×
STUDILMU Career Advice - 7 Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris
Self Improvement

7 Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Chun Hin adalah manajer senior di sebuah bank investasi di Hong Kong. Setiap pagi, ia mendengarkan radio Bloomberg dalam perjalanannya menuju kantor dan ia terbiasa untuk membaca setiap isu para pakar ekonomi dari depan ke belakang supaya ia terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Sebagai orang asli Hong Kong yang tumbuh dengan bahasa Kanton dan Mandarin, Chun Hin bekerja keras untuk mampu berbahasa Inggris dengan fasih.
 
Kisah Chun Hin akan menghubungkan dengan banyak para ahli. Tuntutan untuk berbicara bahasa Inggris di tempat kerja terus berkembang karena semakin banyak perusahaan asing yang berinvestasi dalam globalisasi tim mereka. Namun, untuk menguasai bahasa baru membutuhkan waktu dan sumber daya yang banyak orang, terutama orang dewasa yang tidak lagi bersekolah. Mereka akan sangat berjuang untuk melakukannya. Sebuah lembaga pendidikan bahasa biasanya setiap tahun merilis studi kecakapan bahasa Inggris. Banyak perusahaan pemerintah dan swasta yang menggunakan tes kemampuan berbahasa Inggris, khususnya bahasa Inggris bisnis. hal ini bertujuan agar dapat bersaing. 
 
Penelitian ini telah membantu kami memetakan tren global dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selama bertahun-tahun, kami telah menemukan, lagi dan lagi, bahwa kemampuan berbahasa Inggris suatu negara terkait erat dengan metrik-metrik inovasi dan kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan. Meskipun beberapa perusahaan global unggul dalam menumbuhkan angkatan kerja yang berbahasa Inggris, beberapa perusahaan lain tidak.
 
Kami menyoroti beberapa kiat yang dapat membantu orang belajar bahasa Inggris dengan lebih efektif. Jika Anda seseorang yang ingin meningkatkan bahasa Inggris bisnis Anda, pertimbangkan tips-tips  ini ke dalam rencana pembelajaran Anda:
 

1. Tetapkan tujuan yang terperinci

Belajar paling baik dilakukan dengan menetapkan tujuan-tujuan rinci yang menantang namun dapat dicapai. Jangan biarkan waktu terbuka lebar, tetapkan tenggat waktu yang jelas untuk diri Anda sendiri. Sasaran seperti “Saya ingin dapat memberikan presentasi dalam bahasa Inggris,” terlalu samar. Sebaliknya, katakan, "Saya ingin dapat dengan nyaman menyampaikan presentasi sepuluh menit dalam bahasa Inggris tentang sasaran penjualan, tanpa menggunakan PowerPoint, pada akhir Agustus."
 

2. Ciptakan kebiasaan

Temukan cara untuk berlatih bahasa Inggris setiap hari atau setiap minggu. Latihan yang rutin akan membangun momentum dan menciptakan kebiasaan belajar. Misalnya, cobalah untuk membaca satu artikel yang berkaitan dengan industri pekerjaan Anda setiap hari, atau cobalah menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris seminggu sekali, atau tulislah pembaruan kerja mingguan tim dalam bahasa Inggris.

3. Percaya pada Diri Anda Sendiri

Seseorang yang percaya pada kemampuannya sendiri adalah seseorang yang mempunyai motivasi tinggi dan bersedia untuk menghadapi segala tantangan yang ada. Pikirkan lebih matang apakah Anda benar-benar percaya bahwa Anda dapat menyelesaikan segala target yang telah ditentukan. Jika tidak, ubahlah dan buatlah target Anda menjadi lebih dapat diraih dan Anda benar-benar yakin dapat mencapainya. 

4. Menikmati Pengalaman Belajar

Orang-orang yang memiliki semangat yang tinggi dan sikap yang positif dalam belajar bahasa Inggris akan memberikan usaha yang lebih dan akan belajar lebih giat dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki semangat dan bersikap negatif. Jika Anda merasa takut untuk mencoba berbahasa Inggris, pikirkan kembali pendekatan yang Anda lakukan. Jadilah seseorang yang kreatif. Misalnya, Anda dapat membaca buku kesukaan Anda dalam versi bahasa Inggris atau mendaftar kelas memasak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. 

5. Gunakan Panduan Materi Bahasa Inggris yang Asli

Buku dan tes praktek memiliki penempatannya masing-masing. Namun, materi yang asli seperti, tayangan TV, video digital, dan seminar TED, akan membawa Anda untuk dapat mengerti bahasa Inggris dari daerah aslinya langsung. Mereka dengan sangat baik mempersiapkan Anda untuk memahami situasi kehidupan yang nyata, dan materi yang dibawakan oleh mereka biasanya lebih santai dan tidak kaku. Kita dapat melihat contoh penulisan yang baik, menonton para pembicara yang hebat, dan mencoba untuk mengikuti pola bahasa yang sama, struktur, dan penggunaan bahasa. Belajar dari panduan materi yang asli bukan hanya membantu untuk melatih kecakapan bahasa, tetapi juga meningkatkan pengetahuan Anda pada bidang tertentu.
 

6. Bergabung dengan Komunitas Pembelajaran yang Positif

Meskipun pada zaman sekarang ada begitu banyak aplikasi pembelajaran bahasa yang bagus di pasaran, penelitian menunjukkan bahwa peserta didik masih merasakan manfaat dengan memiliki guru yang efektif dan komunitas belajar yang suportif. Para guru membantu peserta didik untuk dapat mencapai tujuan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang proses pembelajaran. Rekan-rekan belajar yang suportif akan memberikan akuntabilitas dan dorongan yang ramah agar para peserta didik tetap sesuai dengan rencana belajarnya. 
 

7. Bertanya Untuk Mendapat Masukan

Penelitian sudah sangat jelas: masukan yang diberikan secara cepat dan berkala memberikan efek yang begitu signifikan pada proses pembelajaran. Mintalah secara berkala pada guru atau mentor ketika Anda mempraktekkan pidato atau mengerjakan proposal bisnis yang penting. Carilah orang yang suka memperhatikan bahasa dan tata bahasa. Mereka akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan sempurna.
 
Pada digital era saat ini, sangat mudah untuk mencari sumber pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan kemampuan inggris bisnis Anda. Sekalipun Anda adalah seorang karyawan yang sibuk, Anda tetap dapat belajar dengan sangat efektif dan memiliki struktur materi pembelajaran yang teratur dengan jadwal belajar yang fleksibel. 
 
Tentunya, tidak ada satupun dari tips di atas yang akan membuat belajar bahasa Inggris menjadi mudah. Meskipun dengan pendekatan yang sangat baik, belajar Bahasa asing memerlukan jangka waktu yang panjang dan tantangan agar tetap berkomitmen. Tetapi dengan kesabaran, tujuan yang realistis, dan komunitas yang baik, sangat memungkinkan setiap orang yang sangat sibuk dapat menguasai bahasa pergaulan sedunia. 

Featured Career Advice