×
STUDILMU Career Advice - E-learning adalah Kelas Online yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Profesional
E-learning

E-learning adalah Kelas Online yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Profesional

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Perkembangan teknologi ternyata bukan hanya memudahkan kita untuk membeli sesuatu tanpa harus pergi ke toko, membayar tagihan listrik dan air tanpa harus mengantri dan membeli tiket transportasi umum dengan mudah. Tetapi, teknologi juga memudahkan kita untuk belajar dengan para ahli dimana saja dan kapan saja. 
 
Jika harus memilih, kira-kira pembaca Career Advice akan lebih menyukai belajar di dalam ruangan kelas atau melalui e-learning? Hmm, mungkin sebagian orang akan lebih menyukai belajar di kelas karena jauh lebih mudah berinteraksi dengan para instruktur, namun sebagiannya lagi jauh lebih memilih melalui e-learning. Ditambah lagi dengan kesibukan kerja yang tiada henti membuat mereka sulit untuk datang ke kelas dan belajar. Kabar baiknya, ternyata melalui e-learning itu bisa membantu meningkatkan kemampuan profesional kita loh! Yuk, kita simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini. 

Apa Keistimewaan E-Learning?

Kira-kira apa ya keistimewaan dari e-learning ini, sampai-sampai banyak sekali orang yang lebih memilih metode e-learning ini. 
 
Begitu banyak orang yang menyukai konsep e-learning karena ini terlihat sederhana dan terasa mudah. Daya tarik finansial, yaitu metode e-learning menawarkan para peserta belajar dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Para peserta dapat mengakses pembelajaran dengan sangat mudah dan cepat dalam memilih materi apapun dari subjek yang kita inginkan. Bagaimana dengan waktu dan tempat untuk mengikuti e-learning? Sangat menarik! Kita tidak perlu mengeluarkan ongkos dan terjebak kemacetan untuk pergi belajar bertemu dengan para pengajar. Cukup dengan pulsa internet, membayar paket kelas online dengan murah, duduk di bangku ternyaman di kamar atau ruangan rumah, dan kita bisa menikmati proses e-learning ini. Intinya, kita dapat memilih waktu dan tempat yang nyaman untuk mengikuti e-learning. 
 
Tujuan strategis melalui e-learning adalah untuk memudahkan semua orang dari semua jenis profesi untuk belajar kegiatan profesional, kapanpun dan dimanapun dengan kesempatan pendidikan yang merata melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. 
 
Selama ini, mahalnya biaya belajar di lembaga pendidikan atau kurangnya kemampuan fisik, menjadi penghalang bagi banyak orang untuk menuntut ilmu. Namun, ini semua dapat diatasi dengan mengikuti e-learning. 

Apa Manfaat E-Learning?

Meskipun pembelajaran secara tradisional (tatap wajah langsung dengan instruktur di kelas) juga memiliki banyak manfaat, namun e-learning juga memberikan banyak manfaat untuk kita loh!
 
Beberapa di antaranya adalah berikut ini:
- Kita tidak perlu membayar biaya transport (ongkos) atau mengeluarkan biaya lain yang terkait dengan belajar di kelas. 
- Kita dapat memilih program pelatihan dan materi belajar yang ingin kita pelajari, meskipun sedang berada di luar kota atau luar negeri. 
- Kita dapat memilih lembaga kelas online apapun karena pilihan e-learning sudah semakin banyak. 
- Kita dapat melakukan e-learning dengan menggabungkan pekerjaan dan pendidikan. Maksudnya, meskipun kita adalah seorang karyawan, tetapi kita bisa belajar pendidikan S2 melalui kelas online. 
- Kita dapat mengatur waktu yang tepat untuk belajar, dan berbagai manfaat lainnya.
 

Jenis Program E-Learning

Ada tiga kategori utama lembaga pendidikan yang menyediakan program e-learning, yaitu: 

- Universitas Jarak Jauh

Misalnya, rekan-rekan Career Advice ingin mengambil S2 dengan jurusan bisnis di salah satu universitas terkenal di Amerika Serikat, ada beberapa lembaga pendidikan disana yang menyediakan program sarjana dan magister secara online.
 
Jadi, kita tidak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat dan mengeluarkan biaya mahal untuk tinggal di sana untuk mengambil jenjang S2. Cukup tetap berada di Indonesia dan belajar melalui e-learning.
 

- Universitas Tradisional Menyediakan Pendidikan Online

Bukan hanya universitas dengan jarak jauh, namun beberapa universitas di Indonesia juga sudah menyediakan e-learning untuk para pelajar dan pekerja. Hmm menarik, bukan? 

- Pelatihan dan Kursus Perusahaan

Selain kelas online yang diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan, ada banyak lembaga kelas online yang menyediakan pelatihan dan program khusus kepada para karyawan untuk dapat memperoleh sertifikat dan meningkatkan kemampuan profesional mereka dalam bidang apapun. 

Bagaimana Cara Memilih E-Learning yang Tepat untuk Diri Sendiri?

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan keistimewaan dari e-learning, serta jenis program apa saja yang ditawarkan oleh e-learning, berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa dijadikan sebagai panduan dalam memilih e-learning yang tepat bagi kita. 

1. Struktur Belajar

Sebelum kita memilih kelas online mana yang akan kita ikuti, poin utama yang perlu dilihat adalah struktur kelas online. Struktur kursus memberi kita banyak kesempatan untuk mengatur proses e-learning ini. Ini juga difokuskan untuk semua peserta agar dapat mengatur konten kursus berdasarkan kebutuhan kita masing-masing serta tujuan karier yang kita inginkan. 
 

2. Sarana dan Metode Komunikasi

Ada berbagai metode untuk mengikuti program e-learning, bisa menggunakan email, ponsel, platform online, laptop, televisi interaktif, newsgroup, konferensi audio atau video. Dengan banyaknya pilihan tersebut, kita perlu memilih platform mana yang paling membuat kita nyaman untuk mengikuti kelas online. Pastikan kita memilihnya dengan bijaksana dan tepat agar selalu merasa nyaman dalam belajar. 
 

3. Dukungan dan Kontak dengan Siswa

Poin terpenting lainnya adalah memastikan bahwa ada dukungan online seperti ruang obrolan antara peserta dengan instruktur, papan buletin online dan alat bantu konseling lainnya. Untuk apakah semua itu? Ini bertujuan agar para peserta belajar tidak merasa terisolasi satu sama lainnya, karena proses pembelajaran yang tidak langsung bertatap muka dengan para instruktur. Program yang benar-benar berkualitas adalah melibatkan berbagai metode dan teknik untuk menciptakan suasana interaksi nyata antara peserta dan tutor.

Cara Menggunakan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Profesional

E-learning benar-benar telah memberikan ‘angin segar’ bagi banyak pekerja profesional dalam lingkungan kerja yang serba cepat dan sangat kompetitif ini. Belajar online membantu kita meningkatkan keterampilan dan memperoleh banyak pengetahuan baru, tanpa terganggu dari pekerjaan di kantor. Fleksibilitas dan kenyamanan membuat proses e-learning menjadi lebih santai, terutama bagi mereka yang sangat sibuk dalam kehidupan sehari-hari.
 
Keuntungan dari metode e-learning telah diakui oleh banyak perusahaan besar di seluruh dunia. Metode pembelajaran ini banyak menarik orang dari berbagai jenis profesi dan tingkat umur dengan mengeluarkan biaya yang tidak mahal. 
 
Dengan demikian, perusahaan-perusahaan dapat mengurangi biaya pengembangan staf, sambil mempertahankan pelatihan berkualitas tinggi. Pembelajaran perusahaan online dapat dilakukan selama jam kerja dan setelah jam kerja.
 
Jadi, bagaimana pendapat rekan-rekan Career Advice mengenai metode e-learning? Apakah rekan pembaca tertarik untuk mengikuti e-learning? Jika ya, tunggu apalagi. Yuk segera tentukan platform yang kita inginkan, pilih lembaga kelas online dan materi yang tepat untuk kita. Lalu, mulai dengan e-learning demi meningkatkan kemampuan profesional kita. 
 
 
STUDILMU memiliki produk e-learning atau learning management system atau LMS, yaitu STUDILMU LMS. STUDILMU LMS sangat mudah digunakan dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih detail, silakan klik link ini: STUDILMU LMS. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice. 

Featured Career Advice