STUDILMU Career Advice - Mengapa Perlu Coach? Ini 7 Alasannya.

Mengapa Perlu Coach? Ini 7 Alasannya.


by Studilmu Editor
Posted on Mar 04, 2019

 
Pelatihan kehidupan bukanlah hanya untuk coba-coba. Ini adalah layanan yang sangat berguna dan praktis untuk membuat seseorang bertahan. Pelatihan kehidupan merupakan sebuah kemitraan yang dapat mengubah hidup. Tentunya ini dapat mencapai seseorang untuk mencapai kemampuan maksimal yang dimilikinya. 
 
Apakah rekan pembaca Career Advice telah memiliki seorang coach dalam kehidupan Anda? Ini  bukanlah sebuah konseling. Apa perbedaan pelatihan kehidupan dengan konseling? Konseling membantu Anda untuk mengatasi permasalahan kehidupan, seperti tekanan, depresi dan ditinggalkan seseorang yang dicintai. Sedangkan pelatihan membantu Anda untuk menentukan tujuan dan impian, seperti promosi jabatan, menulis buku atau berhasil mengurangi berat badan. 
 
Setiap praktik pelatihan kehidupan tentu berbeda, tetapi pelatihan kehidupan adalah suatu hal yang dibutuhkan individu untuk bermitra dengan seorang coach. Sehingga ia mendapatkan nasihat dan dorongan untuk mencapai tujuan pribadi dan tujuan karier yang dimiliki.
 
Seberapa pentingkah peran seorang coach dalam menunjang kesuksesan kita? Berikut adalah 7 alasan mengapa setiap rekan pembaca memerlukan seorang coach. 
 
1. Menemukan Tujuan Hidup Anda.
Setiap orang menginginkan kehidupan yang berharga, maka kita memiliki tujuan dalam hidup kita. Namun, beberapa dari kita masih belum memiliki tujuan yang jelas. Nah, seorang pelatih karier dapat membantu rekan pembaca untuk menemukan tujuan yang jelas. Pengalaman-pengalaman yang kita miliki di masa lalu dapat menjadi referensi Anda dalam menemukan makna kehidupan. 
 
Coach kehidupan Akan membantu Anda menemukan potensi yang Anda miliki. Coach juga dapat membantu Anda memroses pengalaman masa lalu dan mencari makna serta tujuan kehidupan Anda. Ini merupakan hal yang positif.
 
Lalu, coach juga membantu Anda menemukan dan membuat rencana nyata yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan. Anda bisa saja mencintai pekerjaan saat ini, tetapi tidak berarti bahwa itu adalah tujuan akhir yang Anda miliki. Setiap rekan pembaca mungkin menginginkan sesuatu yang lebih. Dan seorang pelatih akan membantu Anda untuk menemukan tujuan itu sekalipun Anda tetap bekerja dalam pekerjaan saat ini.
 
Coach juga dapat membantu Anda untuk mendiskusikan pilihan yang ada dalam pikiran Anda dan di luar pikiran Anda. Coach membantu Anda untuk meneliti setiap pilihan dan memutuskan pilihan terbaik. Seorang coach kehidupan juga membantu Anda dalam membuat tujuan dan mengingatkan Anda untuk tetap fokus dalam mengejar tujuan tersebut. 

2. Menemukan Jawaban dalam Diri Sendiri.
Apakah rekan pembaca merasa bahwa saat ini Anda telah menjadi sempurna? Apakah Anda telah mencapai semua hal yang Anda inginkan dalam hidup? Apakah tidak ada lagi hal-hal yang perlu ditingkatkan? Jika jawaban Anda adalah tidak, maka disinilah Anda dapat merasakan keuntungan memiliki coach. Coach akan membantu Anda untuk menemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam hidup. Mereka tidak memiliki jawaban dalam diri mereka, mereka hanya membantu Anda untuk menemukan jawabannya dalam diri Anda sendiri.
 
Terkadang kita tidak mengetahui potensi besar yang kita miliki. Oleh karena itu, seorang coach karier yang tepat akan membantu Anda menemukan jawaban dari hal-hal yang Anda cari, dan itu ada dalam diri Anda sendiri. 
 
Para coach akan memberikan energi positif. Mereka menyemangati dan membuka Anda terhadap ide-ide dan pemikiran positif. Keinginan yang mereka miliki adalah membantu Anda menemukan jawabannya dalam diri Anda sendiri, sekalipun Anda tidak merasa yakin. Mereka akan menuntun Anda. Anda cukup mempercayai prosesnya dan diri Anda sendiri.  
 
3. Mengembangkan Cara untuk Membuat Kemajuan
Ketika Anda mengetahui tujuan dengan jelas, Anda akan memiliki gairah, keinginan, harapan, dan Anda mulai melakukan sesuatu. Coach karier membantu Anda mengembangkan rencana aksi nyata tahap demi tahap untuk mencapai tujuan. 
 
Misalnya, Anda bertujuan ingin membantu anak-anak yang mengidap kanker dengan membuat buku yang menjelaskan cara mengatasi kanker pada anak-anak. Maka, coach karier akan membantu Anda dalam membuat perencanaan untuk mendapatkan ilustrasi dan pemikiran-pemikiran tentang menerbitkan buku tersebut. Diskusi ini akan membantu Anda untuk melakukan brainstorming tentang hal-hal yang diperlukan untuk menulis dan menerbitkan buku tersebut.
 
Apapun tujuan Anda, coach kehidupan akan membantu Anda dalam memahami hal-hal yang Anda perlukan untuk mewujudkan tujuan yang Anda miliki. Mereka membantu Anda untuk memiliki langkah yang nyata dan realistis untuk mengarahkan Anda kepada tujuan Anda.
 
4. Membuat dan Mencapai Tujuan bersama Seseorang yang Anda Percayai
Sehebat apapun Anda merancang tujuan, Anda akan tetap menemukan hal-hal yang menghalangi untuk mencapai tujuan. Coach karier akan membantu untuk membagi tujuan besar menjadi tujuan-tujuan kecil dan membantu Anda menentukan tenggat waktu yang tepat untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Ini akan membantu Anda untuk terus bergerak maju dan memiliki tugas-tugas yang lebih mudah untuk dicapai.
 
Mereka juga mengingatkan Anda akan tenggat waktu dan hal yang harus dicapai dalam tenggat waktu tersebut. Ini akan menjaga motivasi Anda karena Anda tahu bahwa Anda memiliki seseorang yang dipercaya yang dapat membantu menyelesaikan setiap hal tepat pada waktunya. 
 
5. Mewujudkan Impian yang Dimiliki
Apakah Anda memiliki impian yang telah tersimpan lama? Inilah saatnya untuk membuat perubahan. Wujudkan impian tersebut. Coach karier akan membantu Anda menemukan faktor-faktor yang menahan impian tersebut sehingga Anda dapat menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi setiap rintangan.
 
6. Menjadi Penyemangat Pribadi
Hidup akan terasa lebih baik ketika kita memiliki seorang penyemangat pribadi. Coach kehidupan Anda dapat menjadi pemandu sorak pribadi Anda. Hal yang sangat baik ketika Anda tahu bahwa ada seseorang yang berjalan di samping Anda dalam proses yang Anda miliki. Teman-teman Anda mungkin sangat antusias dan baik juga, tetapi mereka tidak akan sama dengan pelatih karier Anda. 
 
7. Meningkatkan Pemahaman Diri dan Kepercayaan Diri
Ketika Anda mengenal diri sendiri, Anda akan menjadi lebih percaya diri. Coach karier membantu Anda untuk benar-benar mengenal diri Anda sendiri. Mereka tidak akan mengatakan hal-hal yang harus dilakukan atau cara untuk melakukannya. Mereka akan memberikan Anda pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan hal-hal yang bahkan Anda tidak sadari.
 
Terkadang Anda berpikir bahwa kesalahan yang terjadi dikarenakan Anda tidak memiliki kemampuan. Jangan menerima kepalsuan ini. Dengan memiliki coach karier, Anda akan mampu mengatasi pikiran-pikiran ini sehingga Anda dapat menjadi lebih percaya diri. 
 
Itulah 7 poin pentingnya memiliki coach karier dalam kehidupan Anda. Selamat menemukan coach karier yang tepat dan mencapai kesuksesan Anda, pembaca Career Advice.

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z