×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Memaksimalkan Manfaat Kursus Belajar Online
E-learning

3 Cara Memaksimalkan Manfaat Kursus Belajar Online

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, apakah Anda tetap bersemangat dalam menjalani hari? Saya yakin ya, karena pembaca Career Advice pasti telah menerapkan langkah-langkah penting dalam membuat diri Anda tetap termotivasi dan bersemangat.
 
 Mungkin Anda pernah mendengar banyak masukan: ‘Anda harus mengikuti kelas online’ ‘Kursus online adalah sumber yang bagus.’ Lalu, Anda mempertimbangkan banyak hal untuk mengikuti kelas tersebut atau tidak. Tetapi, mengapa sebenarnya Anda harus mendaftar kursus online? Apakah itu berguna? Apakah itu layak?
 
Percayalah, Anda bukan satu-satunya yang memiliki pertanyaan ini. Itulah sebabnya artikel ini membahas tentang kursus belajar online yang dapat memberikan lebih dari sekadar manfaat, kelas belajar online juga dapat mengubah Anda menjadi seseorang yang lebih baik dalam menjalankan pekerjaan Anda. 
 

Apa saja jenis kelasnya?

Kelas online menyediakan semua hal yang Anda butuhkan. Anda dapat mengambil kursus untuk memiliki kepemimpinan yang baik, manajerial keuangan, menguasai meditasi, atau bahkan bagaimana menjadi seorang pembicara yang handal. 
 
Beberapa situs menawarkan kursus dalam setiap aspek kehidupan, sementara yang lain fokus pada keahlian khusus seperti pendidikan perangkat lunak. Anda dapat menelusuri kursus penuh waktu dan paruh waktu, video panjang dan klip pendek, dan proyek interaktif dan percakapan web. Ada biaya bulanan yang harus dibayar, tetapi banyak yang gratis.
 
Anda bingung harus memilih yang mana? Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan kelas terbaik untuk karier Anda di sini, yaitu di STUDILMU. Kami memiliki kursus tentang mencari pekerjaan, menemukan hal yang menjadi gairah Anda, menegosiasikan penawaran, dan bahkan yang tentang pemasaran, bahasa Inggris, berbicara di depan umum, dan pemrograman. Semua diajarkan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing.
 

Siapa saja yang dapat mengikuti kursus online?

Siapapun dan semua orang dapat mengikuti kursus online, baik lulusan baru, yang ingin mengubah karier, pencari kerja, manajer, CEO. Intinya adalah bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang perlu diperbaiki, baik keahlian, penampilan, atribut pribadi, atau kebiasaan buruk.
 

Bagaimana memilih kelas yang tepat?

Saya rasa Anda tidak mungkin salah dalam membuat keputusan. Anda bisa menyadari dengan mudah kelas yang Anda butuhkan. Jika Anda menghabiskan uang dan waktu, Anda ingin menempatkannya pada sesuatu yang berharga. Jadi, periksa ulasan oleh peserta sebelumnya, minta rekomendasi rekan kerja, dan baca deskripsi kursus, beberapa di antaranya akan memiliki video pengantar yang tersedia. Ini adalah indikator bagus sebelum Anda dapat terhubung ke kelas dan pengajar.
 

Apa selanjutnya?

Baik, Anda telah memilih satu kelas yang terbaik dan mendaftarkan diri Anda. Lalu, langkah apa selanjutnya yang dapat Anda lakukan? Apa yang harus rekan pembaca lakukan agar kursus online yang diikuti dapat memberikan hasil yang maksimal?
 
Berikut adalah 3 cara yang dapat pembaca Career Advice lakukan agar kursus online yang diikuti dapat memberikan manfaat yang maksimal.

1. Perlakukan Itu Seperti Kelas Nyata (Anda Tidak Dapat Tertidur)

Ketika Anda mendaftar, bersiaplah untuk memperlakukannya seperti yang Anda lakukan dengan kelas nyata. Sisihkan beberapa jam seminggu dan temukan lingkungan yang tenang, bebas gangguan untuk bekerja. Jika Anda mengikuti kursus otodidak, ikuti pelajaran yang ada dengan jadwal harian atau mingguan.
 
Dan, jangan lewati tugas. Bahkan jika Anda merasa bahwa Anda benar-benar memahami topik tersebut, banyak penelitian mengatakan Anda juga perlu berlatih untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap berjalan.

2. Berpartisipasi dalam Diskusi

Banyak kursus menawarkan peluang diskusi berpasang-pasangan, yang membantu Anda membandingkan kemajuan Anda dengan siswa lain, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan umpan balik. Pada kursus online, mudah untuk bersembunyi di balik nama pengguna dan menggunakan tombol ‘lewati’. Jangan lakukan itu, atau Anda bisa mengambil risiko melewatkan pelajaran atau contoh penting yang bisa berguna nantinya. 
 
Berpartisipasi dalam diskusi kelas dapat membantu Anda mencari tahu tentang informasi kursus baik panduan tentang tugas atau lebih memahami materi. Anda juga perlu untuk memiliki mitra belajar dalam kehidupan nyata. Diskusi akan memaksa Anda untuk menunjukkan seberapa baik Anda menguasai materi. Sedangkan mengajar atau menjelaskan kepada orang lain adalah ujian besar bagi pemahaman Anda sendiri.
 

3. Terapkan Apa yang Anda Pelajari ke Kehidupan Sehari-hari Anda

Sangat mudah untuk mengambil kursus dan, setelah selesai, Anda tidak pernah melakukan apapun dengan kursus tersebut. Untuk benar-benar memanfaatkan kursus online, pastikan bahwa Anda menggunakan setiap hal yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata. Ya, jika Anda mengikuti kursus tentang kepemimpinan, praktikkanlah dalam keseharian Anda menjadi seorang pemimpin yang baik, terutama bagi diri sendiri. Atau jika Anda mengikuti kursus bahasa, pastikan Anda menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar Anda semakin lancar dan menguasainya.
 
Jadwalkan pertemuan dengan komunitas yang ada untuk membahas hal yang telah dipelajari. Jika Anda memiliki teman, mengapa Anda harus mengerjakan sesuatu dengan diri sendiri? Anda bahkan dapat mengundang teman atau rekan kerja untuk mengambil kelas yang sama sehingga Anda dapat berdiskusi setelah itu. Itulah tujuan dari kelas online yang sebenarnya.
 
Jadi jika para pembaca Career Advice memiliki waktu luang dan ingin meningkatkan kualitas pekerjaan, atau jika Anda ingin lebih memahami cara menggunakan sumber daya perusahaan Anda, sangatlah baik untuk mendaftarkan diri Anda pada kursus belajar online.  Singkatnya, kursus online merupakan hal yang sangat berguna. Kursus online memang tidak akan menjamin Anda untuk langsung mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, tetapi jika itu adalah tujuan Anda, itu adalah cara yang luar biasa untuk memulai mencapai itu.
 
Dan ingat, bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik yang Anda harapkan, sisihkan waktu untuk menjadikan kelas online Anda sebagai sebuah kelas belajar yang nyata, aktiflah dalam forum diskusi dan bertukar pikiranlah dengan peserta lain, yang tidak kalah penting adalah menerapkan setiap hal yang Anda dapat dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membuat Anda semakin menguasai dan mahir dalam bidang yang Anda ambil.

Featured Career Advice