×
STUDILMU Career Advice - 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari
Productivity

5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, hidup kita penuh dengan kesibukan. Terkadang, rasanya sangat mustahil untuk mewujudkan mimpi yang kita miliki. Bahkan, jika rekan pembaca adalah seorang pekerja yang telah memiliki anak, itu akan jauh lebih sulit. Bagaimana kita dapat bergerak maju? Jika kita tidak menggunakan waktu dengan maksimal, kita akan kehilangan. Usia kita terus bertambah dan nantinya kita sadar bahwa kita telah kehilangan waktu. Ini sama saja mengisi kehidupan yang ramai dengan kekosongan diri. 
 
Kesuksesan apapun yang kita buat di masa lalu, keyakinan, kejelasan, dan tujuan adalah hal yang perlu ditetapkan, dan dibangun kembali, setiap hari. Kita memiliki kekuatan untuk mengubah diri setiap harinya. Beberapa orang memulai pagi hari dengan rutinitas yang sama. Mereka mengeluarkan ponsel mereka, memeriksa aplikasi mereka, bangun dari tempat tidur, dan kemudian menjalani hari mereka. Mereka menjalani hari dengan cara otomatis di bawah alam sadar. 
 
Jika kita tidak memulai hari dengan tujuan, kita akan terjebak menjalani pengalaman, emosi dan pola yang sama, secara berulang-ulang. Tentunya, ini bukan cara yang menyenangkan untuk menjalani hidup. Namun inilah yang dialami oleh kebanyakan orang. Untuk menjadi seseorang yang berbeda, kita harus melakukan sesuatu yang berbeda. Nah, kali ini kita akan melihat 5 kebiasaan di pagi hari yang dapat membuat kita tampil maksimal sepanjang hari. Sehingga, kita akan menjadi pribadi yang baru dengan pengalaman, emosi dan sikap yang baru. Bagaimana caranya?

1. Bangun pagi sebelum pukul 5. 

Sulit rasanya jika harus bangun pagi jika kita memiliki tujuan. Maka, tetapkan tujuan yang membuat kita dapat bangun lebih pagi. Dengan begitu, kita akan segera bangun ketika mendengar alarm berbunyi dan tidak akan mengabaikannya. Mulailah menganggap pagi hari dengan sangat serius. Pagi hari adalah waktu untuk kita melihat keajaiban terjadi. Semakin kita memulai hari lebih awal, semakin banyak hal yang dapat kita selesaikan.
 
Bangun lebih awal akan mudah dilakukan jika malam sebelumnya kita benar-benar tenang. Malam hari adalah waktu yang paling mudah untuk melakukan sabotase diri. Jika kita memiliki kegiatan yang berantakan di malam hari, maka kita tidak akan memiliki pagi yang kuat. Rutinitas malam merupakan hal yang benar-benar penting. Kita harus melakukan hal yang  tenang dan meremajakan. Malam hari harus menjadi lebih inspiratif dan tenteram. Jika tidak, kita tidak akan pernah menguasai pagi hari dengan kebiasaan baik.
 
Jadi, lakukan aktivitas yang menenangkan yang mampu membuat rekan pembaca dapat tidur nyenyak di malam hari. Ketika Anda tidur nyenyak, bangun pagi tidak akan menjadi hal sulit. Itu akan menyenangkan. Anda akan melompat  dari tempat tidur dan segera mulai memulai hari karena Anda begitu bergairah menyambut pengalaman baru dan positif yang akan Anda ciptakan.
 

2. Minum air putih yang cukup.

Jika rekan pembaca menggunakan jam alarm, cobalah untuk meletakkannya di tempat yang mengharuskan Anda bangun dari tempat tidur untuk menghentikannya. Ini adalah fungsi pemaksaan. Fungsi pemaksaan adalah tentang merancang lingkungan yang tepat sehingga perilaku yang diinginkan terjadi secara otomatis. Segera setelah bangun dari tempat tidur, berjalanlah ke ruangan lain dan dapatkan segelas besar air. Tubuh kita perlu mendapatkan hidrasi terlebih dahulu di pagi hari agar dapat memberi energi kembali pada otak dan tubuh.
 
Air sangat penting untuk mendukung kinerja otak secara penuh. Selain itu, air juga akan membangunkan kita dengan cepat dan membuat kita siap untuk bergerak. Jadi, pastikan bahwa rekan pembaca menghidrasi tubuh terlebih dahulu ya setelah bangun,
 

3. Mandi pagi dengan air dingin. 

Sebuah studi penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa mandi air dingin secara rutin dapat membantu mengobati gejala depresi lebih efektif daripada obat. Itu karena air dingin memicu gelombang neurokimia yang meningkatkan suasana hati yang membuat kita merasa bahagia. Setelah terbangun dan menghidrasi tubuh, segeralah lakukan hal ini, kebiasaan mandi pagi dengan air dingin akan memberikan perubahan jangka panjang pada sistem kekebalan tubuh, limfatik, peredaran darah dan pencernaan yang tentunya meningkatkan kualitas hidup kita. Ini juga dapat meningkatkan penurunan berat badan karena meningkatkan metabolisme tubuh.
 

4. Terhubung dengan Tuhan dan diri sendiri. 

Produktivitas bukan tentang melakukan banyak hal, melainkan tentang membuat kemajuan nyata. Kemajuan dibuat dengan membuat gerakan yang tepat pada waktu yang tepat. Ini adalah tentang belajar dari kesalahan dan membuat keputusan yang lebih baik. Berdoalah di pagi hari dan bermeditasilah. Menghabiskan beberapa menit dalam doa atau meditasi akan memberikan kita kejelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Ini juga membuka pikiran kita tetap terbuka. Saat bermeditasi atau berdoa, kita akan mendapatkan wawasan yang memungkinkan kita membuat keputusan yang lebih baik.
 
Tujuan dari doa dan meditasi adalah untuk terhubung dengan diri kita sendiri dan Sang Pencipta. Doa dan meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan imajinasi yang kita miliki. Albert Einstein mengatakan, “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas pada hal yang kita ketahui dan pahami sekarang, sementara imajinasi mendunia, dan tentang semua yang belum  diketahui dan dipahami."

5. Melakukan hal kreatif.

Kita harus mau mencoba sesuatu di luar apa yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika kita bangun setiap hari dan mulai melakukan pekerjaan yang sangat kreatif dalam menuju impian dan ambisi terbesar kita, kita akan mulai menjalani kehidupan yang luar biasa. Waktu pagi adalah waktu terbaik untuk bekerja secara kreatif, karena otak kita berada dalam keadaan yang paling kreatif di pagi hari dan pikiran kita belum dikacaukan oleh banyak hal. 
 
Lakukan hal yang paling sulit dan paling kreatif di pagi hari. Jika kita tidak melakukan pekerjaan terpenting di pagi hari, kita mungkin tidak akan pernah menyelesaikannya. Jika kita melakukan hal sulit di pagi hari, kita akan mulai menjalani kehidupan yang kreatif dan harmonis. Kita akan merasa lebih bersemangat. Kita akan mulai bermimpi lebih besar. 
 
Cobalah untuk melakukan hal kreatif selama 90 menit di pagi hari. dan pastikan bahwa Anda tidak terganggu oleh email atau sosial media. 
 
Itulah 5 kebiasaan baik di pagi hari yang dapat membantu kita maksimal dalam menjalani hari. Dimanapun posisi Anda saat ini, Anda dapat membuat perubahan. Buatlah keputusan dan lakukan 5 kebiasaan baik ini setiap kali Anda memulai pagi hari. Dengan begitu, rekan pembaca akan menjalani hari yang lebih baik, lebih produktif dan lebih bahagia.

Featured Career Advice