Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Cara Meningkatkan Penjualan melalui Bisnis Online

Cara Meningkatkan Penjualan melalui Bisnis Online


STUDILMU Users
by Studilmu Editor


Pengertian Bisnis Online
Bisnis online adalah segala bentuk kegiatan perdagangan baik dalam urusan atau kepentingan bisnis yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan, terutama untuk mendapatkan keuntungan atau profit dari kegiatan perdagangan tersebut. 
 
Bisnis online memang menjadi hal yang sangat lazim di era digital seperti sekarang ini. Sudah banyak sekali orang yang beralih dari perdagangan konvensional (secara tatap muka) ke perdagangan online (melalui internet).  
 
Meskipun begitu, menjadi pengusaha memang tidak semudah yang kita bayangkan. Nyatanya, kita semua tahu bahwa memulai bisnis itu sangat tidak mudah. Di era digital seperti sekarang ini, kebanyakan orang berbondong-bondong membawa bisnis mereka ke dalam bisnis online. Yap! bisnis online. Bisnis secara online yang dapat memudahkan kita untuk membeli barang-barang yang diperlukan, mulai dari barang A sampai Z, semuanya ada. Ibarat kata, “apa yang lu mau, semua gue ada”. 
 
Bisnis online memberikan kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Pembeli tidak perlu ke mall atau ke toko untuk mencari barang yang mereka perlukan, dan penjual tidak perlu bayar sewa ruko yang terlalu mahal demi mendagangkan barang dagangan mereka. 
 
Apabila rekan-rekan Career Advice ingin mendirikan bisnis online, pasti sebelumnya Anda sudah berkelana di beberapa website untuk mencari tips dan trik dalam meningkatkan penjualan secara online. Memang sih, ada begitu banyak tips dan saran di internet terkait apa yang perlu kita ketahui dan lakukan sebelum mengambil keputusan untuk memiliki bisnis online. 
 
Tantangan lainnya, kita akan menemukan banyak pesaing di dalam pasar online. Apabila kita menjual produk baju anak-anak, mungkin akan ada lebih dari 100 penjual lainnya yang memasarkan baju anak-anak di pasar online. Sumber barang-barangnya pun beragam, ada yang buatan lokal dan ada juga yang impor. 
 
Dalam hal ini, perbedaan antara bisnis yang kita buat dan bisnis para pesaing akan menentukan mana yang akan mendapatkan lebih banyak pelanggan, penjualan, dan popularitas. Intinya, kita harus melakukan strategi penjualan yang unik, sehingga berbeda dari para penjual online lainnya. 
 
Nah, apabila rekan-rekan Career Advice ingin memulai bisnis online dan menjadi lebih unggul dari para pesaing lainnya, maka rekan-rekan pembaca harus memperhatikan tips dan saran berikut ini. 

1. Pikirkan tentang “Apa yang Kita Sukai?” dan “Seberapa Baik Kita Melakukannya?”
Kebanyakan pengusaha sukses yang kami temui adalah orang-orang yang memperdagangkan produk-produk yang sangat mereka sukai. Produk tersebut adalah hasil dari passion mereka. Itulah mengapa mengetahui “apa passion kita” adalah langkah paling utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka bisnis online. Bisnis online akan membuka kesempatan untuk semua orang di seluruh Indonesia dapat membeli barang yang kita produksikan. Luar biasa, kan? 
 
Nah, apabila kita sudah tahu apa yang kita sukai dan seberapa baik kita dalam melakukannya, maka tunggu apalagi? Duh, jangan kelamaan berpikir ya, nanti keburu disambet pesaing lain ide kreatif kita. Misalnya, semenjak kecil rekan pembaca sangat suka membuat baju-bajuan untuk boneka. Hobi ini terus berlanjut sampai rekan pembaca menuju dewasa. Akhirnya, rekan pembaca belajar menjahit pakaian dan terbilang cukup bagus desain-desainnya. Daripada hasil karyanya hanya dipakai untuk diri sendiri atau hanya menggantung di dalam lemari, mengapa rekan pembaca tidak menjualnya saja di bisnis online? 
 
Jika ada banyak konsumen yang tertarik dan membeli, pendapatannya sangat lumayan loh! Bahkan, mungkin rekan pembaca bisa memiliki beberapa karyawan nantinya yang membantu bisnis online Anda. Kalaupun bisnis online yang rekan-rekan Career Advice jalankan saat ini belum bisa menerobos permintaan pasar, kita harus berani mengambil risiko untuk bersabar dan terus berusaha. Karena mendirikan bisnis memang memerlukan kesabaran dan ketekunan, bukan? 
 
2. Identifikasi Permintaan Pasar
Jurus kedua untuk meningkatkan penjualan melalui bisnis online adalah dengan mengidentifikasi permintaan pasar. Yap, ini adalah jurus yang tak kalah penting. Agar bisnis kita tepat sasaran dan juga lebih efisien. Kita perlu membuat penelitian kecil untuk menjelajahi produk-produk apa saja yang sudah bertebaran di pasar online dan mempertimbangkan kebutuhan lokal. 
 
Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja yang sedang dicari-cari oleh para konsumen dan apa yang paling bermanfaat bagi mereka. Carilah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh kebanyakan orang, namun tidak banyak penjual yang menawarkannya. Identifikasi ini dapat dilakukan melalui penelitian forum di internet, situs web, opini orang-orang di sekitar, atau survei yang dilakukan secara kecil-kecilan dengan responden yang berasal dari lingkungan sekitar kita. 
 
3. Buat Rencana Pemasaran secara Matang 
Setelah mengetahui apa passion kita dan produk apa yang paling dicari oleh konsumen, maka kita harus mulai membuat rencana pemasaran yang matang. Pada rencana pemasaran, rekan-rekan Career Advice harus menentukan, apakah yang ingin dijual itu sebuah produk atau layanan jasa? Apakah rekan pembaca memerlukan sumber daya yang sedikit atau cukup banyak untuk pemasaran dan pengembangan produk nantinya? 
 
Nyatanya, akan ada beberapa rencana pemasaran, serta alat dan strategi yang perlu kita pilih. Untuk segera memulainya, kita dapat mulai membuat dan mengelola akun media sosial yang dibuat khusus untuk bisnis kita. Sebagai contoh, memposting beberapa gambar, informasi dan artikel yang bermanfaat untuk para pengikut di media sosial, yang mana mereka akan menjadi target konsumen kita. Ups, selain itu jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut media sosial kita di kolom komentar, ya. 
 
4. Bergaul dengan Orang-orang yang Positif dan dapat Dipercaya
Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel ini bahwa memulai bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai makhluk sosial, akan sulit bagi kita untuk melakukan segala hal tanpa bantuan dan dukungan dari orang lain, terutama orang-orang yang kita cintai. Dukungan dan doa mereka akan menjadi penguat kita dalam menjalankan bisnis online. 
 
Selain itu, pastinya kita memerlukan bantuan orang lain untuk membagi tugas dan membagi beban kerja. Tidak mungkin segalanya kita lakukan sendirian. Meskipun kita mampu, namun lama-kelamaan pasti kita akan menjadi kewalahan. Untuk itu, kita perlu menemukan rekan kerja, mitra, atau investor yang tepat.
 
Beberapa orang berpikir bahwa mencampurkan bisnis dengan keluarga atau teman dapat berbahaya. Namun kenyataannya, lebih baik kita mengelilingi diri dengan orang-orang yang kita tahu bahwa kita dapat bekerja dengan mereka, daripada berbisnis dengan orang-orang yang bahkan, kita sendiri tidak tahu mereka siapa, apakah mereka adalah orang yang bertanggung jawab atau tidak, dan lain sebagainya. Percayalah, itu terlalu beresiko tinggi untuk
 
5. Terus Nikmati Prosesnya
Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada pengusaha yang bisa langsung sukses dalam waktu semalam, itu mustahil! Apabila kita sudah bertekad untuk menjalankan bisnis online, kita harus melatih diri untuk menjadi seorang yang tekun dan sabar dalam menjalani bisnis. Akan ada beberapa kerugian yang akan kita alami di awal. Semisalnya, calon pelanggan sudah book barang yang ingin dibeli, namun saat diminta untuk mentransferkan uang sesuai total pembelian, mereka tidak ada kabar kembali. Di dalam bisnis online, kita mengenalnya sebagai “Hit and Run”. 
 
Bekerja keras memang penting, tapi rekan pembaca juga perlu bersantai dan menikmati prosesnya. “Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita tidak akan pernah harus bekerja”. 
 
Rekan-rekan Career Advice, kita perlu selalu ingat bahwa apa yang berharga tidak akan pernah mudah, tetapi pada akhirnya itu akan memiliki ganjarannya sendiri dalam kehidupan. Jadi, jika rekan pembaca benar-benar ingin meningkatkan penjualan bisnis online yang Anda miliki, tetap percaya dan yakin, bahwa Anda bisa melakukannya. Dan, jangan lupa untuk menerapkan lima cara di atas. Selamat berjuang ya, rekan-rekan Career Advice. 
Featured Career Advice
Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

Self Improvement

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

Self Improvement

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

Self Improvement

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

Self Improvement

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

10 Kebiasaan Milenial yang Berbeda dengan Baby Boomers

Generation Millennials & Z

10 Kebiasaan Milenial yang Berbeda dengan Baby Boomers

4 Pertanyaan yang Meyakinkan Pentingnya Inovasi bagi Bisnis Anda

Innovation