STUDILMU Career Advice - Kalimat Penyemangat Hidup

Kalimat Penyemangat Hidup


by Studilmu Editor
Posted on Mar 07, 2019

 
Perasaan bosan, merasa terganggu, tidak fokus atau merindukan rumah dan keluarga adalah suatu hal yang normal. Bahkan bisa dikatakan hal – hal tersebut sangatlah normal. Namun, hal-hal tersebut seringkali mengganggu pikiran dan konsentrasi kita dalam bekerja. Saya mengerti bahwa mengubah suasana hati sangatlah tidak mudah namun, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. 
 
Pada artikel ini, saya akan menyampaikan beberapa kalimat penyemangat hidup yang dapat kita sampaikan pada diri sendiri agar suasana hati dapat berubah menjadi lebih ceria dan kembali bekerja dengan fokus.
 
Saat kita merasa lelah, katakan ini pada diri sendiri:
Saya tahu saya lelah dan saya sangat ingin untuk beristirahat. Namun, saya harus ingat bahwa sekarang saya sedang bekerja di kantor dan saya harus bekerja dengan sebaik mungkin untuk menjadi yang terbaik. 
 
Saat kita merasa frustasi dengan rekan kerja, katakan ini pada diri sendiri:
Saya tahu bahwa saya tidak bisa mengontrol apa yang orang lain lakukan terhadap saya. Namun, saya bertanggung jawab atas segala hal yang saya lakukan. Saya tidak boleh membiarkan orang lain menjatuhkan semangat saya dalam bekerja. Kehadiran saya di kantor adalah untuk bekerja dan memberikan usaha yang terbaik dalam menyelesaikan tugas-tugas saya. 
 
Saat kita merasa bersalah karena telah menunda-nunda pekerjaan, katakan ini pada diri sendiri:
Saya masih memiliki sisa waktu di hari ini. Saya masih hidup dan saya masih dalam keadaan sehat. Saya begitu yakin bahwa saya masih belum terlambat untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang telah saya tunda selama ini. Saya pasti bisa menyelesaikan semua tugas-tugas saya sebelum hari ini berakhir. 
 
Ya, saya begitu yakin bahwa saya masih memiliki sisa waktu untuk mengubah diri saya menjadi yang terbaik. 
 
Saat kita merasa pekerjaan yang telah dilakukan tidak dihargai, katakan ini pada diri sendiri:
Saya tidak harus menjadi pusat perhatian untuk membuktikan bahwa apa yang saya kerjakan telah memberikan dampak yang positif untuk orang lain. 
 
Kenyataannya, jika apa yang saya kerjakan telah membantu kehidupan orang lain menjadi lebih baik daripada sebelumnya, maka saya telah meraih sebuah kesuksesan yang nyata. 
 
Saat kita sedang merasa ketakutan dengan beban kerja yang dimiliki, katakan ini pada diri sendiri:
Saya tidak harus menyelesaikan segalanya hari ini namun, saya harus mengerjakan sesuatu hari ini dengan sebaik mungkin. Saya akan memilih satu atau dua tugas yang akan saya kerjakan pada hari ini dan menyelesaikannya dengan sepenuh hati. 
 
Saat kita sedang merasa kecewa karena dimarahi oleh manajer atau atasan, katakan ini pada diri sendiri:
Saya memang merasa sangat kecewa dengan apa yang dikatakan bos tadi. Saya tahu bahwa saya benar-benar kesal. Tapi, saya harus mengambil sisi positif dari apa yang bos katakan kepada saya. Semua yang bos sampaikan adalah untuk pengembangan diri saya sendiri. Ini adalah sesuatu yang wajar untuk dilakukan, karena setiap atasan pasti ingin karyawannya menjadi yang terbaik. 

Saat kita sedang merasa kesal menghadapi klien yang menyulitkan pekerjaan kita, katakan ini pada diri sendiri:
Saya adalah apa yang saya lakukan terhadap orang lain, jika orang lain bersikap sangat menyebalkan dan menyulitkan kehidupan atau pekerjaan saya, maka saya tidak boleh membalas dengan hal yang sama. Yang harus saya lakukan kepada mereka adalah membantu mereka dengan sepenuh hati. Mungkin mereka sedang merasa kalut dan kebingungan, sehingga tanpa disadari mereka menyusahkan orang lain. Saya harus tetap tenang, sabar, senyum dan membantu mereka dengan sebisa mungkin.
 
Saat kita sedang merasa demotivasi (tidak termotivasi), katakan ini pada diri sendiri:
Sekarang saya memang sedang tidak bersemangat, tapi saya tidak boleh membiarkan diri saya seperti ini selama seharian. Pekerjaan yang saya miliki sekarang adalah sebuah anugerah yang tak ternilai dari Tuhan, maka saya harus benar-benar menghargai pekerjaan yang saya miliki sekarang ini. 
 
Ada begitu banyak orang-orang di luar sana yang tidak memiliki pekerjaan, tidak memiliki penghasilan, bahkan mereka tidak memiliki rumah dan tidak tahu harus makan apa. 
 
Tidak hanya itu, ada banyak orang di luar sana yang memiliki pekerjaan, namun pekerjaan mereka sangat sulit dan berat. Tidak jarang mereka harus menggadaikan nyawa mereka demi mendapatkan uang rupiah dan sesuap nasi. Bersyukurlah kita yang hanya harus pergi ke kantor untuk mencari nafkah. 
 
Rekan-rekan Career Advice harus selalu ingat bahwa kita perlu mencintai dan menyayangi diri sendiri terlebih dahulu sebelum kita mencintai pekerjaan yang kita miliki. Wajar jika kita pernah merasa sedih, karena kita tetaplah seorang manusia yang mungkin akan merasa sedih, bosan atau tidak fokus dengan suatu hal yang sedang dihadapi sekarang. Namun, disisi lain kita juga harus tetap menyelesaikan segala tanggung jawab yang kita miliki dengan sebaik mungkin. Ucapkanlah kalimat-kalimat penyemangat hidup di atas kepada diri kita sendiri saat benar-benar merasa memerlukan motivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Tidak ada penyemangat diri yang jauh lebih baik dari diri kita sendiri. Meskipun kita membaca setumpuk buku-buku motivasi diri, namun jika segalanya tidak dimulai dari diri kita sendiri, maka hal itu akan sia-sia saja. 
 
Selamat Mencoba rekan-rekan Career Advice, semoga hari-hari Anda menjadi lebih menyenangkan di kantor dengan menerapkan kalimat penyemangat hidup di atas. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z