Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?

Kerja Sampingan: Definisi, Manfaat dan Mengapa Ini Penting untuk Karyawan?


STUDILMU Users
by STUDiLMU Editor

Apa Itu Kerja Sampingan?

Semakin mahalnya biaya hidup membuat banyak orang memutuskan untuk mencari kerja sampingan atau side job agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kerja sampingan juga kerap disebut sebagai usaha sampingan. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan kerja sampingan? Kerja sampingan adalah pekerjaan lain yang kita lakukan di luar pekerjaan utama yang bertujuan untuk menyalurkan minat lain atau untuk menambah penghasilan. Ada dua macam kerja sampingan yaitu, kerja sampingan online dan kerja sampingan offline. 
 

Kerja Sampingan Online

Diprediksi, daftar kerja sampingan 2020 menunjukkan angka yang semakin meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa demikian? Karena teknologi semakin berkembang dengan pesat, sehingga memudahkan banyak orang untuk berinovasi dengan bidang pekerjaan mereka. Hal ini juga lah yang membuka peluang bagi banyak orang untuk kerja sampingan online. 
 
Apakah rekan pembaca ingin mencari kerja sampingan tanpa modal banyak? Tenang saja, peluang usaha sampingan tanpa modal banyak bisa rekan-rekan pembaca dapatkan dari kerja sampingan online. Menjalankan kerja sampingan di dunia online tidak mengharuskan kita untuk menyewa tempat sebagai lokasi bisnis. Internet, media sosial, dunia online dan seisinya cukup menjadi platform yang kuat untuk kita berbisnis. Bukan hanya irit modal, namun kerja sampingan online juga memberikan waktu kerja yang lebih fleksibel. Misalnya, kerja sampingan sabtu minggu yang bisa diterapkan oleh para karyawan kantor yang ingin bersantai-santai di rumah, namun tetap ingin menjalankan bisnis. 
 

Kerja Sampingan Offline

Salah satu contoh kerja sampingan offline adalah kerja sampingan di rumah atau usaha sampingan di rumah dengan membuka toko kelontong atau yang biasa kita sebut sebagai warung. Supaya pekerjaan utama kita tidak terganggu, mungkin kita bisa membuka toko kelontong ini mulai dari sore hingga malam, sehingga sepulang kerja kita bisa langsung menjalankan kerja sampingan ini. Alternatif lain, kita bisa merekrut satu orang pegawai atau meminta bantuan salah satu anggota keluarga untuk menjaga toko kita saat kita sedang bekerja di kantor. 
 
Eits, usaha sampingan membuka toko kelontong bukan hanya menjadi usaha sampingan di desa loh, rekan-rekan. Namun, sudah banyak sekali orang-orang kota yang menjalankan kerja sampingan seperti ini. 
Halaman Sebelumnya 1234