×
STUDILMU Career Advice - 5 Nilai Positif yang Membentuk Kerjasama Tim
Teamwork & Collaboration

5 Nilai Positif yang Membentuk Kerjasama Tim

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Sebelum membaca artikel ini lebih jauh, saya ingin bertanya pada Anda, “Apakah Anda pernah melihat sekelompok anak kecil yang bermain pasir dengan harmonis?” Mereka bekerja sama membangun istana pasir. Ada yang mengambil pasir, membentuk beberapa bagian istana pasir dan yang lainnya mungkin mencari hiasan lain untuk mempercantik istana pasir mereka. Jika Anda pernah melihat hal yang demikian, cobalah berpikir sejenak tentang hal yang membuat anak kecil dapat melakukan hal tersebut dengan harmonis, sedangkan cukup rumit bagi orang dewasa untuk dapat bermain dan bekerja sama dengan baik dan tetap mencapai hasil yang diinginkan. 
 
Saat menjadi orang dewasa, keinginan serta kebutuhan pribadi yang kita miliki dengan orang lain tentunya berbeda-beda. Itulah sebabnya kolaborasi antara anak-anak dan orang dewasa menjadi sangat berbeda. Meskipun begitu, segala permasalahan pastinya memiliki jalan keluar, bukan? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas nilai-nilai yang dapat kita pelajari dari anak kecil untuk membentuk kerja sama tim yang baik dengan rekan-rekan kerja Anda. 
 

1. ADIL

Berbuat curang hanya dilakukan oleh orang-orang yang merasa bahwa keadilan tidak akan berpihak pada mereka. Jika seseorang melakukan sebuah kecurangan, hanya perlu satu kali melakukan hal tersebut, lalu kesan penipu akan melekat pada orang tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga akan kehilangan kepercayaan dari tim Anda. 
 
“Jadi, untuk menciptakan kerjasama yang baik, Anda benar-benar harus bersikap adil dan memerangi segala kecurangan yang ada”
 

2. INTEGRITAS

“Kejujuran adalah salah satu kunci dari kesuksesan”.
Ya, kejujuran tidak hanya penting untuk diajarkan dan diterapkan oleh anak-anak kecil, namun juga pada orang dewasa. Mirisnya, masih banyak orang yang tidak siap dengan kejujuran yang diberikan oleh rekan kerjanya, atau yang buruknya, saat seorang manajer atau pemimpin tidak dapat menerima kejujuran dari para karyawannya untuk evaluasi dirinya menjadi pemimpin yang lebih baik. Kejujuran yang diucapkan secara tulus dan langsung dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan dapat membuat Anda menghormati orang lain di tim. Jangan takut untuk berkata jujur, jika itu memang diperlukan untuk membangun kerjasama yang baik antara Anda dan tim. Memuji mereka dengan jujur saat mereka berprestasi, dan berikan umpan balik yang jujur dan tulus untuk membantu anggota tim lain menjadi versi terbaik mereka. 
 

3. AKTIF BERTANYA

Pasti Anda tahu kan sikap anak kecil saat bertanya tentang sesuatu yang tidak dimengerti oleh mereka? Mereka tidak akan menyerah untuk bertanya sampai mendapatkan jawaban yang jelas. Sayangnya, tidak semua orang dewasa memiliki keberanian seperti anak kecil. Mereka cenderung untuk diam dan bersikap seakan mengetahui segala hal, tanpa bertanya pada anggota tim lainnya. Tentunya ini agak sedikit merepotkan, karena salah satu ciri kerjasama yang baik adalah anggota yang secara terbuka meminta bantuan rekan kerjanya jika ada sesuatu hal yang tidak dipahami. 
 
Jika semua orang hanya diam dan mengasumsikan diri mereka mengetahui segala hal, lalu kapan interaksi antara tim akan terjalin?
 

4. TOLERANSI

Anda tidak dapat selalu memilih orang yang akan bergabung dengan tim Anda. Sama seperti anak-anak yang tidak dapat memilih anak-anak sebayanya yang akan ikut bergabung dan bermain bersama di lapangan. 
 
Nah, sudah dapat dipastikan Anda juga akan memiliki pemikiran yang berbeda dengan anggota tim lainnya. Berbagai kepribadian dan tipe dapat menambah perspektif yang berbeda untuk membantu tim lebih produktif. Walaupun, pertengkaran kecil atau kesalahpahaman sering kali terjadi saat proses menyatukan pendapat, toleransi adalah solusi bagi permasalahan ini. 
 
Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna. Anda harus melibatkan rasa toleransi sehingga Anda dapat menunjukkan rasa hormat, memberi ruang lebih untuk bekerja sama dengan baik. Lakukan hal ini dengan baik dan orang lain juga akan menunjukkan toleransi mereka terhadap kekurangan Anda.

5. MINTA MAAF

Oh ya, saya sangat setuju bahwa meminta maaf memang sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Sama halnya seperti anak-anak, ketika Anda berusia lima tahun dan merusak barang kesukaan ibu atau ayah Anda, kata maaf akan sangat sulit untuk diucapkan. 
 
Namun permintaan maaf yang tulus sering kali berhasil untuk memperbaiki keadaan. Jika Anda telah melakukan kesalahan, miliki kerendahan hati dan kemurahan hati untuk mengakuinya dan segera meminta maaf. 
 
Itulah nilai-nilai positif yang dapat kita pelajari dan contoh dari perilaku anak-anak kecil saat bermain, dan semoga kita juga dapat menerapkannya di setiap aktifitas karier kita. 

Featured Career Advice