Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 15 Kesalahan Orang Sukses yang Tidak Pernah Dilakukan Dua Kali

15 Kesalahan Orang Sukses yang Tidak Pernah Dilakukan Dua Kali


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on May 03, 2019

 
Tidak ada manusia yang tidak pernah membuat kesalahan, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali orang-orang sukses. Bedanya, antara orang sukses dan orang yang belum mencapai kesuksesan dalam melakukan kesalahan adalah, orang sukses akan berusaha sebisa mungkin untuk tidak melakukan kesalahan dua kali. 
 
Orang-orang sukses akan belajar dari setiap kesalahan yang mereka lakukan, dan tidak akan mengulanginya lagi. Namun, beberapa orang masih tetap membiarkan kesalahan yang pernah mereka lakukan, terjadi kembali. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang 15 kesalahan yang dilakukan oleh orang sukses, yang tidak pernah dilakukan dua kali. Dari kesalahan-kesalahan tersebut, mungkin kita bisa belajar untuk menghindarinya juga atau minimalnya tidak melakukannya lebih dari satu kali. 
 
1. Mengabaikan Insting.
Terkadang kita sering mengabaikan insting atau kata hati, padahal insting yang kita miliki bisa jadi adalah petunjuk dari Tuhan. Pengusaha sukses atau orang-orang sukses pernah mengabaikan hal ini, terutama dalam bisnis. Ketika mereka merasa ada yang tidak beres tanpa bisa menjelaskan apa alasannya, kita cenderung mengabaikan insting ini. Namun, ketika terbukti bahwa kata hati mereka berkata benar atau menunjukkan sebuah kebenaran, maka orang-orang sukses tidak akan pernah mengabaikan insting (kata hati) mereka untuk kedua kalinya. 

2. Selalu Bermain Aman.
Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa bermain aman akan membantu kita terhindar dari masalah dan kesalahan. Faktanya, berani untuk tidak bermain aman seperti, mengambil risiko, berani menghadapi tantangan, dan lain sebagainya, adalah cara ampuh untuk bisa mencapai kesuksesan. 
 
Orang-orang sukses akan membiarkan diri mereka untuk jatuh ke dalam perangkap risiko yang besar, sehingga mereka terus mendorong diri mereka untuk keluar dari kesulitan, dan terlatih untuk mencapai kesuksesan. Bermain aman adalah sebuah kesalahan bagi orang-orang sukses, dan mereka tidak akan mengulanginya lagi. 

3. Tidak Mengajukan Pertanyaan Sulit.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa kebanyakan orang takut untuk memberikan pertanyaan yang sulit kepada orang lain. Alasannya, mereka takut menyusahkan orang yang ditanya atau membuat orang lain kesal. Lalu, mereka membiarkan rasa penasaran mereka terpendam di dalam pikiran mereka. Orang-orang sukses mungkin pernah melakukan kesalahan ini, namun mereka tidak akan membiarkan kesalahan ini terjadi untuk kedua kalinya. Mereka akan mengabaikan kecanggungan yang mereka rasakan dan memastikan bahwa mereka memiliki semua informasi yang mereka perlukan. 
 
4. Menyalahkan Orang Lain.
Menyalahkan orang lain? Oh tidak! Ini kesalahan yang ga banget deh! Kesalahan ini sering terjadi saat seseorang gagal dalam menjalankan tanggung jawabnya, namun bukannya mengakui kesalahannya, orang-orang seperti ini malah menyalahkan orang lain yang mereka jadikan seperti ‘kambing hitam’. Orang sukses mungkin pernah melakukan kesalahan ini satu kali, namun tidak untuk kedua kalinya. Para orang sukses akan berusaha keras untuk menjalankan tanggung jawab mereka, dan inilah yang membuat mereka dihargai serta dihormati orang lain. 
 
5. Percaya pada Kesempurnaan.
Memang sih yang berkilau itu selalu terlihat indah, dan ini sering membutakan kita pada hal-hal indah, sehingga kita sering mempercayai adanya kesempurnaan. Kenyataannya, kesempurnaan itu tidak pernah ada dan hanya Tuhan yang memiliki kesempurnaan. Para orang sukses mungkin pernah melakukan kesalahan ini, namun tidak untuk kedua kalinya. Pada akhirnya, orang-orang sukses akan sadar, “tidak ada yang sempurna di dunia ini” dan mereka akan berpikir secara objektif di masa depan.

6. Membiarkan Emosi dalam Memengaruhi Pengambilan Keputusan. 
Pekerjaan yang menumpuk, rekan kerja yang menjengkelkan, dan faktor-faktor lain dapat memancing emosi kita di tempat kerja. Orang-orang yang ceroboh akan membiarkan emosi mereka memengaruhi setiap pengambilan keputusan yang mereka lakukan. Waduh, ini sangat bahaya! Karena ini dapat merusak hubungan kita dengan orang lain serta membuat kita mengambil keputusan yang tidak bijaksana. Para orang sukses pastinya pernah terjebak dalam hal ini, namun mereka akan menjauhi kesalahan yang sama di masa depan. Mereka akan bersikap tenang dan berpikir logis, sehingga tidak mencampur-adukkan emosi dengan pengambilan keputusan. 

7. Mengambil Jalan Pintas.
Kita perlu selalu ingat bahwa tidak ada jalan pintas untuk menuju kesuksesan. Mencoba untuk memotong garis atau melompat ke jalan yang lebih cepat seringkali disertai dengan langkah-langkah licik dan tidak jujur. Mungkin ini pernah dilakukan oleh mereka yang sekarang sudah berada di puncak kesuksesan masing-masing, namun ketika ‘jalan pintas’ tersebut malah membuat mereka semakin terpuruk, mereka akan mempelajari hal ini dan menjauhinya di masa depan. 
 
8. Gila Kerja. 
Ada perbedaan yang sangat serius antara gila kerja dan giat bekerja, jadi jangan sama ratakan keduanya ya! Orang-orang sukses adalah pekerja yang giat, mereka bukan penggila kerja. Mungkin saja sebelumnya mereka pernah menjadi penggila kerja, namun saat kehidupan pribadi dan karier mereka menjadi tidak seimbang, mereka tersadar bahwa menjadi gila dengan pekerjaan bukanlah hal yang baik. 
 
9. Berusaha Menjadi Orang Lain.
Entah mengapa orang lain sering terlihat lebih menarik daripada diri kita sendiri. Hal ini terjadi karena kita terlalu sering membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Akibatnya? Kita sering berusaha untuk menjadi orang lain, yang sangat jauh dari realita kita sendiri. 
 
Sebelumnya, orang-orang sukses pasti pernah melakukan kesalahan ini. Ketika mereka mencoba untuk mencari jati diri mereka. Namun, saat mereka menyadari kesalahan ini, mereka tidak akan terjebak di dalam raga orang lain lagi. 

10. Mencoba untuk Menyenangkan Semua Orang.
Apakah rekan-rekan Career Advice pernah mencoba sekuat tenaga untuk membahagiakan semua orang? Jika “ya”, kami harap rekan pembaca tidak melakukannya lagi sekarang. Dapat membahagiakan semua orang TANPA terkecuali adalah hal yang mustahil. Sebaik dan sehebat apapun kita, akan ada orang-orang yang tidak menyukai dan meremehkan kita, dan orang-orang sukses tidak akan mau terjebak dalam hal ini untuk kedua kalinya. 
 
11. Berbohong.
Kejujuran adalah salah satu kriteria yang diperlukan untuk bisa sukses. Lalu apa jadinya jika kita selalu berbohong? Pasti rekan-rekan Career Advice tahu kan apa jawabannya. Tidak ada orang yang ingin bekerjasama dengan seorang penipu atau pembohong. Jika orang-orang sukses pernah melakukan hal ini sekali, sudah dipastikan mereka tidak akan mau melakukannya lagi. Tidak ada kebohongan yang dapat bertahan lama. 
 
12. Terlalu Keras Kepala.
Memiliki ketekunan yang tinggi dan prinsip yang kuat memang baik, namun jika kita terlalu keras dalam hal ini, ini dapat membuat kita menjadi seorang yang keras kepala. Para orang sukses tidak akan melakukan kesalahan ini lebih dari satu kali, karena ini hanya akan merugikan diri mereka dan merusak hubungan mereka dengan orang lain. 

13. Melakukan Sesuatu yang Tidak Disukai.
Melakukan sesuatu yang tidak kita sukai atau kita benci adalah hal yang sangat menakutkan. Ini hampir sama seperti mencoba menjadi seperti orang lain, padahal kita juga memiliki keunikan tersendiri. Jangan habiskan waktu berharga kita dengan memaksakan diri melakukan sesuatu yang bukan dalam passion kita. Seperti pepatah inggris mengatakan, “do what you love” atau lakukan apa yang kamu cintai!. 
 
14. Berpikir bahwa Pesaing adalah Musuh. 
Adalah sebuah kesalahan jika kita berpikir bahwa para kompetitor adalah musuh kita di dalam bisnis. Orang-orang sukses mungkin akan berpikir hal yang sama di awal bisnis mereka. Namun, kesalahan ini tidak akan mereka ulangi untuk kedua kalinya. Orang sukses akan menyadari bahwa fokus yang paling terpenting adalah membuat para pelanggan mereka bahagia, bukan menganggap para pesaing sebagai musuh. 

15. Merasa Menjadi Orang yang Paling Tersakiti. 
Pemikiran bahwa kita adalah orang yang paling tersakiti atas suatu kejadian, ini adalah mentalitas ‘korban’ yang harus kita hindari. Orang-orang sukses akan menghindari kesalahan ini untuk kedua kalinya, karena mereka tidak ingin ‘dikasihani’ atas ketidakberdayaan mereka, melainkan mereka akan berusaha untuk maju, berdiri di atas kaki sendiri dan berjuang untuk meraih kesuksesan. 
 
Apakah rekan pembaca pernah melakukan 15 kesalahan di atas? Jika “ya”, apakah rekan pembaca masih melakukannya berulang-ulang kali? Apabila orang-orang sukses mampu untuk tidak mengulangi 15 kesalahan di atas, saya yakin bahwa rekan-rekan Career Advice pasti juga mampu untuk melakukannya. Semangat terus ya!
Featured Career Advices
Benarkah Kebahagiaan adalah Mendapatkan Pekerjaan Impian?

Benarkah Kebahagiaan adalah Mendapatkan Pekerjaan Impian?

5 Strategi Pemasaran melalui E-mail

5 Strategi Pemasaran melalui E-mail

Perencanaan Keuangan yang Salah di Umur 20-an

Perencanaan Keuangan yang Salah di Umur 20-an

Pentingnya Integritas dan Kejujuran Hati di Dunia Kerja

Pentingnya Integritas dan Kejujuran Hati di Dunia Kerja

Asumsi adalah Penyebab Kegagalan Wirausaha

Asumsi adalah Penyebab Kegagalan Wirausaha

Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja