Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Percaya Diri Dimulai dari Diri Sendiri

Percaya Diri Dimulai dari Diri Sendiri


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 

Pengertian Percaya Diri

Percaya diri atau kepercayaan diri adalah suatu perasaan yang sangat kuat yang berasal dari diri sendiri. Percaya diri adalah kepercayaan yang kuat dari dalam diri bahwa segala kemampuan, keahlian atau bakat yang kita miliki akan berguna atau bermanfaat dalam segala hal yang kita lakukan. 
 
Kehadiran rasa percaya diri sangatlah spesial. Mengapa begitu? Karena tidak semua orang berani mengasah rasa percaya diri yang mereka miliki dari dalam. Mereka yang berhasil ‘menajamkan’ rasa ini akan memiliki peluang yang lebih banyak untuk dapat meraih peluang-peluang emas yang dapat membawa mereka menuju perubahan besar yang bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan dan karier mereka. 
 
Sebenarnya, semua orang memiliki rasa percaya diri di dalam diri mereka, namun seringkali mereka tidak menyadarinya atau tidak ingin mengembangkannya. Meskipun begitu, rekan-rekan Career Advice tidak perlu khawatir, karena kami akan menyediakan informasi terkait langkah-langkah untuk menjadi lebih percaya diri, sehingga semua rekan-rekan Career Advice bisa menumbuhkan rasa kepercayaan diri dari dalam diri Anda masing-masing. 
 
Sebelum rekan-rekan Career Advice membaca lebih lanjut terkait langkah-langkah yang akan kami berikan, mari kita lihat apa saja hal-hal yang membedakan orang yang percaya diri dan kurang percaya diri (mereka adalah orang-orang yang merasa tidak aman). Infografis berikut ini akan menggambarkan perbedaan antara keduanya. 
 
 
Orang-orang yang percaya diri suka memberi pujian, suka belajar dari orang lain, berani mengambil tanggung jawab dari setiap pemikiran, tindakan, perasaan dan hasil yang mereka berikan, bertindak sesuai prinsip hidup yang dimiliki, tidak takut gagal, menyadari dan mengakui kesalahan mereka, selalu berpikir positif, berani mengambil risiko, tidak pernah membicarakan hal negatif tentang orang lain, membuat keputusan dengan cepat, menerima perbedaan dari orang lain, suka menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekitar mereka, tidak pernah berhenti belajar dan berkembang untuk maju. 
 
Sedangkan, mereka yang merasa kurang percaya diri atau merasa tidak aman adalah orang-orang yang berpikir sempit, mencari validasi dari orang lain, selalu beralasan pada hal pekerjaan, selalu berpikir negatif, takut mengambil risiko, selalu ingin di zona aman, suka menghakimi, terlalu khawatir dengan omongan orang lain, dan lain sebagainya. 
 
Sekarang rekan-rekan Career Advice sudah merasa jelas kan dengan perbedaan antara orang-orang yang merasa percaya diri dengan yang tidak. Apabila semua karakteristik yang rekan pembaca miliki lebih banyak pada kolom orang yang percaya diri, itu hebat! Namun apabila sebaliknya, maka rekan pembaca perlu memulai mengasah rasa percaya diri yang tertanam di dalam diri Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
 

Kiat-kiat untuk Menjadi Lebih Percaya Diri

1. Identifikasi Penyebab Utama secara Lebih Spesifik

Setiap kali kita menghadapi permasalahan di dalam hidup, langkah awal dan paling utama yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi penyebab utama dari kurangnya rasa percaya diri yang kita rasakan. Dimana letak kurang kepercayaan diri kita? Kapan kita merasa ragu terhadap diri sendiri? Kapan kita ingin merasa lebih percaya diri? 
 

Bagaimana Caranya?

Coba rekan pembaca luangkan waktu secara khusus untuk bertanya sedalam-dalamnya kepada diri sendiri. Apakah ada hal besar yang membuat Anda merasa sulit percaya diri? Sebagai contoh, rekan pembaca kurang merasa percaya diri untuk berbicara dengan rekan-rekan kerja di kantor karena tidak terlalu fasih Bahasa Inggris. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, rekan pembaca bisa mulai mengambil kursus Bahasa inggris. 

2. Apa yang Paling Membuat Anda Percaya Diri? 

Hanya diri Anda sendiri yang akan mampu menjawab pertanyaan di atas. Segala hal yang dapat membuat saya percaya diri, bisa sangat berbeda dengan apa yang rekan pembaca rasakan. Seseorang akan merasa sangat percaya diri dalam berbicara di depan publik, sedangkan yang lainnya akan merasa gugup yang tidak karuan. Sangat berbeda, bukan? 
 

Bagaimana Caranya?

Coba rekan-rekan pembaca ingat-ingat kembali peristiwa hidup yang telah Anda lalui, peristiwa mana yang paling Anda rasa paling membuat Anda bahagia, tidak canggung, tidak deg-degan dan sangat menikmati tindakan tersebut. Apabila pembaca Career Advice merasakan semua hal itu, dapat dipastikan itu adalah titik kekuatan Anda yang dapat membuat Anda percaya diri secara maksimal. Sekarang, coba rekan pembaca pikirkan tentang “apa yang membuat Anda merasa sangat berdaya pada saat itu?”.
 
Apakah lingkungan kerja Anda? Teman-teman di sekitar Anda? Atau mungkin apresiasi yang akan didapatkan setelah tindakan tersebut? 
 

3. Jujur pada Diri Sendiri

Apakah rekan pembaca pernah melihat orang lain yang berusaha mengikuti apa yang artis idolanya pakai? mulai dari rambut sampai kaki dan melakukan apa yang mereka lakukan, seakan-akan ingin menjadi 100% sama dengan artis idolanya? 
 
Tidak ada yang salah dalam hal ini, namun itu adalah salah satu tanda bahwa mereka tidak merasa percaya diri, karena mereka berusaha menjadi orang lain. Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan jujur pada diri sendiri.

Bagaimana Caranya?

Luangkan waktu sejenak untuk berpikir apa saja yang telah membuat Anda unik dari orang lain. Ini pasti, serius! Rekan pembaca harus percaya bahwa semua orang memiliki keunikannya tersendiri, dan begitu juga semua rekan pembaca Career Advice. Pikir dan tuliskan mengapa kita unik, apa yang kita hargai dan apa saja hal-hal penting dalam hidup kita. 
 

4. Sadarilah bahwa Kita sangat Istimewa

Yap! saya tahu bahwa ini mungkin terdengar sedikit klise, namun afirmasi positif yang kita sampaikan kepada diri sendiri akan memiliki efek yang kuat dan luar biasa terhadap alam bawah sadar kita. 
 

Bagaimana Caranya?

Coba berikan kata-kata positif kepada diri sendiri setiap harinya dan buat ini menjadi dua kali lipat saat kita merasa sedang ragu dan tidak percaya diri. Katakan bahwa “Saya berani, Saya kuat, Saya pintar, Saya cantik / tampan, Saya percaya diri, Saya mudah mengerti, Saya bijak, Saya hebat” Jangan hanya mengatakannya ya, tapi juga resapi, rasakan kata-kata tersebut secara mendalam. 
 

5. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki nasib dan keberuntungan yang berbeda-beda. Mereka yang terlihat sukses mungkin saja sudah merasakan pahitnya perjuangan hidup selama bertahun-tahun lamanya. Kemajuan era digital juga menjadi faktor pendukung untuk kita membandingkan kehidupan yang kita miliki dengan orang lain. 
 

Bagaimana Caranya?

Jauhi segala platform yang membuat rekan pembaca selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Mungkin bisa berhenti melihat insta story orang lain di Instagram, dan berfokus pada pengembangan diri sendiri dengan mengambil kelas online, ikut seminar atau konferensi. Selain itu, apabila rekan pembaca sudah benar-benar meresapi kata-kata positif yang diucapkan pada poin ke-4 di atas, maka rekan pembaca akan lebih merasa puas dengan apa yang Anda miliki dan melupakan apa yang tidak Anda miliki saat ini. Coba rekan pembaca pikir, sudah sejauh mana Anda melangkah sampai bisa sampai di titik yang sekarang ini dan rekan pembaca perlu mengapresiasi setiap pencapaian diri yang sudah diraih. 
 

6. Mempelajari Keterampilan Baru

Apabila faktor yang membuat rekan pembaca tidak percaya diri adalah merasa tidak memiliki kemampuan sebaik dan sehebat rekan-rekan kerja yang lain, maka ini adalah saat yang tepat untuk belajar keterampilan baru atau dengan mencari pengalaman baru di luar zona aman kita. 
 

Bagaimana Caranya?

Sebelum mempelajari keterampilan baru, coba tanyakan diri sendiri “apakah ada area khusus yang saya rasa kurang percaya diri?” dan “bagaimana caranya agar saya bisa merasa percaya diri pada area tersebut?”.
 
Tanyakan pada diri sendiri: Apakah ada area khusus di mana Anda kurang percaya diri? Bagaimana Anda bisa memperluas keahlian Anda di bidang ini? jika sudah bisa menjawab dua pertanyaan utama tersebut, maka segera eksekusi!
 

7. Mengubah ‘Keadaan’ Fisik dan Mental 

Yap, ini adalah salah satu cara tercepat untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang sudah lama ‘tertidur’ di dalam diri kita. 
 
Untuk melakukan hal ini, kita perlu tahu seperti apa keadaan “rasa percaya diri yang sebenarnya?” dan “apa kesan yang kita dapatkan saat mendengar kata ‘percaya diri’ tersebut?”
 

Bagaimana Caranya?

Nah, di bawah ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh rekan-rekan Career Advice: 
- Ingat – Coba rekan pembaca pikirkan suatu momen pada waktu tertentu yang benar-benar membuat Anda merasa percaya diri. Cobalah untuk tenggelam pada perasaan itu dan hidupkan kembali setiap momen yang terjadi pada saat itu. 
- Bayangkan – Coba rekan pembaca bayangkan bagaimana perasaannya jika Anda merasa percaya diri. Bagaimana rekan pembaca akan bertindak? 
- Modeling - Pikirkan tentang seseorang yang rekan pembaca kenal, yang mana orang tersebut memancarkan rasa kepercayaan diri yang penuh dan bayangkan apa yang akan dilakukan orang tersebut? 
 

8. Bergaul dengan Orang-orang yang Penuh Rasa Percaya Diri

Teman-teman yang kita pilih akan membawa pengaruh yang positif atau negatif ke dalam kehidupan kita. Dan, penentunya adalah diri kita sendiri. Apakah kita ingin terbawa positif dengan mereka, atau malah sebaliknya? Kita dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan memilih oleh orang-orang yang berkualitas untuk menghabiskan waktu bersama dan mencontoh sikap positif mereka.

Bagaimana Caranya?

Kelilingi diri dengan orang-orang yang memberikan semangat, kepositifan, dan inspirasi. Belajar bagaimana menjadi seorang yang percaya diri dari mereka, namun tetap mempertahankan keunikan yang kita miliki. 
 

9. Tidak Perlu Takut, Lakukan Saja!

Daripada terus terhanyut oleh perasaan takut, cemas dan tidak percaya diri yang tidak akan pernah ada habisnya, lebih baik kita buang semua perasaan itu dan mulai untuk bertindak. 
 

Bagaimana Caranya?

Coba deh buang jauh-jauh semua perasaan yang meragukan tersebut, dan mulai melangkah. Yap, lakukan saja. Mungkin kita akan berpikir bahwa itu sulit, namun bisa saja saat kita sudah memulainya, segalanya terasa sangat mudah dan ringan.
 

10. Terus Berdoa kepada Tuhan  

Segalanya kembali lagi kepada Tuhan, dari semua usaha yang rekan-rekan Career Advice lakukan dari nomor 1-9, semuanya akan terlihat sia-sia jika kita tidak meminta bantuan dari Tuhan. Dengan bantuan dari Tuhan, segalanya akan menjadi lebih mudah dan ringan. Jadi, jangan lupa untuk terus berdoa ya. 
 
Untuk menjadi lebih percaya diri perlu dimulai dari diri kita sendiri. Kita adalah faktor utama untuk membuat dan mengambil keputusan. Kita dapat memilih ingin percaya diri atau tidak, dan segalanya kembali lagi kepada diri kita sendiri. Jadi, bagaimana rekan-rekan Career Advice? Tunggu apalagi, Yuk kita melatih rasa percaya diri dari dalam diri sendiri. Semangat terus ya, pembaca Career Advice.