Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 12 Kebiasaan Orang Sukses yang Luar Biasa

12 Kebiasaan Orang Sukses yang Luar Biasa


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on Apr 22, 2019

 
Jika rekan-rekan Career Advice adalah saudara atau teman terdekat dari Mark Zuckerberg, Jack Ma atau mungkin Bapak B.J Habibie, kira-kira pertanyaan apa yang paling Anda ingin ajukan kepada mereka? 
 
Ketika kita memiliki teman-teman atau keluarga yang sudah berhasil mencapai kesuksesan mereka, ini menjadi hal yang sangat hebat bagi kita. Kenapa? Karena kita bisa bertanya langsung dengan mereka tentang rahasia kesuksesan mereka. Tanpa harus membaca ceritanya dari surat kabar atau melihatnya di TV. Bukan hanya merasa bangga, namun kita bisa mengetahui rahasia kesuksesan mereka, dan mungkin mengikuti jejak mereka agar dapat menjadi seorang yang sukses juga. 
 
Namun, Vaibhav Shah mengatakan “Setiap kali kita melihat seorang yang sukses, sebenarnya kita hanya melihat kesuksesan mereka secara publik, kita tidak pernah melihat pengorbanan pribadi mereka untuk mencapai kesuksesan tersebut”. 
 
Jadi, sebenarnya apa ya yang menjadi rahasia spesial para orang sukses dalam meraih kesuksesan mereka masing-masing? 
Tetap tenang rekan-rekan, berikut ini adalah 12 kebiasaan orang sukses yang luar biasa sekali sudah diterapkan oleh mereka. Saya merangkumnya ke dalam 12 kebiasaan ini setelah melakukan wawancara dengan beberapa orang sukses yang saya kenal. Yuk, kita simak penjelasannya.  

1. Mereka Fokus pada Menit, bukan Jam.
Kita semua pasti sering mendengar ungkapan bahwa “waktu adalah uang” atau bahkan “waktu lebih berharga daripada uang”. Yap! ini memang benar, terutama bagi para orang sukses, mereka tidak pernah mau membiarkan waktu mereka terbuang sia-sia begitu saja. 
 
Bahkan, mereka adalah orang-orang yang sangat fokus dengan menit loh, bukan jam. Bagi orang-orang sukses ini, 1.440 menit setiap hari adalah aset yang jauh lebih berharga daripada uang. Uang bisa hilang dan habis, namun waktu tidak bisa diputar kembali atau dibeli dengan emas dan uang yang banyak sekalipun. 
 
Shannon Miller, seorang pesenam Olimpiade legendaris mengatakan “Anda harus menguasai setiap menit yang Anda miliki, agar Anda dapat menguasai hidup”.
 
2. Mereka Hanya Fokus pada Satu Hal. 
Beberapa orang mengatakan bahwa orang sukses biasanya bisa mengontrol banyak hal (multitasking). Padahal kenyataannya tidak loh, dari begitu banyaknya orang-orang sukses yang saya wawancarai, mereka mengatakan bahwa salah satu rahasia sukses mereka adalah “fokus pada satu hal”, yang mana tugas tersebut adalah tugas yang paling terpenting. Mereka mengerjakan tugas terpenting ini selama satu-dua jam setiap paginya. Tentunya, tugas-tugas penting tersebut memiliki kaitan yang erat dengan dampak positif karier mereka dan dapat membawa mereka kepada pencapaian yang lebih dari prestasi-prestasi sebelumnya. 

3. Mereka Tidak Terpaku dengan Daftar Tugas. 
Kalau mau sukses harus membuat daftar tugas setiap harinya. Kami tidak menyalahkan hal ini karena beberapa orang memang bekerja secara efektif dengan menggunakan daftar kerja. Namun, pendapat yang diberikan oleh orang-orang sukses yang menjadi responden kami sedikit berbeda, mereka hanya mengandalkan kalender saja, bekerja dan hidup hanya dengan kalender tersebut, tanpa daftar tugas. 
 
Mengapa begitu? Ternyata dari banyaknya daftar tugas yang kita buat, hanya 41% tugas yang harus dikerjakan. Beberapa tugas yang dibatalkan (misalnya, meeting yang dibatalkan), ini hanya akan membuat kita merasa stres dan susah tidur karena efek Zeigarnik. Tugas-tugas yang dibatalkan tersebut hanya akan membuat kita merasa terbayang-bayang sampai kita dapat menyelesaikannya. Hasilnya? kita bisa tidak fokus dengan tugas-tugas lainnya, itulah mengapa responden kami mengatakan “tidak perlu pakai daftar tugas, cukup kalender saja”. 
 
4. Mereka Maju dengan Langkah yang Tepat. 
Orang-orang sukses akan benar-benar memerhatikan langkah-langkah yang akan mereka ambil di masa depan, sehingga mereka dapat meminimalisir penyesalan dan tidak membuang waktu atau uang dengan sia-sia. Sebagai contoh, saya membeli banyak sayur-sayuran dan buah-buahan karena saya berpikir akan makan makanan yang sehat selama seminggu ke depan. Nyatanya, saya lupa bahwa saya sudah berjanji untuk makan seafood dan makan makanan cepat saji dengan keluarga saya selama tiga hari kedepan. Hasilnya? sebagian sayuran yang saya beli membusuk karena tidak saya masak. 
 
Inilah mengapa sebuah perencanaan yang tepat benar-benar diperlukan sebelum kita melangkah lebih jauh ke depan. Orang-orang sukses tidak pernah membazirkan makanan atau uang, mereka akan sangat berhati-hati dalam menggunakan uang mereka. 
 
5. Mereka Makan Malam di Rumah. 
Dari segala hal yang penting di dalam hidup, selalu ada hal-hal lain yang jauh lebih penting bagi kehidupan kita. Dalam hal ini, bekerja memang hal yang penting, kita bisa bertahan hidup, makan dan minum dari penghasilan kita selama bekerja. Namun, ada beberapa hal yang juga tidak kalah penting dari bekerja, bahkan sangat penting yaitu, keluarga, kesehatan dan beribadah kepada Tuhan.
 
Orang-orang sukses sangat tahu apa hal terpenting bagi mereka, sehingga mereka tidak hanya terfokus pada satu hal yang penting saja. Responden kami sepakat mengatakan bahwa makan malam di rumah bersama keluarga benar-benar bisa mempererat hubungan keluarga mereka dan mereka akan merasa bersemangat kembali. 

6. Mereka Selalu Membawa Buku Catatan (Notebook) dan Pulpen. 
Ada begitu banyak orang-orang sukses yang setuju bahwa buku catatan dan pulpen adalah dua benda yang selalu mereka bawa kemanapun mereka pergi. Mereka suka membebaskan pikiran mereka saat bepergian dan menuliskan segala ide-ide cemerlang yang terlintas di dalam pikiran mereka. 
 
7. Mereka Mengecek E-mail hanya Beberapa Kali dalam Sehari. 
E-mail menjadi salah satu hal yang sering mengganggu fokus kerja kita dan membuat kita menjadi kurang produktif. Pernyataan ini didukung oleh responden kami, mereka yang sudah berhasil menjadi orang sukses sepakat bahwa memiliki jadwal untuk membuka dan merespon email sangatlah penting. Ini membantu mereka untuk tidak mengecek email setiap saat, namun hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya dua kali dalam sehari kita bisa mengecek dan merespon email, satu kali pada 30 menit sebelum waktu makan siang dan kedua kalinya pada 30 menit sebelum waktu kerja berakhir. 
 
8. Mereka Menghindari Rapat yang Tidak Terlalu Penting. 
Rapat, kira-kira ada berapa banyak rapat yang rekan pembaca miliki dalam satu hari? Orang-orang sukses memberikan saran yang sangat berarti kepada kami. Jika ingin menjadi seorang yang sukses, kita perlu menggunakan waktu dengan sebijak mungkin, dan salah satu kebijakan waktu yang perlu kita lakukan adalah menghindari rapat (pertemuan) yang tidak terlalu penting. 
 
Rapat adalah pembunuh waktu yang sangat kejam. Apalagi jika rapat yang kita hadiri bukanlah rapat yang efektif, yang ada kita hanya berputar-putar pada hal yang tidak penting dan pekerjaan kita tidak cepat selesai. Rekan pembaca perlu menghindari rapat yang tidak terlalu penting sebisa mungkin dan apabila rekan pembaca perlu bertahan pada rapat tersebut, maka buatlah rapat itu menjadi singkat dan efektif.  
 
9. Mereka Mengatakan “Tidak” Pada Hal yang Tidak Memberikan Nilai Lebih. 
“Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang-orang yang sangat sukses adalah orang-orang yang sangat sukses mengatakan ‘tidak’ pada hampir segala hal” Warren Buffet pernah mengatakan hal ini, dan kami sangat setuju. 
 
Kita terlalu sering mengucapkan “ya” pada banyak hal hanya karena merasa tidak enak. Padahal, mungkin kita tidak bisa melakukan segala hal yang mereka berikan kepada kita. Apabila rekan pembaca benar-benar ingin menjadi orang sukses, maka mulai dari sekarang Anda harus belajar untuk bisa mengatakan ‘tidak’ pada hal-hal yang kurang memberi nilai tinggi.

10. Mereka Mendelegasikan Tugas dengan Bijak. 
Tidak ada yang salah dari mendelegasikan tugas yang kita miliki kepada orang lain. Apabila kita memang tidak memiliki keahlian pada bidang tersebut, ya mengapa tidak kita delegasikan saja kepada orang yang lebih ahli di dalamnya? Misalnya, mesin printer rekan pembaca mengalami kerusakan, daripada sok tahu untuk membetulkannya hanya karena Anda ingin mencobanya terlebih dahulu, yang ada malah membuatnya semakin rusak dan waktu Anda semakin berkurang. 
 
Orang sukses akan berpikir lebih cerdas dan mendelegasikan tugas ini kepada ahlinya, mungkin yang akan orang sukses lakukan adalah pergi ke warnet (warung internet) dan memanggil tukang service printer untuk memperbaikinya. 

11. Mereka Memiliki Rutinitas Pagi yang Baik dan Dilakukan secara Konsisten. 
Lebih dari 200 responden orang sukses yang kami wawancarai mengatakan bahwa mereka memiliki rutinitas pagi yang sangat baik. Tidak hanya itu, mereka juga menerapkannya secara konsisten. Rutinitas pagi yang mereka lakukan bertujuan untuk menciptakan aura positif agar mereka menjadi sangat termotivasi untuk menjalani semua aktivitas di hari tersebut. 
 
Misalnya, mereka selalu sarapan sehat di pagi hari, mandi dengan air hangat, melakukan olahraga ringan, meditasi atau berdoa, membaca bacaan inspirasional atau penjurnalan, dan lain sebagainya. 
 
12. Energi adalah Modal Utama untuk Meraih Kesuksesan. 
Bisa dikatakan bahwa energi adalah segalanya. Orang-orang sukses tidak akan pernah melewatkan waktu makan, tidur dan istirahat. Bagi mereka, energi yang didapatkan dari ketiga aktivitas tersebut adalah modal utama untuk pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan demi menggapai kesuksesan. Bagi mereka makanan (waktu makan) adalah bahan bakar, tidur adalah waktu pemulihan dan istirahat adalah peluang untuk mengisi ulang energi. 
 
Jadi, dari ke-12 kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses yang luar biasa seperti di atas, adakah beberapa poin yang sudah rekan-rekan Career Advice terapkan? Jika sudah, maka itu bagus! Rekan pembaca hanya perlu bersemangat untuk menerapkan beberapa poin lainnya. Namun, jika belum ada yang diterapkan, tidak perlu khawatir, Yuk kita terapkan 12 kebiasaan di atas bersama-sama. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik

4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik

7 Elemen Etos Kerja yang Sangat Penting

7 Elemen Etos Kerja yang Sangat Penting

7 Cara Meningkatkan Kesehatan di Lingkungan Kerja

7 Cara Meningkatkan Kesehatan di Lingkungan Kerja

4 Tanda Memiliki Hubungan Kerja dengan Klien yang Tidak Baik

4 Tanda Memiliki Hubungan Kerja dengan Klien yang Tidak Baik

4 Cara Meredakan Amarah

4 Cara Meredakan Amarah

5 Cara Mendorong Inovasi Terbaru di Perusahaan

5 Cara Mendorong Inovasi Terbaru di Perusahaan

8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson

8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson

6 Cara Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

6 Cara Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

8 Karakteristik Orang yang Menjadi Penghambat Kesuksesan

8 Karakteristik Orang yang Menjadi Penghambat Kesuksesan

5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan

5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan

7 Sifat Negatif Pemimpin yang Menjadi Penghambat Kesuksesan Tim

7 Sifat Negatif Pemimpin yang Menjadi Penghambat Kesuksesan Tim

3 Cara Mengatasi Emosi Negatif

3 Cara Mengatasi Emosi Negatif

Fungsi Moodle dalam Bidang Pendidikan

Fungsi Moodle dalam Bidang Pendidikan

8 Cara Generasi Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

8 Cara Generasi Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

10 Cara Orang Sukses Berhenti Merendahkan Harga Diri Mereka

10 Cara Orang Sukses Berhenti Merendahkan Harga Diri Mereka

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan Sejati dan Produktivitas Para Karyawan

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan Sejati dan Produktivitas Para Karyawan

10 Rasa Takut yang Harus Diatasi Ketika Memulai Bisnis

10 Rasa Takut yang Harus Diatasi Ketika Memulai Bisnis

Pengertian Moodle dan 9 Fungsi Moodle di dalam Bisnis

Pengertian Moodle dan 9 Fungsi Moodle di dalam Bisnis

10 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan di Tempat Kerja

10 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan di Tempat Kerja

6 Prinsip Dasar yang Dapat Menciptakan Inovasi dan Kreativitas

6 Prinsip Dasar yang Dapat Menciptakan Inovasi dan Kreativitas

6 Tips Membuat Rapat Tinjauan tentang Peningkatan Kinerja Karyawan

6 Tips Membuat Rapat Tinjauan tentang Peningkatan Kinerja Karyawan

5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal

5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal

5 Tips untuk Rapat Kerja yang Lebih Baik

5 Tips untuk Rapat Kerja yang Lebih Baik

Training for Trainer, 7 Cara Pelatihan Menjadi Trainer Handal

Training for Trainer, 7 Cara Pelatihan Menjadi Trainer Handal

Pertemanan adalah Hal yang Bermanfaat di Tempat Kerja

Pertemanan adalah Hal yang Bermanfaat di Tempat Kerja

6 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Memiliki Kesadaran Diri

6 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Memiliki Kesadaran Diri

9 Cara Mendapatkan Kebahagiaan

9 Cara Mendapatkan Kebahagiaan

Apa yang dimaksud inovatif dalam Bisnis? 5 Cara Ini Dapat Membantu.

Apa yang dimaksud inovatif dalam Bisnis? 5 Cara Ini Dapat Membantu.

10 Cara Menjadi Kaya Raya ala Generasi Milenial

10 Cara Menjadi Kaya Raya ala Generasi Milenial

5 Faktor Internal yang Menghambat Kesuksesan Bisnis

5 Faktor Internal yang Menghambat Kesuksesan Bisnis