×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak
Self Improvement

5 Cara Mendapatkan Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dewasa ini, mencari pekerjaan tidak pernah semudah yang kita bayangkan. Tidak peduli sehebat apapun keterampilan yang kita miliki, setinggi apapun pendidikan yang kita dapatkan, mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, sehingga kehidupan kita menjadi lebih terjamin dan tidak sengsara. 
 
Siapa coba yang tidak ingin tinggal di dalam rumah yang nyaman, naik mobil agar terhindar dari hujan, makan makanan yang sehat, mendapatkan akses kesehatan yang terjamin, dan segala bentuk kemudahan hidup lainnya. Semua penghidupan layak tersebut dimulai dari pekerjaan yang dapat menjamin kehidupan kita. 
 
Para pencari kerja bisa menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk mencari lowongan pekerjaan di situs-situs kerja yang tersedia di internet. Ratusan bahkan ribuan surat lamaran kerja telah di unggah ke dalam situs tersebut dari berbagai kandidat di seluruh Indonesia. Namun, tetap semua usaha itu belum bisa menjamin kita mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak dengan mudah. 
 
Apabila rekan-rekan Career Advice juga sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih terjamin, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kami telah merangkum 5 cara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, yang bisa rekan-rekan pembaca terapkan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Memahami Kriteria Pencarian Kerja yang Kita Inginkan.

Sebelum mencari pekerjaan yang benar-benar kita inginkan, coba pastikan bahwa kita telah memahami kriteria utama yang kita harapkan dari pekerjaan kita nanti. Hal ini bertujuan agar kita memiliki jenjang karier yang jelas dan penghasilan yang tetap. Sehingga, hasil kerja keras kita terhadap pekerjaan tersebut bisa membawa kita pada penghidupan yang lebih layak dari sebelumnya.
 
Dalam memahami kriteria pekerjaan ini, rekan pembaca harus menuliskan 5 prioritas utama dari pekerjaan yang dicari. Misalnya, apakah rekan pembaca memprioritaskan budaya perusahaan yang baik? Gaji atau posisi pekerjaan yang OK? Rekan-rekan kerja atau bos yang baik dan bersahabat? Tempat kerja yang bonafit? Atau, jenjang karier yang jelas? 
 
Semuanya harus dipikirkan secara matang, karena ‘penghidupan yang layak’ bagi setiap orang bisa saja berbeda-beda. Kita tidak bisa menyamaratakan kesan kehidupan yang layak menurut diri kita sendiri dengan kesan yang dimiliki orang lain. Tentu saja semua orang memiliki perspektif yang berbeda-beda, dan pastinya kebutuhan yang berbeda antara satu dan lainnya. Jadi, apakah rekan pembaca sudah memikirkan kriteria utama yang Anda inginkan dari sebuah pekerjaan? Kalau belum, Yuk pikirkan dari sekarang. 
 

2. Membuat Daftar Pekerjaan yang Memenuhi Kriteria.

Nah ketika kita sudah tahu apa yang menjadi prioritas utama kita dalam mencari pekerjaan, sekarang saatnya untuk membuat daftar pekerjaan yang bisa memenuhi kriteria kita tersebut. Misalnya, untuk mendapatkan penghidupan yang layak, saya tidak hanya memerlukan sebuah pekerjaan. Namun, saya perlu memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan jenjang karier yang jelas. Keduanya menjadi prioritas utama saya dalam mencari pekerjaan dan demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. 
 
Sebagai contoh, saya memiliki kemampuan yang baik di dalam dunia akunting. Untuk mendapatkan pekerjaan dan standar kehidupan yang saya inginkan, saya bisa mencari pekerjaan di lembaga keuangan pemerintah dan melamar untuk posisi akunting, mungkin disana saya bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan jaminan hari tua yang lebih transparan, jenjang karier yang jelas, gaji dan tunjangan yang sesuai seperti yang saya harapkan. Sehingga saya bukan hanya memiliki pekerjaan, namun apa yang saya lakukan adalah bentuk usaha untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera.
 

3. Membaca Deskripsi Pekerjaan secara Cermat dan Menyeluruh.

Dikarenakan tujuan kita bukan hanya sekedar mendapatkan pekerjaan, namun juga untuk meraih kehidupan yang lebih layak, maka kita juga harus cerdas dan cermat dalam memilih pekerjaan yang akan kita lamar. 
 
Kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk membaca deskripsi pekerjaan secara cermat dan menyeluruh. Memang sih, ini cukup melelahkan dan membuat kita jadi pusing. Namun, membaca deskripsi pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Setidaknya, ini membuat kita menghemat waktu dalam jangka panjang. Deskripsi pekerjaan membuat kita memahami dengan baik, apakah kita masuk ke dalam kriteria kandidat yang perusahaan tersebut cari atau tidak. 
 
Jangan sampai kita mendaftar ke banyak perusahaan, namun tidak ada satupun lowongan kerja yang meminta kriteria kandidat seperti kita. Percaya deh, itu hanya membuang-buang waktu, tenaga dan uang kita. Sedangkan, yang kita cari adalah pekerjaan dan penghidupan yang layak. Bukan untuk membuang-buang waktu melamar kerja yang tidak sesuai dengan diri kita. 
 

4. Perbaiki dan Sesuaikan Surat Lamaran Kerja Kita. 

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah menyalin ulang surat lamaran kerja yang sudah dikirimkan ke perusahaan lain sebelumnya. Kita hanya mengganti nama perusahaan dan tanggal pembuatan surat, selebihnya tetap dengan konten yang sama. Yah, kalau seperti ini bagaimana kita bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah? Apalagi bermimpi untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera. 
 
Kesuksesan hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang bekerja keras untuk mendapatkannya. Jadi, mulai dari sekarang kita bisa memperbaiki surat lamaran kerja kita dan menyesuaikannya sesuai posisi kerja yang kita lamar. 
 

5. Mengambil Pelatihan Kerja atau Kursus Online. 

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah mengevaluasi keterampilan diri sendiri. Mungkin saja selama ini kita susah mendapatkan pekerjaan karena kurangnya keterampilan yang kita miliki. Sehingga, perusahaan pun menjadi berat hati untuk menerima kita menjadi karyawan mereka. Dalam hal ini, kita tidak boleh pesimis atau meremehkan diri sendiri. Semua orang berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak. 
 
Apabila rekan pembaca mengalami hal seperti ini, kami menyarankan rekan pembaca untuk mengambil pelatihan kerja yang disediakan oleh menteri ketenagakerjaan yang ada di masing-masing daerah Anda. Atau, jika rekan pembaca lebih suka belajar melalui online, kursus online juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Carilah materi yang membahas bagaimana cara menjawab pertanyaan saat wawancara, atau materi-materi yang berkaitan dengan keahlian kita. 
 
Itulah 5 cara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kita semua. Jangan patah semangat ya, rekan-rekan Career Advice. Yakinlah bahwa rekan pembaca bisa meraih pekerjaan yang diharapkan dan standar kehidupan yang lebih baik. Tetap semangat, ya!

Featured Career Advice