STUDILMU Career Advice - 5 Manfaat Utama Pendidikan Online

5 Manfaat Utama Pendidikan Online


by Studilmu Editor
Posted on Jan 15, 2019

 
Internet menjadi salah satu hal yang sangat terkenal dan dibutuhkan oleh banyak orang di dunia. Internet sudah bagaikan candu bagi orang-orang, tak kenal tua ataupun muda bahkan hampir seluruh bidang pendidikan di dunia memerlukan internet untuk menambah informasi dan memajukan tingkat pendidikan. Mereka yang bergelut di bidang pendidikan, baik pengajar dan peserta pembelajaran telah mengakui kekuatan internet sebagai media yang berhasil menciptakan industri pendidikan online yang berkembang pesat di dunia multi-perangkat dengan berkecepatan tinggi.
 
Pendidikan sudah tidak lagi dibatasi oleh lokasi, kekayaan, waktu atau status.
Dewasa ini, ada begitu banyak situs-situs belajar online yang terus berinovasi, menambahkan kursus baru dengan metode pengajaran yang praktis dan dapat diakses di setiap peluang yang memungkinkan. Gerakan ini memungkinkan pembelajaran online untuk menjadi pilihan yang tepat di garis depan pengajaran karena selalu diperbarui, disempurnakan dan ditingkatkan berdasarkan umpan balik dari para peserta pembelajaran.
 
Untuk menjelaskan betapa pentingnya pendidikan online, penting untuk terlebih dahulu memahami manfaat utama, yang akan kami uraikan dalam artikel ini.

1. Tersedia untuk Siapa Saja, Kapan Saja dan Dimana Saja
Inilah salah satu manfaat pendidikan online yang sangat menarik, jika dibandingkan dengan pendidikan non-online lainnya. Ketersediaan dianggap sebagai salah satu landasan penting dari pendidikan online. Secara tradisional, pendidikan terbatas untuk tempat-tempat tertentu saja, bahkan tidak semua orang dapat ke tempat tersebut serta waktu yang ditawarkan juga sangat terbatas. 
 
Sebelum pendidikan online datang, kita hanya dapat menimba ilmu dari sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Jika, peserta kelas berhalangan untuk datang karena sesuatu hal, maka mereka mungkin tidak akan merasa bahwa pendidikan adalah pilihan bagi mereka. Semenjak pendidikan online hadir, ini memberikan warna yang berbeda pada dunia pendidikan, tidak terkecuali di Indonesia. Media pembelajaran sudah tersedia dari mana saja, terlepas dari lokasi geografis Anda.
 
Kita bahkan dapat belajar banyak ilmu hanya melalui ponsel, mereka yang belajar online dari Indonesia dapat memiliki pengalaman yang sama dengan seseorang yang belajar dari kantor di London. Perbedaan waktu juga bukan hal yang tidak menghalangi sistem pendidikan lagi. Materi pembelajaran online yang dipublikasikan secara konsisten dapat mempermudah para peserta untuk memilih waktunya masing-masing dalam meninjau materi yang ada. 
 
2. Harga yang Terjangkau
Keuntungan lain dari pembelajaran online adalah keseluruhan biaya yang cukup murah dan terjangkau apabila dibandingkan dengan biaya pendidikan tradisional di sekolah maupun perguruan tinggi. 
 
Faktanya, tidak sedikit para peserta yang harus merelakan diri untuk meminjam uang kepada bank hanya untuk dapat melanjutkan pendidikan yang semakin lama semakin mahal. Pendidikan online memberikan solusi sempurna untuk masalah ini. Jumlah peserta yang terdaftar pada suatu kursus dapat meningkat secara dramatis ketika diajarkan secara online, tanpa menurunkan kualitas pengalaman peserta pembelajaran.
 
3. Fleksibilitas
Pendidikan online memberi peserta fleksibilitas atas subjek yang ingin mereka pelajari. Seperti poin pertama yang telah dibahas di atas tentang ketersediaan, fleksibilitas yang ditawarkan oleh pendidikan online memberikan peserta pilihan untuk mempelajari subjek yang diinginkan untuk dipelajari dimana saja dan kapan saja. 
 
Fleksibilitas ini sangat penting dalam menjadikan pendidikan lebih mudah diakses oleh banyak orang di seluruh dunia dan itulah mengapa pembelajaran online, menurut pendapat saya, adalah masa depan pendidikan. Pendidikan online telah membeli keajaiban belajar kepada generasi baru. Ini memberikan peluang yang luar biasa bagi para peserta yang bahkan peluang ini tidak tersedia di 5 tahun yang lalu.
 
4. Lebih Praktis dan Beragam
Revolusi digital memungkinkan variasi memainkan peran yang semakin besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Semua orang memiliki akses ke begitu banyak informasi tentang begitu banyak topik, sehingga kita semua dapat menemukan jawaban untuk setiap pertanyaan yang kita miliki. 
 
Biasanya, dalam pendidikan offline (tradisional), para peserta pembelajaran bisa tergoda untuk mengambil kursus yang lebih umum yang mencakup beberapa aspek dari apa yang ingin dipelajari. Namun, pembelajaran online memungkinkan peserta untuk dapat lebih mengontrol topik dan materi apa yang ingin mereka pelajari. Dari seni, musik, pemasaran, atau bisnis, fotografi, dan materi lainnya. 
 
Meskipun begitu, setiap kursus yang diberikan perlu disampaikan oleh seorang profesional, seseorang yang berada di garis terdepan, keterampilan dunia nyata, bukan seseorang yang terus-menerus membenamkan diri mereka dalam teori, tanpa memandang mengalami peristiwa yang relevan aktual. Ini adalah pertimbangan penting yang seringkali dapat diabaikan sehingga merugikan peserta online.
 
5. Apakah Pendidikan Online Memiliki Kekurangan?
Meskipun begitu, pendidikan online juga memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Hal yang mungkin sering diabaikan dalam pendidikan online adanya tidak ada interaksi secara langsung dengan pengajar. Padahal ini merupakan kebutuhan mutlak yang diperlukan oleh semua orang untuk berinteraksi dengan pengajarnya dan dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan secara langsung kepada pengajar. Rasa ingin tahu yang dimiliki oleh manusia adalah hal yang hadir secara alami. Dan inilah yang tidak dapat diberikan oleh pendidikan online, para peserta pembelajaran tidak dapat mengikuti diskusi, dan interaksi apa pun. 
Jelas ada beberapa manfaat nyata untuk pendidikan online ketika membandingkannya dengan format pendidikan tradisional. Saya percaya memanfaatkan revolusi digital ini akan meningkatkan pendidikan di seluruh dunia dan mendorong peserta untuk lebih maju, terutama dalam karier mereka.
 
Yap! Itu di beberapa alasan mengapa pendidikan secara online dapat menjadi masa depan pendidikan di seluruh dunia. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif