersedia.
 
Bersikaplah ingin tahu.  Ada banyak hal yang dapat dilakukan, seperti mengikuti forum diskusi di media sosial, menonton TEDx, aktif di komunitas LinkedIn. Dan dalam hari-hari Anda, ingatlah bahwa pembelajaran terjadi dimana saja. Jangkau rekan-rekan dan komunitas Anda baik di dalam maupun di luar organisasi perusahaan.  Teruslah ingin tahu dan menemukan cara untuk selalu belajar. Dan buat saran Anda sendiri. Jika ada profesor dari universitas lokal yang ahli dalam topik yang ingin Anda pelajari lebih lanjut, lihatlah ketersediaan yang dimiliki perusahaan Anda untuk mengatur makan siang dan memiliki sesi belajar dengannya. Jadilah vokal tentang hal-hal yang Anda minati, dan sarankan cara untuk mewujudkannya.
 
Jadi, ambil pendekatan proaktif dalam hal pendidikan Anda. Dan ingat, belajar dapat terjadi dalam berbagai cara. Jangan mengabaikan hal yang bisa Anda dapatkan dari podcast pada subjek favorit, atau intisari email yang berfokus pada industri Anda. Yang penting adalah Anda menyerap pengetahuan, dan menggunakannya untuk meningkatkan diri dan karier Anda. Semakin Anda belajar, semakin Anda menumbuhkan kreativitas.