×
STUDILMU Career Advice - 25 Cara Jitu Mencintai Pekerjaan Anda Lagi
Self Improvement

25 Cara Jitu Mencintai Pekerjaan Anda Lagi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo, pembaca Career Advice yang kece dan smart. Ups, apakah pembaca sedang merasa bosan dengan pekerjaan saat ini? atau, merasa hilang arah dengan karier Anda. Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini, kita akan membahas 25 cara jitu yang super simple dan menarik untuk diterapkan agar kita semua dapat mencintai pekerjaan lagi saat ini. Penasaran apa saja cara-caranya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 
 

1. Membawa Camilan Kebahagiaan Setiap Hari Senin

Pekerjaan yang menumpuk seringkali membuat kita menjadi tegang sangking terlalu fokusnya. Nah, agar semakin nyaman dalam mengerjakan segala tugas kerja yang ada. Kami menyarankan pembaca Career Advice untuk membawa camilan kebahagiaan setiap hari Senin. Camilan ini untuk Anda dan kolega lainnya. Kenapa harus hari Senin? Karena sebagian besar karyawan merasa belum bersemangat untuk bekerja kembali di hari Senin, setelah menikmati akhir pekan mereka. Jadi, ciptakan kenyamanan kerja di hari Senin dengan camilan kebahagiaan yang kita bawa ke kantor. 
 

2. Jalan-jalan Setiap Sebulan Sekali

Coba deh buat jadwal untuk jalan-jalan minimalnya satu bulan sekali. Ini tidak hanya merilekskan otot-otot yang tegang karena lelah bekerja, namun juga menciptakan memori baru antara Anda dan kolega. 
 

3. Jangan Bekerja dalam Keadaan Gelap

Faktanya, ada banyak penelitian tentang pentingnya cahaya. Jika meja kantor kita kurang mendapat cahaya matahari dari jendela atau dari lampu ruangan, coba usahakan untuk meningkatkan cahaya tersebut. Cahaya juga berkontribusi pada efisiensi dan kebahagiaan kita loh rekan-rekan!

4. Percantik Meja 

Ini sangat berpengaruh bagi para karyawan wanita. Kebanyakan dari mereka suka jika ada vas bunga yang harum di atas mejanya, atau beberapa bingkai foto dengan orang-orang tersayang. Hiasi meja kantor kita dengan secantik, serapi dan sebersih mungkin. 

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling terpenting. Selain itu, sarapan juga akan membantu kita menjadi lebih produktif dan mencegah kita ngemil snack yang tidak sehat di siang harinya. Jadi pembaca Career Advice jangan sampai skip sarapan, ya.

6. Tidur Siang yang Singkat

Pembaca Career Advice pernah dengar ga bahwa tidur siang selama kurang lebih 15 menit memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan kita. Saat kita terbangun dari tidur siang, pikiran kita akan menjadi segar kembali. 

7. Berjalan-jalanlah di Sekitar Blok Kantor

Pembaca bisa berjalan-jalan sendirian atau bersama-sama dengan kolega untuk sekedar berjalan sekitar blok tempat kerja. Bagaimana jika di luar terlalu panas? Pakai payung atau gunakan topi, dong. Dengan berjalan-jalan, kita membantu aliran darah di tubuh kita menjadi lancar kembali setelah berjam-jam duduk di depan laptop. 

8. Bicaralah dengan Kolega yang Belum Kita Kenal dengan Baik

Kebahagiaan di kantor juga bisa didapatkan dengan mengobrol bersama kolega lain yang belum terlalu kita kenal. Kita dapat menemukan hal baru yang menarik dari mereka. Apalagi jika ternyata mereka memiliki hobi atau makanan favorit yang sama seperti kita, pasti tambah seru deh!

9. Makan-makan dengan Kolega

Siapa disini yang suka makan-makan dengan kolega? Jika pembaca Career Advice melakukannya, itu bagus! Ini dapat mempererat hubungan kita dengan kolega dan membuat kita semakin jatuh cinta dengan pekerjaan sekarang. 

10. Buat Daftar Tugas setiap hari

Memulai kegiatan setiap hari dengan jadwal yang sudah tertata rapi akan membuat pekerjaan semakin efisien. Jika pembaca belum mempunyai daftar tugas, yuk buat daftarnya agar pekerjaan menjadi semakin mudah. 

11. Beli Baju baru

Apakah pembaca Career Advice suka belanja? Wah, ternyata dengan membeli beberapa pakaian baru dapat meningkatkan kepercayaan diri kita saat bekerja loh! 

12. Lomba Tulisan Singkat

Coba deh buat kompetisi tulisan singkat yang lucu dan menarik setiap minggunya. Tempel gambar atau meme di lemari es kantor di pantry dan tantang kolega kita untuk membuat judul tulisan yang paling lucu. Ini bisa berupa pantun atau puisi yang berkaitan dengan dunia kerja, tapi harus menarik dan tidak membosankan ya!

13. Pergi ke seminar pengembangan profesional

Pertahankan posisi pembaca Career Advice di atas game. Selalu dorong diri kita untuk mencapai level berikutnya, dan jangan mudah puas dengan pencapaian yang sudah kita dapatkan sekarang. 
 

14. Baca buku tentang industri Anda

Jika kantor tidak mensponsori kita untuk menghadiri konferensi, jangan khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma. Kita bisa mengembangkan keterampilan profesional dengan membaca beberapa buku tentang industri kita saat ini. 

15. Memiliki Target Baru

Melakukan hal yang sama hari demi hari, tahun demi tahun, dapat menjadi hal yang cukup membosankan. Mungkin pembaca Career Advice dapat mencoba untuk menentukan target atau tujuan hidup yang baru, sehingga hidup terasa ‘greget’ kembali.

16. Buat Daftar Hal yang Kita Sukai

Nah, ini sangat berpengaruh terutama ketika kita merasa sedih dengan pekerjaan sekarang. Buatlah daftar apa saja hal yang kita sukai tentang pekerjaan kita sekarang. Setelah membuat daftar tersebut, pasti kesedihan kita akan hilang deh. 

17. Berlibur

Duh, siapa yang tidak mencintai liburan? Saya yakin hampir semua orang menyukai liburan. Nah, untuk jatuh cinta kembali ke pekerjaan kita, ambil cuti berlibur sebentar dan kita akan kembali dengan pikiran yang lebih segar, tentunya mencintai pekerjaan kita kembali. 

18. Nikmati Waktu dengan Menonton Film atau Video Tentang Bidang Kita

Sedang memiliki waktu luang, tapi ingin meningkatkan pengetahuan tentang bidang kerja kita? Coba mampir ke internet dengan mencari film atau video-video yang menarik dan berkaitan dengan bidang pekerjaan kita. Dijamin kita tambah bangga dengan pekerjaan kita sekarang. 

19. Buat Kaos Grup

Buat kaos yang sama desainnya dengan kolega dan bos, wah pasti menyenangkan ya. Apalagi kaos ini bisa menjadi simbol kebersamaan kalian dengan tim. Jangan lupa masukkan logo dan moto yang tim kalian juga ya.

20. Pakai Baju Casual Setiap Hari Jum’at

Coba deh ajukan ide untuk membuat kompetisi baju casual setiap hari Jum’at, siapa yang paling fashionable akan menjadi pemenangnya, dan pemenang akan mendapatkan hadiah. Tidak perlu hadiah yang mahal, coklat juga bisa dijadikan hadiah. Anggap saja ini sebagai acara seru-seruan. 
 

21. Buat Potluck. Hmm Yummy!

Jadwalkan potluck sebulan sekali, di akhir atau di awal bulan mungkin saat mendekati dengan tanggal gajian. Setiap orang membawa satu jenis makanan atau minuman, dan makan bersama-sama setelah jam kerja selesai. Seru banget kan?
 

22. Jadilah Pemberi Solusi

Kehidupan kantor cukup sulit dan pastinya akan ada banyak tantangan. Nah, untuk terus dapat mencintai pekerjaan kita, diperlukan peranan dari setiap individu yang membawa kedamaian, menjadi pemecah masalah. 
 

23. Memberi Pujian kepada Rekan Kerja

Rekan-rekan Career Advice, kita tidak akan pernah tahu kapan seseorang mengalami hari yang buruk. Kata yang baik dapat membuat perbedaan besar di hari seseorang.
 

24. Memberi Pujian kepada Rekan Kerja

Apakah pembaca pernah merasa kagum dengan kinerja kolega Anda? Jika “ya”, jangan sungkan untuk memberikan mereka pujian. Dengan bersikap positif seperti ini, akan memberikan aura positif juga kepada kita yang memuji mereka. Hasilnya? pekerjaan akan menjadi semakin indah. 

25. Lakukan Satu Hal Baik Setiap Hari

Poin terakhir juga tidak kalah hebatnya nih. Coba deh lakukan minimal satu hal baik setiap harinya untuk orang-orang di sekitar kita. Misalnya, membuat secangkir kopi untuk kolega, membantu tugas kolega yang terlalu banyak (tentunya, jika kita masih bisa mengerjakannya). Karena kita akan mendapatkan apa yang kita usahakan. 
 
OK pembaca setia Career Advice. Itu dia 25 cara jitu agar kita mencintai pekerjaan lagi dan lagi. Ingat ya, mencintai pekerjaan lagi itu mudah loh! Tapi, mempertahankan cinta adalah hal yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Jadi, segera praktikkan ya. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice. 

Featured Career Advice