Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 8 Kebiasaan Orang Sukses sebelum Pukul 08.00

8 Kebiasaan Orang Sukses sebelum Pukul 08.00


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Hari yang hebat dimulai dengan pagi yang hebat juga. Apakah rekan pembaca Career Advice setuju dengan hal ini? Cara kita memulai hari akan memengaruhi sepanjang harinya. Untuk itu, sangatlah perlu memulai hari dengan cara yang tepat.
 
Bagaimana rekan pembaca memulai hari? Apakah Anda berolahraga, bermeditasi atau membaca? Tidak banyak orang yang berinvestasi pada kegiatan pagi hari. Mereka hanya bangun, mandi dan menjalani hari. Padahal, jika kita memulai pagi dengan cara hebat, maka hari kita juga akan berlangsung hebat.
 
Penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang bangun pagi lebih awal justru akan menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada harus bekerja lembur hingga larut malam. Mereka yang bangun lebih awal adalah orang yang lebih menyenangkan, lebih teliti dan lebih bahagia.
 
Ada banyak hal baik yang dapat dilakukan di pagi hari. Kali ini, kita akan melihat kebiasaan orang sukses yang dilakukan sebelum pukul 08.00. Kira-kira apa sajakah yang mereka lakukan di pagi hari? Yuk, kita simak 8 kebiasaan orang sukses sebelum pukul 08.00.
 

1. Minum air lemon.

Minum air lemon segera setelah bangun dapat meningkatkan energi secara fisik dan juga mental. Minum air lemon di pagi hari dapat membantu penyerapan nutrisi sepanjang hari. Pastikan bahwa perut kita benar-benar berada dalam keadaan kosong. Lalu, beri jarak 15-30 menit dengan sarapan. Nah, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga.
 
Buah lemon mengandung banyak nutrisi baik seperti potassium, vitamin C dan zat antioksidan. Jika kita minum air lemon di pagi hari pastinya akan banyak manfaat yang didapat. Yuk, kita biasakan diri minum air lemon segera setelah bangun.
 

2. Berolahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memulai hari dengan berolahraga akan jauh lebih kompeten dalam bidang sosial, akademis dan juga bidang atletik. Mereka juga memiliki penampilan yang jauh lebih baik dan energi positif yang lebih besar.
 
Saat kita berolahraga setidaknya selama 10 menit, tubuh kita akan mengeluarkan GABA, sebuah neurotransmiter yang membuat otak kita lebih tenang dan mampu mengendalikan diri secara penuh. Kita pasti ingin memiliki energi yang penuh dan positif serta kemampuan untuk mengendalikan diri. Jadi, jangan lupa berolahraga di pagi hari ya, rekan pembaca.
 

3. Tidak terhubung.

Apa yang rekan pembaca lakukan pertama kali saat membuka mata? Apakah Anda langsung meraih ponsel, memeriksa email dan pesan masuk, atau bahkan berselancar di media sosial? Sebaiknya kita tidak melakukan hal ini.
 
Mengapa? Karena menghubungkan diri dengan gadget di pagi hari, akan mengurangi tingkat fokus dan kita akan lebih fokus pada orang lain. Dengan begitu, akan lebih baik jika kita memulai hari dengan hal-hal yang lebih menenangkan dan positif.
 

4. Sarapan makanan sehat.

Sarapan pagi juga menjadi hal yang dipertimbangkan oleh para orang sukses. Mereka percaya bahwa melewatkan sarapan, bukanlah hal yang baik untuk kesehatan dan produktivitas.
 
Sarapan pagi membantu stabilitas kita sepanjang hari. Kita akan lebih berenergi, memiliki kadar gula yang stabil dan terhindar dari rasa lapar saat bekerja. Selain itu, sarapan pagi juga dapat menjauhkan kita dari obesitas. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan-makananan sehat ya, rekan pembaca.
 
Makanan yang sehat akan membuat kita lebih produktif dan memiliki suasana hati yang lebih baik. Makanan sehat memberikan kita energi, meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan menambah konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.
 

5. Mempraktikkan mindfulness.

Kita semua tahu bahwa mindfulness merupakan cara yang tepat untuk menenangkan diri dan mendapatkan motivasi. Mindfulness juga membantu kita menghilangkan stres, meningkatkan fokus, meningkatkan kreativitas dan juga meningkatkan kecerdasan emosional.
 
Orang sukses selalu melakukan mindfulness di pagi sebelum memulai aktivitas mereka. Mereka tahu bahwa pekerjaannya menuntut produktivitas dan fokus yang tinggi sepanjang hari. Mindfulness juga benar-benar memampukan mereka mendapatkan produktivitas dan fokus.
 

6. Menentukan tujuan.

Yang tidak kalah penting untuk dilakukan setiap pagi sebelum memulai hari adalah menetapkan tujuan. Jika kita memiliki tujuan, kita akan mengetahui jelas hal-hal yang harus dilakukan.
 
Buatlah tujuan yang spesifik, jelas dan dapat dicapai. Perencanaan yang disusun dengan hati-hati membantu kita mencapai tujuan tersebut.  Nah, menetapkan tujuan lebih baik dilakukan setelah mempraktikkan mindfulness. Dengan begitu, kita dapat menyusun tujuan dengan kondisi pikiran yang jernih dan tingkat fokus yang tinggi. 

7. Membuat tujuan-tujuan yang realistis.

Setelah menentukan tujuan, kita harus memastikan bahwa tujuan tersebut benar-benar realistis. Jika tidak, maka tidak ada gunanya kita menetapkan tujuan-tujuan tersebut. 
 
Misalnya, kita menuliskan tujuan pada hari itu, “Saya akan menyelesaikan artikel.” Ini merupakan tujuan yang tidak jelas dan realistis. Bagaimana kita dapat menyelesaikan artikel tersebut? Akan lebih baik jika kita menuliskan “Saya akan menyelesaikan artikel dengan menyelesaikan satu per satu bagian dari 3 bagian yang ada. Saya akan menyelesaikannya selama satu jam.”
 
Nah, tujuan itu terdengar lebih realistis dan jelas, bukan? Sekarang kita memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan banyaknya waktu yang diperlukan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mencapainya.
 

8. Katakan tidak

‘Tidak’ merupakan kata sederhana yang memiliki kekuatan luar biasa. Ini dapat melindungi waktu pagi yang berharga. Jika harus mengatakan tidak, jangan mengganti dengan kalimat lain seperti, “Saya rasa saya tidak bisa,” atau “Saya tidak yakin.”
 
Misalnya, kita tergoda untuk langsung memeriksa email atau Facebook. Katakan tidak untuk hal itu dan lakukan hal lain yang lebih membuat kita tenang. Tentu, ini akan membuat kita terhindar dari stres dan bahkan depresi.
 
Itulah 8 kebiasaan orang sukses sebelum pukul 08.00. Menentukan hal-hal yang dilakukan di pagi hari merupakan hal penting karena itu akan memengaruhi keseluruhan hari. Semoga artikel ini dapat menginspirasi rekan pembaca untuk lebih baik lagi memanfaatkan waktu berharga Anda di pagi hari.