×
STUDILMU Career Advice - 5 Hal Berkarier di Bidang Kewirausahaan
Entrepreneurship

5 Hal Berkarier di Bidang Kewirausahaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Banyak calon pengusaha yang tertarik untuk menjadi bos mereka sendiri tetapi masih bertanya-tanya apakah mereka memiliki hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha. Jawabannya tentu saja mereka lakukan. Siapapun bisa menjadi pengusaha. Sungguh, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan kemauan untuk belajar.
 
Tetap saja, rasanya sulit untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memulai, dan lagi dunia kewirausahaan sangat lekat dengan kata berani ‘ambil risiko’. Mari kita bayangkan dunia kewirausahaan adalah lautan luas. Lautan tersebut memiliki ujung yang dangkal, dan inilah tempat terbaik untuk Anda mulai menyelaminya. Anda tidak perlu menimbulkan banyak risiko atau menanggung banyak kecemasan. Ada banyak cara untuk memudahkan transisi, bereksperimen, dan bergerak perlahan. Hal itu akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan, informasi, dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk menjadi lebih sukses.
 
Jadi, jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha Anda sendiri dan mulai berkarier dalam bidang kewirausahaan, berikut adalah lima hal mudah, kecil, dan aman yang dapat Anda lakukan mulai minggu ini.
 

1. Buat Koneksi Baru

Berapa banyak pengusaha atau pemilik usaha kecil yang Anda kenal? Mungkin tidak cukup banyak. Anda akan mudah melihat realitas dunia kewirausahaan, baik dan buruknya, ketika Anda tidak bisa melihat siapapun melakukannya dari dekat. Anda dapat dengan mudah terhubung dengan orang baru yang akan memberi Anda informasi tentang apa yang benar-benar disukai. Bahkan jika Anda sudah mengenal beberapa orang yang bekerja sebagai wirausahawan, tetap perluas jaringan Anda. Minta teman atau kolega Anda untuk memperkenalkan Anda kepada seseorang yang telah memulai bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak wirausahawan yang Anda kenal, semakin Anda percaya diri untuk mencobanya sendiri. Lagi pula, jika mereka bisa melakukannya, mengapa Anda tidak bisa?.
 

2. Temukan Inspirasi

Semua pengusaha, bahkan yang bercita-cita tinggi, membutuhkan pemilik bisnis lain untuk mencari inspirasi dan motivasi. Sangat menyenangkan ketika Anda dapat mengenal seseorang yang memiliki usaha yang mirip dengan yang ingin Anda mulai, tetapi akan lebih baik jika Anda menjadi penggemar sebuah usaha di luar industri Anda. Ini dapat membantu Anda memikirkan berbagai hal dengan cara yang berbeda.
 
Setelah Anda memilih beberapa, pikirkan hal yang membuat Anda tertarik pada mereka. Apa daya tarik mereka? Apa yang mereka lakukan dengan baik? Apa yang Anda kagumi dan berharap bisa Anda tiru? Tantang diri Anda untuk memikirkan bagaimana Anda dapat menerapkan beberapa taktik dan strategi itu pada usaha Anda sendiri. Ini akan membantu Anda berpikir lebih luas tentang bisnis, dan menjauh dari hanya berfokus pada kekhasan pasar Anda. Jenis pembelajaran yang dapat ditransfer ini akan memberi Anda langkah cepat setelah Anda memutuskan untuk pergi.
 

3. Tuliskan Manifesto Sederhana

Memulai bisnis apapun membutuhkan tujuan yang jelas dan visi yang kuat. Luangkanlah waktu setengah jam, tanpa gangguan untuk melakukan pemetaan ide. Keluarkan selembar kertas kosong dan selesaikan kalimat-kalimat berikut:
 
Menjadi pengusaha akan memberi saya kesempatan untuk:
Saya mungkin tidak tahu semua detailnya, tetapi ketika saya berpikir tentang jenis bisnis apa yang ingin saya ciptakan, saya tahu itu adalah:
Ketika saya melamun sekitar tiga tahun dari sekarang, saya akan senang jika:
 
Bagi saya, kesuksesan adalah tentang:
Ketika Anda melewati latihan ini tidak hanya akan membuat Anda memikirkan tujuan Anda.  itu juga akan membuat Anda bersemangat untuk melakukannya. Oleh karena itu, ambil waktu dan tuliskan manifesto Anda. 

4. Dapatkan Ilmu

Ada puluhan komunitas wirausaha yang luar biasa yang memberikan banyak peluang untuk belajar. Tetapi jika Anda belum siap untuk melakukan investasi atau komitmen jangka panjang, maka manfaatkan beberapa sumber daya pendidikan gratis berkualitas tinggi secara online.
 
Ada banyak kelas online yang memiliki video informatif dan inspiratif dan desain blog yang sangat membantu.  Anda dapat melihat bahwa kelas-kelas tersebut membahas rinci tentang berbagai keterampilan dan topik bisnis kecil. Pilih beberapa blog dan situs web yang memberikan informasi yang enak, memotivasi, dan tidak mengintimidasi, lalu ikuti dan bergabunglah dengan mereka. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, cari kelas live yang menyenangkan untuk dihadiri.

5. Ambil Satu Langkah Kecil Yang Kuat

Kemajuan adalah suatu hal yang dihasilkan oleh langkah-langkah kecil secara teratur. Jadi minggu ini, miliki komitmen untuk melakukan sesuatu yang konkret untuk memajukan diri Anda. Mungkin Anda ingin mendaftarkan nama domain atau akun Twitter, menyusun rencana bisnis satu paragraf, atau meneliti sumber daya tertentu yang mungkin Anda perlukan. Aksi memberikan hasil dan momentum. Semakin banyak yang Anda lakukan, semakin Anda merasa resmi bahwa Anda adalah seorang wirausaha. Dan segera, Anda akan mendambakan perairan yang lebih dalam untuk diselami. Anda akan terus mengambil setiap peluang-peluang yang muncul di hadapan Anda, tanpa sadar Anda telah menyelam jauh.
 
Itulah langkah-langkah yang dapat menjadi tuntunan Anda untuk memulai bidang kewirausahaan. Ingatlah, untuk mencapai kesuksesan, Anda harus berani dan tekun dalam melakukannya. Semua tuntunan di atas mungkin terlihat mudah, namun sangat sulit ketika Anda jalani pada kenyataannya. Jangan mudah untuk menyerah dan berhenti. Tetaplah bergerak, dan buat kemajuan. Usaha apapun yang Anda jalankan, semakin Anda giat semakin Anda dekat dengan kesuksesan. Dan jika dunia kewirausahaan dilambangkan sebagai lautan, mulailah dari titik terdangkal, teruslah bergerak menyelam ke dalam sampai nantinya Anda menyadari bahwa Anda telah menyelam jauh. Selamat menyelami kesuksesan Anda. 

Featured Career Advice