×
STUDILMU Career Advice - Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?
Self Improvement

Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Selain itu dari daftar kerja sampingan yang tersedia, ada banyak peluang usaha sampingan karyawan yang bisa kita pilih sesuai dengan kepribadian dan waktu kerja dari pekerjaan utama kita. Misalnya, ada daftar usaha sampingan karyawan pabrik, daftar kerja sampingan karyawan shift, dan masih banyak lagi. 
 
Kenyataannya, kerja sampingan bukan hanya memiliki banyak peluang bagi kita, namun kerja sampingan juga menawarkan banyak manfaat yang perlu kita ketahui loh, rekan-rekan. Menurut website wise bread dot com, ada 6 manfaat yang bisa kita raih saat kita memutuskan untuk menjalankan kerja sampingan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.
 

6 Manfaat Kerja Sampingan

 

1. Mendapat Penghasilan Tambahan tanpa Harus Mengeluarkan Energi Ekstra pada Pekerjaan Utama. 

Kebanyakan orang memutuskan untuk kerja sampingan karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari penghasilan utama mereka. Jadi, tidak heran jika manfaat utama yang akan kita dapatkan adalah jumlah uang di rekening bank yang semakin “menggendut”. Hal ini menjadi pertimbangan yang sangat serius, terutama bagi mereka yang merasa mandek dalam kariernya. Ketika kita merasa kesulitan untuk mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji, meskipun sudah bekerja dengan sangat keras dan tekun, maka kerja sampingan adalah solusi kegalauan karier Anda. 
 
Rekan pembaca tidak perlu capek-capek untuk bekerja lembur di kantor lagi, karena kerja sampingan Anda sudah menanti. Selain itu, kerja sampingan juga sangat bermanfaat bagi mereka yang suka berinvestasi. Mereka bisa mengalokasikan hasil pendapatan kerja sampingan untuk diinvestasikan kembali di bank atau pada peluang usaha lain. Nantinya, gaji dari pekerjaan utama mereka bisa dialokasikan secara khusus untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik dan investasi bisa jalan terus deh. 
 

2. Membangkitkan Gairah dan Semangat Baru. 

Kerja sampingan bukan hanya menambah pendapatan kita, namun kita akan memiliki gairah dan semangat baru dalam menjalani kehidupan. Katakanlah pekerjaan utama rekan pembaca bukanlah sesuatu yang rekan pembaca minati, atau bukan dalam lingkup bidang yang Anda suka. Nah, melalui kerja sampingan ini rekan pembaca bisa menyalurkan apa yang menjadi hobi atau minat Anda ke dalam peluang usaha sampingan. 
 
Ketika kita bekerja untuk sesuatu yang kita sukai, maka kita akan lebih berdedikasi dan memberikan kinerja terbaik pada pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, Rena adalah seorang karyawan yang bekerja sebagai akuntan. Setiap hari dia harus berkutat dengan angka-angka di kantor. 
 
Namun, Rena memiliki hobi lain yaitu, melukis di atas kanvas. Melalui hobinya tersebut, Rena selalu meluangkan waktu sepulang kerja untuk melukis dan dia membuka pameran lukisan di halaman depan rumahnya setiap hari Sabtu dan Minggu. Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang akuntan, Rena tidak pernah merasa lelah untuk melukis. Bahkan, dia merasa sangat tertantang dan selalu bersemangat. Dari contoh tersebut, kita bisa melihat bagaimana kerja sampingan yang dilakukan berdasarkan hobi dapat membuat hidup kita menjadi lebih berwarna. 
 

3. Rasa Percaya Diri Kita akan Semakin Meningkat. 

Selain menambah penghasilan utama dan membangkitkan semangat baru, kerja sampingan juga akan membuat kita semakin percaya diri loh, rekan-rekan. Ketika kita berhasil menjalankan kerja sampingan dengan baik, kita akan semakin percaya pada diri sendiri bahwa kita dapat menjadi orang yang mandiri, yang berdiri di atas kaki sendiri tanpa harus meminta bantuan kerja dari orang lain. 
 
Kita juga semakin menyadari bahwa kita dapat mengatur manajemen finansial dari hasil kerja sampingan dengan baik. Mengapa demikian? Karena ketika kita menjalankan kerja sampingan, kita adalah pekerja sekaligus pengatur keuangannya. Dalam kerja sampingan, kita akan belajar banyak keterampilan baru yang mungkin belum pernah kita pelajari sebelumnya . Misalnya, bagaimana cara bernegosiasi dengan pelanggan baru, bagaimana membuat desain poster promosi, bagaimana menentukan diskon harga, dan lain sebagainya. Semakin bertambahnya skill atau keterampilan yang kita miliki, secara tidak langsung kepercayaan diri kita juga akan semakin meningkat. 

Featured Career Advice