STUDILMU Career Advice - APA ITU KURSUS ONLINE ATAU BELAJAR ONLINE?

APA ITU KURSUS ONLINE ATAU BELAJAR ONLINE?


by Berny Gomulya
Posted on Nov 19, 2017

Istilah "e-learning atau online course" telah dilontarkan cukup banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, namun banyak yang masih tidak menyadari apa arti sebenarnya dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka meraih kesuksesan baik dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Banyak platform yang hanya sekedar mampu mengirimkan file, tapi sudah disebut sebagai belajar online atau kursus online. Padahal kursus online atau belajar online lebih dari pada itu. Artikel ini bertujuan untuk memberikan sekilas pendapat tentang kursus online atau belajar online itu.
 
Ketika membahas tentang pendidikan (education), model pelatihan class-room diterima sebagai hal yang wajar dan normal sampai awal tahun 2000-an, dimana peserta dan trainers berada di dalam satu ruangan yang sama. Kehadiran fisik adalah keharusan, dan jenis pembelajaran lainnya dipertanyakan efektivitasnya. Kemudian evolusi komputer dan internet terjadi yang secara radikal mengubah lanskap pembelajaran.
 
Intinya, kursus online, belajar online, belajar elektronik (e-learning) adalah alat atau sistem pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan Anda belajar dimana saja dan kapan saja. Di masa lalu kursus online disampaikan dengan menggunakan perpaduan metode berbasis komputer seperti CD-ROM, saat ini kursus online sebagian besar disampaikan melalui internet dan berupa video yang interaktif. E-learning juga memiliki sejarah perkembangan dari tahun ke tahun. 
 
Teknologi telah maju sedemikian rupa sehingga jarak geografis dijembatani dengan penggunaan alat yang membuat Anda merasa seperti di dalam ruangan, Anda merasa tetap berada di dalam kelas. Kursus online yang bagus dan efektif harus menawarkan kemampuan untuk berbagi materi dalam semua jenis format seperti video, tayangan slide, dokumen word, excel dan PDF. Melakukan webinar (live online classes) dan instructor-led training adalah salah satu cara yang baik untuk berkomunikasi dengan trainers.
 
Ada beberapa sistem kursus online (atau dikenal sebagai LMS: Learning Management Systems) yang memungkinkan kursus diberikan secara online. Dengan tools yang tepat, berbagai proses bisa dilakukan secara online seperti pemberian tes, sertifikat online atau pembuatan konten yang menarik. Kursus online memberi peserta training kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kesibukan masing-masing peserta, gaya hidup mereka. Ini memungkinkan orang tersibuk sekali pun untuk memperoleh ilmu (knowledge), keahlian (skills), yang mereka bisa gunakan untuk melanjutkan karir cemerlang mereka.
 
Beberapa perkembangan terpenting dalam training telah terjadi sejak munculnya internet. Saat ini kita telah berpengalaman dalam penggunaan smartphone, pesan teks dan penggunaan internet sehingga berpartisipasi dalam dan menjalankan kursus online telah menjadi hal yang sederhana. Kursus online memungkinkan peserta training tetap saling berhubungan dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan kursus, dan hal ini memberikan rasa sebuah komunitas: Komunitas Kursus Online.
 
Dalam dunia online courses, online learning atau e-learning yang serba cepat, teknologi untuk membuat kursus menarik selalu berubah, untuk itu konten kursus online harus didisain untuk memberikan peserta training pembelajaran yang lebih maksimal. Hal ini sangat penting. Mengapa? 
 
Salah satu alasan mengapa, kami STUDILMU, menawarkan kursus online adalah karena biaya rendah dan kemampuan karyawan untuk belajar di waktu dan tempat mereka sendiri. Bayangkan jika Anda memiliki karyawan yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika mengadakan class-room training? Kami pikir inilah saatnya Anda mulai memikirkan untuk bekerja sama dengan penyedia kursus online yang profesional, karena biaya akan jauh lebih efektif dan di lain sisi tujuan training tetap tercapai.
 
Secara singkat, pembelajaran tradisional itu mahal, butuh waktu lama dan hasilnya bisa bervariasi. Kursus online menawarkan alternatif yang lebih cepat, murah dan berpotensi lebih baik. Apalagi, jika bisa mengkombinasikan dan mengintegrasikan antara online course dan class-room training secara baik, maka hasilnya akan jauh lebih efektif, baik dari segi biaya mau pun dari segi tujuan pelatihan. STUDILMU menawarkan berbagai macam kategori kursus online, antara lain: kategori leadership atau kepemimpinan, kategori customer service atau pelayanan pelanggan, kategori communication atau komunikasi, kategori coaching atau pelatih, kategori inspirasi atau motivasi, kategori sales & marketing atau penjualan & pemasaran, ada juga kategori free video atau video gratis, dan kategori-kategori lainnya.
 
STUDILMU memiliki sarana kursus online atau belajar online, dimana Anda bisa memiliki learning management system (LMS) secara mandiri. STUDILMU LMS sangat mudah digunakan dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih detail, silakan klik link ini: STUDILMU LMS.

Tinggalkan Komentar Anda

Respon Pengunjung

STUDILMU Kursus Online

#KursusOnlineGratis

Dec 26, 2018 at 08:19 AM
STUDILMU

Nice Articles

Dec 26, 2018 at 08:05 AM
STUDILMU Career Advice

Kursus Online Professional

Dec 26, 2018 at 08:03 AM
Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z