×
STUDILMU Career Advice - 8 Kegiatan Tidak Produktif Dilakukan Di Pagi Hari
Productivity

8 Kegiatan Tidak Produktif Dilakukan Di Pagi Hari

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Rutinitas pagi yang memberi energi adalah bagian penting dari setiap hari kerja yang produktif. Mungkin Anda telah melatih diri sendiri untuk bersiap-siap untuk bekerja dalam 10 menit, membuat ritual olahraga, atau menyadari bahwa Anda menikmati membaca jurnal sebelum bekerja untuk menjernihkan pikiran dan mengumpulkan pikiran Anda.
 
Tetapi, tahukah Anda bahwa hal yang Anda lakukan setelah Anda sampai di kantor berpengaruh besar dalam kinerja Anda sepanjang hari? Ini berarti Anda harus memerhatikan hal-hal yang mungkin Anda abaikan. Berikut adalah hal-hal yang dapat mengurangi produktivitas Anda di pagi hari. 
 

1. Tidak Mengosongkan Pikiran Anda 

Seorang pakar produktivitas mengatakan bahwa membawa banyak beban pikiran di kepala Anda akan membuat Anda tidak terkontrol. Bagaimana Anda dapat mengatasinya? Milikilah sebuah buku yang menjadi tempat curahan isi kepala Anda di pagi hari, sebelum memulai pekerjaan. Tuangkanlah pikiran Anda dalam buku tersebut sehingga Anda benar-benar menuangkan pikiran Anda dan Anda siap untuk memulai pekerjaan dengan pikiran yang telah dikosongkan. Tulislah juga hal-hal yang ingin Anda lakukan sepanjang hari agar Anda tidak melewatkan sesuatu yang penting pada hari itu.

2. Mengecek Email Pertama Kali

Jika Anda selalu memulai hari Anda dengan membuka email dan membalasnya satu persatu, cobalah untuk mengubahnya. Setelah Anda mengecek email di pagi hari, Anda membutuhkan waktu 25 menit untuk menaikkan produktivitas Anda. Jadi, jangan biarkan rutinitas ini mengganggu Anda dalam mengatur hari Anda. 
Bagaimana mengatasinya? Jangan buka email di 30 menit pertama Anda memulai pekerjaan Anda di pagi hari. Matikan juga pemberitahuan email masuk ketika Anda sedang fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.

3. Memulai Hari dengan Rapat

Para peneliti membuktikan bahwa rata-rata kita menghabiskan 23 jam per minggu untuk menghadiri rapat. Jadi, Anda harus menggunakan waktu penting ini sebaik mungkin untuk menghadiri rapat-rapat yang Anda perlukan tanpa harus membuang waktu lain untuk menghadiri rapat-rapat lainnya. Bagaimana mengatasinya? Kosongkanlah waktu Anda di pagi hari untuk setiap pertemuan, di awal minggu Anda. Kecuali, jika Anda benar-benar harus menghadiri rapat yang sangat penting. 

4. Duduk di Bangku Kerja

Sebuah penelitian membuktikan bahwa berdiri akan membantu Anda untuk lebih dapat mengontrol emosi dibandingkan dengan duduk. Berjalan-jalanlah selama sepuluh menit pertama sebelum Anda memulai rutinitas. Anda juga dapat bekerja di meja berdiri. 
 

5. Bekerja tanpa Sinar Matahari

Cahaya matahari di pagi hari sangatlah bermanfaat untuk menambah energi, suasana hati kepekaan dan juga metabolisme tubuh Anda. Bukalah tirai Anda setiap paginya agar sinar matahari dapat masuk. 
 

6. Mengerjakan Beberapa Hal Sekaligus

Mengerjakan beberapa hal sekaligus memang terlihat bagus. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini justru membawa dampak negatif? Seseorang yang mengerjakan beberapa hal sekaligus akan menghasilkan kualitas pekerjaan yang lebih buruk dibandingkan orang yang mengerjakan secara berurutan. 
 
Berikanlah waktu maksimal 40 menit untuk Anda menyelesaikan satu pekerjaan. Lalu, berikan waktu 20 menit untuk Anda mengerjakan hal-hal tambahan sebelum Anda kembali mengerjakan pokok pekerjaan Anda pada hari itu.
 

7. Memasang Tenggat Waktu dengan Diri Sendiri

Memiliki tenggat waktu untuk sebuah pekerjaan merupakan hal yang bagus. Akan lebih bagus lagi jika Anda berbagi dengan rekan kerja akan tenggat waktu yang Anda miliki. Cobalah untuk selalu berbagi tentang daftar pekerjaan, tenggat waktu dan kemajuan pekerjaan Anda bersama dengan tim Anda.
 

8. Membuka Browser

Tutuplah browser Anda ketika Anda memulai pekerjaan Anda. Browser akan menggoda Anda untuk berselancar di media sosial pribadi Anda dan berjejaring dengan teman-teman Anda disana. Ini akan membuat Anda menghabiskan satu jam seharinya dan mengurangi produktivitas Anda di pagi hari. Berusahalah untuk tidak memulai hari Anda dengan kebiasaan ini. 
 
Itulah hal-hal yang dapat mengurangi produktivitas Anda di pagi hari. Ketahuilah bahwa pagi hari merupakan waktu yang sangat penting untuk menentukan produktivitas Anda sepanjang hari. Pastikan bahwa Anda memulai hari Anda dengan hal-hal tepat yang membantu Anda tetap produktif sepanjang hari.

Featured Career Advice