Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Kembangkan Emotional Agility Anda

Kembangkan Emotional Agility Anda


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Setiap orang merasa kritis, ragu-ragu, atau takut, bahkan di tempat kerja — dan berusaha meminimalkan atau mengabaikan emosi semacam itu dapat semakin menguatkan emosi-emosi tersebut. Para pemimpin yang efektif tidak mencoba untuk menekan pengalaman batin mereka — sebaliknya, mereka mengembangkan Emotional Agility (kelincahan emosional), keterampilan yang memungkinkan mereka untuk mendekati pengalaman batin dan emosi-emosi tersebut dengan cara sadar dan produktif. Praktik-praktik ini dapat membantu Anda melakukan hal yang sama:
 

• Kenali pola Anda.

Dalam hal apa pemikiran Anda menjadi kaku dan berulang-ulang, bermain seperti rekaman rusak yang pernah Anda dengar berkali-kali? Itu adalah pertanda bahwa Anda telah terpikat oleh pikiran atau perasaan.
 

• Tandai pikiran dan emosi Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melihatnya sebagaimana adanya: sumber data sementara yang mungkin terbukti tidak benar. Mengambil "helicopter view" (melihat lebih luas) emosi Anda akan membantu. Contoh: ubah pikiran Anda dari "Rekan kerja saya salah, dia membuat saya sangat marah," menjadi "Saya memiliki pikiran bahwa rekan kerja saya salah, dan saya merasa marah."
 

• Terima perasaan dengan sikap terbuka.

Perasaan Anda mungkin memberitahu bahwa sesuatu yang penting dipertaruhkan, misalnya nilai-nilai Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk bertindak atas perasaan tersebut.
 
Disadur dari “Emotional Agility,” by Susan David and Christina Congleton.
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya

Leadership

Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya