×
STUDILMU Career Advice - Memaksimalkan Produktivitas dengan 5 Hal Sederhana Ini
Productivity

Memaksimalkan Produktivitas dengan 5 Hal Sederhana Ini

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, apakah pagi ini bangun dengan bersemangat? Pagi hari terkadang menjadi sebuah ujian. Ya, karena ini berarti kita akan kembali memulai aktivitas seperti biasanya. Kita mungkin kehilangan semangat dalam menjalani hari dengan produktif, bukan? Bahkan jika kita bangun dari tempat tidur dengan niat memiliki hari yang produktif, kita mudah untuk menghilangkan niat itu.
 
Yuk, coba pembaca Career Advice jujur dengan diri sendiri, siapa yang langsung memeriksa media sosial atau membaca berita terkini saat bangun pagi? Inilah masalahnya. Apakah pembaca Career Advice tahu bahwa cara Anda memulai pagi hari akan menentukan produktivitas Anda sepanjang hari? Bagaimana sebaiknya Anda memulai pagi Anda? Apa saja yang harus dilakukan?
 
Berikut adalah lima cara mudah yang dapat pembaca Career Advice lakukan untuk memulai pagi agar menjadi produktif sepanjang hari.
 

1. Latihan Tujuh Menit

Kita tahu bahwa lebih mudah untuk bangun dari tempat tidur saat matahari terbit, tetapi menyediakan waktu ekstra untuk berolahraga di pagi hari dapat membantu memberi Anda energi sepanjang hari. Penelitian menunjukkan bahwa latihan membantu meningkatkan fungsi mental dan memori yang membantu membuat Anda lebih produktif.
 
Dan apakah itu juga dapat membantu Anda tetap langsing? Sebuah studi 2013 menemukan bahwa berolahraga sebelum sarapan membantu membakar 20% lebih banyak lemak tubuh daripada jika Anda menjadwalkan latihan di sore hari.
 
Cobalah gerakan-gerakan sederhana yang hanya menggunakan berat badan, kursi, dan dinding. Atau Anda dapat berjalan pagi. Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang dapat menjadi alat bantu Anda dalam melakukan latihan. 

2. Meditasi Dua Menit

Yakin Anda tidak punya waktu atau disiplin untuk bermeditasi setiap hari? Nah, jika Anda memiliki 120 detik, lakukanlah. Walaupun itu mungkin kedengarannya terlalu singkat, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dosis meditasi yang singkat pun membawa banyak manfaat yang dapat meningkatkan karier Anda, mulai dari membuat Anda lebih tajam secara kognitif, lebih fokus hingga meningkatkan pengambilan keputusan.
 
Cobalah untuk duduk diam dan, hanya dua menit, jaga agar perhatian Anda terfokus pada nafas saat masuk ke dalam tubuh Anda dan keluar. Ketika pikiran Anda mengembara, perhatikan itu, tapi kemudian perlahan-lahan kembali ke nafas. Itu saja, tidak ada mantra, tidak ada pengosongan pikiran, tidak ada posisi lotus yang sempurna, tidak ada ruang meditasi atau guru. Hanya perhatikan nafas Anda. 
 
Langkah-langkah kecil meditasi ini setiap pagi dapat membantu Anda merasa sedikit lebih tenang terutama ketika stres kerja menghampiri Anda. Tidak sulit untuk menyisihkan dua menit waktu Anda, bukan?

3. Daftarkan Hal-Hal yang Tidak dan Harus Dipikirkan dengan Bijak

Kita semua memiliki daftar tugas yang sangat panjang yang harus kita selesaikan secara tekun setiap hari, tetapi rahasia produktivitas yang mengejutkan sebenarnya melakukan hal-hal yang bertolak belakang dengan hal-hal itu, tidak peduli seberapa besar Anda ingin melakukannya, Anda dapat melakukannya. 
 
Buat daftar singkat hal-hal yang ingin Anda hindari hari itu. Mungkin termasuk menghindari pertemuan yang tidak perlu atau bahkan membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk pemborosan waktu akhir-akhir ini, yaitu email! Meskipun Anda mungkin tidak bisa bebas dari email selama berjam-jam dalam sehari, setidaknya jangan memulai hari Anda dengan memeriksa email.

4. Mencuci Piring 

Menyingsingkan lengan baju Anda untuk mencuci piring kotor dari makan malam tadi mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan di pagi hari, tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mencuci piring di pagi hari dapat mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih mudah menyerap suatu hal. Siapa yang ingin memulai hari mereka dengan cara ini? Tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan benar-benar menuai manfaatnya. 
 
Saat mencuci piring, kita hanya harus memerhatikan pengalaman mencuci piring dan memerhatikan pengalaman indrawi secara penuh, rasakan kehangatan air, aroma sabun, tekstur setiap peralatan yang dicuci. Mencuci piring adalah tugas yang umum dan kaya sensorik. Selain itu, mencuci piring dengan penuh kesadaran juga dapat mengurangi tingkat kegugupan dan mendorong inspirasi.

5. Tuliskan Dua Tujuan Terbaik untuk Hari Ini

Kita semua membuat pilihan sepanjang hari, mulai dari memilih pakaian hingga memutuskan cara untuk mendapatkan jalur menembus proyek besar di tempat kerja. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa membuat satu demi satu keputusan menghabiskan energi mental, yang mengarahkan kita ke hal yang disebut kelelahan akan keputusan. Ini  berarti Anda mungkin telah menggunakan tenaga otak terbaik Anda untuk hari itu dengan merenungkan pilihan, misalnya memilih minuman yang akan Anda nikmati di pagi hari.  
 
Tetapi ada cara untuk memerangi kelelahan akan keputusan tersebut, dengan satu hal yang harus dilakukan. Ketika Anda bangun dan Anda merasa segar, putuskan satu atau dua hal yang ingin Anda capai. Sekalipun Anda menghabiskan beberapa menit untuk melakukan hal ini, Anda masih tetap memprioritaskan hari Anda.
 
Dan untuk membantu menjaga pengambilan keputusan Anda lebih tajam, pertimbangkan untuk membuat rutinitas pagi yang meminimalkan pengambilan keputusan, seperti makan sarapan yang sama setiap hari. 
 
Itulah 5 cara sederhana yang dapat pembaca Career Advice lakukan di pagi hari agar Anda memiliki produktivitas yang maksimal sepanjang hari. Anda tidak harus membuat perubahan besar dalam hidup Anda. Jangan lupa, perubahan adalah sesuatu yang dilakukan oleh hal kecil yang secara konsisten dilakukan. Dan jika Anda menjaga ritmenya dengan baik, Anda akan melihat produktivitas yang cukup signifikan.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Produktivitas, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com

Featured Career Advice