STUDILMU Career Advice - Cara Menguasai Suatu Keterampilan dengan Cepat

Cara Menguasai Suatu Keterampilan dengan Cepat


by Studilmu Editor
Posted on Mar 04, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Anda pasti sangat familiar dengan pepatah ‘practice makes perfect’. Ya, latihan akan membuat Anda menguasai suatu hal dengan sempurna. Seringkali pepatah ini menjadi dorongan semangat saat seseorang mempelajari hal baru. Ia membutuhkan banyak latihan agar benar-benar menguasai hal baru dengan mahir, seperti mengemudi motor atau mobil, memasak atau bahkan mempelajari bahasa asing yang baru. Ketika Anda mempelajari hal baru, rasanya ingin sekali menguasainya dengan cepat, bukan? Tetapi, faktanya adalah kita membutuhkan beberapa hari, bulan bahkan tahun untuk menguasainya.
 
Anda mencoba, mendapatkan pengalaman dan belajar dari pengalaman tersebut. Anda mencoba lagi dan membuat kemajuan. Setiap kali Anda mengulangi proses pembelajaran Anda melalui lup umpan balik. Anda akan melewati beberapa lup umpan balik sebelum Anda benar-benar menguasai sebuah keterampilan baru.
 
Yang membedakan seorang pembelajar yang cepat dan pembelajar lambat bukanlah karena bakat alami yang dimiliki, ini disebabkan oleh cara mereka belajar dan menerapkan pembelajaran dengan sistematis. Mereka dapat menggunakan lup umpan balik secara efektif sehingga mempercepat proses pembelajaran. Jadi, jika Anda ingin menguasai sebuah keterampilan baru dengan cepat, Anda harus menguasai lup umpan balik.
 
Apakah lup umpan balik? Singkatnya, lup umpan balik adalah mendapatkan informasi akan seberapa baiknya performa Anda dalam berlatih atau menerapkan keterampilan baru. Umpan balik adalah pemberitahuan akan hal yang Anda lakukan dengan benar dan salah.
 
Ada 3 tahapan dalam lup umpan balik.
- Praktik: Ini adalah tahapan Anda menerapkan hal yang telah dipelajari.
- Mengukur: Ini adalah tahapan dimana Anda memperoleh evaluasi tentang kinerja Anda.
- Belajar: Ini adalah tahapan dimana Anda menganalisis kinerja Anda dan mengadakan penyesuaian untuk meningkatkan kinerja Anda atau menerapkan ulang pembelajaran.
 
Sangatlah penting untuk mengenali 3 tahapan ini dan menempatkannya setiap kali Anda melatih sebuah keterampilan baru. Banyak orang hanya mencapai tahapan 1, tidak memiliki gambaran yang jelas akan tahapan 2 dan gagal dalam tahapan 3. Siklus yang berjalan dengan baik dan mulus secara berkelanjutan akan menghasilkan peningkatan dalam setiap tahapannya, menciptakan kemajuan yang stabil dan meningkatkan pemahaman Anda akan keterampilan yang Anda pelajari.
 
Untuk memiliki lup umpan balik yang efektif, 3 hal yang harus diingat adalah konsistensi, kecepatan dan ketepatan. 

Menjadi konsisten berarti memiliki cara yang teratur untuk mendapatkan kualitas umpan balik yang sama. Anda harus mampu membandingkan setiap latihan yang Anda lakukan agar Anda dapat mengukur, belajar dan mengadakan penyesuaian. Jika umpan balik yang Anda dapatkan tidak konsisten, maka Anda akan sulit menentukan hal yang berjalan dengan baik dan yang tidak.
 
Misalnya, ketika Anda belajar gitar dan selalu mencoba lagu yang berbeda, Anda akan memiliki umpan balik yang tidak konsisten. Setiap lagu memiliki tingkat kesulitan, ritme, dan tempo yang berbeda. Jadi, cara terbaik untuk belajar adalah memainkan lagu yang sama secara berulang-ulang sampai Anda benar-benar menguasainya.
 
- Kecepatan
Mendapatkan umpan balik cepat adalah hal yang penting karena ini juga akan mempercepat Anda dalam menguasai keterampilan. Semakin lambat Anda mendapatkan umpan balik, maka semakin lambat kemajuan yang dibuat. Inilah yang membuat banyak orang menghabiskan banyak waktu dalam berlatih namun menghasilkan kemajuan yang lambat.
 
Umpan balik juga harus terjadi secara instan. Semakin sedikit waktu yang digunakan, maka akan semakin baik. Ini akan membuat Anda memiliki waktu lebih untuk melakukan perbaikan dalam rentang waktu yang sama.

- Ketepatan 
Langkah terakhir dalam lup umpan balik yang efektif adalah ketepatan. Ini berarti bahwa Anda mendapatkan umpan balik yang benar-benar merefleksikan kinerja Anda dengan tepat. Ketepatan merupakan hal yang sangat penting karena Anda bergantung pada umpan balik untuk membuat perbaikan di waktu yang mendatang. Itulah sebabnya, ketepatan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lup umpan balik yang efektif. 
 
Untuk mendapatkan umpan balik yang akurat, Anda harus mampu mengukurnya. Terkadang, umpan balik yang tidak tepat berfokus pada mengukur kemajuan yang dibuat tanpa mengukur kinerja, atau menggunakan matriks yang salah. Dan yang lebih parahnya adalah jika seseorang sama sekali tidak pernah mengukur kinerjanya. Untuk menemukan bagian yang masih harus diperbaiki, Anda harus membandingkan kinerja saat ini dengan kinerja sebelumnya. 
 
Baik rekan pembaca, sekarang Anda telah mengetahui lup umpan balik ini. Apakah Anda siap untuk menerapkannya dalam kehidupan Anda? apa keterampilan baru yang ingin Anda pelajari dan kuasai? Cobalah untuk menerapkan setiap tahapan lup umpan balik ini saat Anda mempelajari sebuah keterampilan baru. Dan lihatlah, apakah Anda dapat menguasainya dengan waktu yang lebih cepat.
 
Anda perlu meningkatkan lup umpan balik ini secara berkala agar Anda tetap berada dalam jalur dan tidak mengalami penurunan. Meningkatkan lup umpan balik berarti bahwa Anda harus mengetahui hal yang akan diukur selanjutnya dan pertanyaan yang harus ditanyakan. Ini akan mempercepat proses pembelajaran Anda dan menguasai keterampilan tersebut dengan cepat.
 
Tentunya, ketika Anda telah menguasai keterampilan tersebut, ini akan menunjang karier Anda. Anda akan mengalami kemajuan dan bahkan mencapai tujuan yang Anda impikan. Ya, segala sesuatu berada dalam jangkauan Anda ketika Anda berhasil menguasai lup umpan balik ini dengan baik. Terapkan dan kuasailah, dan mimpi Anda akan menjadi kenyataan. Semangat mencapai kesuksesan, rekan pembaca.

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif