×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Mendapatkan Promosi dalam Bidang Penjualan
Marketing & Sales

5 Cara Mendapatkan Promosi dalam Bidang Penjualan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika Anda telah bekerja sebagai penjual selama beberapa tahun, Anda secara teratur mencapai target, Anda pasti berpikir bahwa Anda telah siap untuk sebuah promosi. Tetapi penjualan adalah pekerjaan yang padat akan karya. Terkadang rasa stres sehari-hari dapat mengempis namun tingkat stress akan dapat melonjak dengan cepat dan menyita fokus Anda saat Anda berusaha untuk memenuhi tujuan Anda.
 
Jadi, bagaimana Anda akan sampai ke tingkat berikutnya tanpa mengurangi penghasilan Anda? Jika Anda bekerja ekstra tiga jam setiap hari, itu hanya akan membakar Anda. Sebaliknya, lakukan beberapa hal kecil setiap hari untuk melenturkan otot-otot kepemimpinan Anda namun tetap memenuhi tujuan.
 
Berikut adalah lima tugas kecil untuk dimasukkan ke dalam alur kerja harian Anda untuk membangun jalan menuju promosi. Dan ingat, ini bukan tentang mendapatkan posisi, ini tentang menjadi orang yang pantas mendapatkan posisi tersebut.
 

1. Membantu Rekan Kerja Anda

Anda mungkin bukanlah seorang pemimpin di bidang penjualan, tetapi dengan membantu rekan kerja Anda, Anda dapat mulai menjadi pemimpin di lantai Anda. Lagi pula, jabatan tidak akan membuat orang mengikuti Anda. Kepercayaan dan keyakinan mereka pada Andalah yang akan membuat rekan-rekan Anda mengikuti Anda.  Anda tidak perlu gelar untuk membangun itu.
 
Orang-orang baru akan selalu membutuhkan bantuan saat awal bekerja.  Tanyakan padanya hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka meningkatkan dan menemukan kesuksesan. Anda dapat memulai dengan hal yang sangat sederhana, seperti memberi tahu mereka cara mengakses perangkat lunak tertentu, membiarkan perwakilan baru mendengarkan beberapa tuntunan Anda atau menawarkan untuk pergi ke luar bersama.
 

2. Berhenti Makan Sendiri

Setiap harinya, Anda terpaku pada komputer dan ponsel, lalu menumpahkan makan siang di keyboard Anda dan menyeruput kopi cepat-cepat saat menuju meja Anda dari dapur. Daripada menatap layar Anda selama 10 jam, gunakan jam istirahat Anda untuk makan siang atau minum kopi bersama rekan Anda. Jika Anda merupakan bagian dari tim penjualan yang memiliki banyak orang di dalamnya, Anda dapat menghampiri rekan Anda yang lain untuk mempelajari hal yang dialami mereka.
 
Pelajari langkah yang mereka lakukan untuk sampai di tempat mereka hari ini. Apa pekerjaan pertama mereka? Apakah mereka menghadiri pelatihan atau kelas khusus? Apa mereka pernah memiliki jeda? Lalu apa yang mereka lakukan begitu mereka sampai di sana? Pilih seseorang yang yang menjadi panutan Anda dalam berkarier. Tanyakan langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai jenis pertumbuhan yang sama. Berusahalah untuk membaur dengan rekan kerja lain dibandingkan hanya menghabiskan waktu makan siang Anda bersama komputer Anda. 
 

3. Memahami Keterampilan yang Anda Butuhkan

Anda harus mencari tahu keterampilan yang Anda butuhkan dan cari tahu cara untuk mendapatkannya. Jujurlah pada diri sendiri. Anda harus tahu cara mengerjakan sesuatu hal lebih dari sekadar menunjuk satu individu untuk melakukannya.
 
Jika Anda seorang penjual yang hebat tetapi tidak tahu cara mewawancarai orang, tanyakan kepada atasan Anda akan sebuah latihan khusus akan hal tersebut. Anda sudah mampu untuk memimpin rapat tetapi perlu lebih baik lagi dalam menjalankan rapat yang efisien? Mintalah kesempatan untuk menjalankan tinjauan mingguan dari tim Anda. Atau mungkin Anda memerlukan suatu pelatihan khusus? Tanyakan tim Anda tentang orang yang dapat membimbing Anda dalam hal itu. 
 
Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan pada awalnya. Tetapi ketika Anda memberitahu atasan Anda bahwa Anda lebih suka menerima peluang ini daripada bonus, Anda sedang menunjukkan  keseriusan Anda untuk mencapai tingkat berikutnya.
 

4. Pecahkan Masalah

Untuk menemukan peluang pertumbuhan, Anda harus mampu untuk mencari celah dalam perusahaan atau tim dan mengisi celah itu. Apakah ada kesenjangan komunikasi antara penjualan dan pemasaran? Cari tahu cara memperbaikinya. 
 
Contohnya, sebagai seorang tenaga penjual perangkat lunak yang sulit dipasang, Anda memiliki banyak pesaing yang berpeluang untuk mengalahkan Anda setiap waktu. Daripada membawa masalah ini ke atasan dan mengeluh, cobalah untuk membuat kesepakatan sendiri dengan perusahaan implementasi dan mulai memenangkan banyak bisnis.
 

5. Selalu Mau Belajar

Kepemimpinan membutuhkan seperangkat keterampilan yang luas, dan membaca memberi Anda strategi alternatif yang Anda butuhkan untuk unggul dalam pekerjaan harian Anda. Jika Anda tidak membaca buku dan blog penjualan, Anda seharusnya melakukannya. Bagaimana jika Anda tidak punya waktu? Anda dapat mendengarkan audiobook saat Anda dalam perjalanan atau saat Anda sedang memasak makan malam. Dan, jika perusahaan Anda mengijinkan, manfaatkan dan daftarkan diri dalam seminar lokal atau online.
 
Terakhir, hadirilah pertemuan atau acara jaringan lainnya di kota Anda secara teratur. Anda dapat belajar banyak dari orang lain yang menghadapi tantangan serupa yang Anda bisa dapatkan dari buku.
 
Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda dalam mendapatkan promosi dan hal lain yang Anda harapkan. Mulailah dengan menggabungkan kelima strategi ini ke dalam alur kerja Anda, maka peluang promosi tersebut akan menjadi milik Anda.

Featured Career Advice