×
STUDILMU Career Advice - Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?
Self Improvement

Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 

1. Pekerjaan sampingan dapat melatih keterampilan baru pada karyawan di luar jam bekerja.

Tidak perlu susah payah untuk mengadakan pelatihan yang berlebihan untuk para karyawan kita. Cukup dukung mereka untuk memiliki pekerjaan sampingan yang benar-benar mereka inginkan. Dengan begitu, mereka akan mengasah keterampilan-keterampilan baru yang mungkin saja tidak pernah mereka dapatkan selama di kantor. Nantinya, semua keterampilan tersebut juga akan berguna bagi organisasi atau perusahaan kita. 
 

2. Karyawan yang Memiliki Pekerjaan Sampingan akan Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif

Mereka bukan hanya menjadi seorang yang lebih ahli dalam bidang yang dijalankan, namun otak mereka juga akan terdorong untuk berpikir secara lebih kreatif dan inovatif. Kerja sampingan akan membuat mereka untuk bekerja di luar zona nyaman, bertemu dengan banyak orang yang tidak terduga, dan menghadapi karakter orang yang berbeda-beda. Pekerjaan sampingan akan membuat karyawan untuk terlatih dalam berpikir cepat dan menghasilkan ide-ide di luar batas. 
 

3. Sebagian Besar Karyawan tetap Ingin Memiliki Pekerjaan Penuh Waktu (Full-Time). 

Stigma negatif yang tersebar pada karyawan dengan pekerjaan sampingan adalah mereka sedang mempersiapkan diri untuk keluar dari pekerjaan utama. Nyatanya ini tidak selalu benar loh, rekan-rekan. 
 
Hasil survei yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 71% karyawan yang memiliki pekerjaan sampingan tetap ingin bertahan pada pekerjaan utama mereka dan memiliki penghasilan utama yang tetap. Bahkan, 76% dari mereka tidak berencana untuk mempertahankan pekerjaan sampingan dalam jangka panjang. Lalu, haruskah kita masih ragu untuk mendorong karyawan agar memiliki pekerjaan sampingan? Jawabannya, tentu saja tidak.
 
Tentu saja bagi Anda yang memiliki kerja sampingan, Anda harus bisa mengelola waktunya dengan baik. Jangan sampai kerja sampingan, justru mengganggu pekerjaan utama. Karena iika itu terjadi, maka akan repot bagi Anda juga. Pekerjaan utama akan kurang maksimal, yang pada gilirannya Anda akan dinilai tidak memiliki kinerja yang baik. Itu sebabnya, bagi Anda yang belum bisa mengatur waktu dengan baik dan energi yang terbatas, sebaiknya berpikir ulang memiliki kerja sampingan. Ada baiknya Anda fokus ke pekerjaan utama Anda dan belajar mengelola waktu dengan baik terlebih dahulu, setelah mahir, baru memikirkan untuk memiliki pekerjaan sampingan.
 
Setelah menyimak artikel ini, kami berharap rekan-rekan Career Advice semakin bersemangat untuk bekerja. Semoga artikel-artikel kami bisa terus menginspirasi rekan-rekan pembaca. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.
1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice