Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Banyak orang mengatakan bahwa sikap dan perilaku yang baik sangat penting untuk meraih kesuksesan di masa depan. Kami sangat setuju akan hal itu. Akankah sangat disayangkan jika seseorang memiliki kecerdasan intelektual yang sangat tinggi, namun dirinya tidak mencerminkan sikap dan perilaku yang baik. Tetapi, kita juga tidak bisa meremehkan atau mengabaikan kecerdasan intelektual begitu saja. Kami sangat menyarankan semua rekan-rekan Career Advice untuk selalu mempertahankan bahkan meningkatkan kecerdasan intelektual yang sudah dimiliki. 
 
Hmm… lantas bagaimana sih caranya agar kita bisa meningkatkan kecerdasan intelektual? Daripada penasaran, lebih baik langsung saja kita simak penjelasan berikut ini. 

1. Tidak Pernah Berhenti untuk Memperluas Wawasan. 

Agar kita bisa lebih menonjol dari orang-orang di sekitar kita, terutama dalam konteks pemahaman dan keterampilan, maka kita perlu memperluas wawasan mulai dari sekarang. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia tidak pernah berhenti menawarkan perubahan secara berkala. Mau tidak mau, kita perlu menerimanya dan mencoba untuk beradaptasi agar bisa bertahan di dalam persaingan yang semakin ketat ini. 
 
Memperluas wawasan dapat membuka dunia baru bagi kita, sehingga mudah bagi kita untuk mempelajari banyak hal dan perubahan yang terjadi. Bahasa gaulnya, “tidak ketinggalan zaman”. Itulah alasan penting mengapa kita sangat perlu untuk menambah wawasan setiap harinya. 
 
Ups! Menambah wawasan tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal kok. Dewasa ini, ada banyak sekali kursus online yang bisa kita ikuti dengan harga yang sangat terjangkau. Kita juga bisa mengikuti seminar, konferensi, membaca buku yang sesuai dengan bidang yang kita sukai ataupun bidang baru bagi kita, berdiskusi tentang berita terkini dengan rekan-rekan kerja, dan lain sebagainya. 
 
Memperluas wawasan akan semakin membuka pikiran kita bahwa dunia ini sangat luas. Semuanya tidak selalu seperti yang kita pikirkan, ada banyak kemungkinan dan kejadian-kejadian menarik yang terjadi di luar sana. Kita akan menjadi semakin fleksibel dan lebih cerdas. 

2. Teruslah Berimajinasi.

Percaya atau tidak, kebanyakan orang sukses di dunia ini tidak pernah berhenti untuk berimajinasi dan membayangkan bagaimana keadaan hidup mereka di lima atau sepuluh tahun ke depan. Berimajinasi akan membantu mengasah kecerdasan intelektual kita. Dengan berimajinasi, kita akan membayangkan banyak hal dan mulai berpikir secara rinci terkait langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk meraih hal yang kita bayangkan tersebut.  
 
Semakin imajinatif diri kita, maka kita akan semakin membuka diri untuk menciptakan teknik pemecahan masalah yang inovatif dan efektif, terampil dalam bertukar pikiran, dan terampil dalam berkoneksi dengan orang banyak. 
 
Berimajinasi juga akan membentuk kita menjadi seorang yang visioner, kita menjadi seorang yang terus melangkah dalam mengejar impian sampai menjadi nyata. Intinya, suka berimajinasi akan membantu kita memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi.
 

3. Membaca Buku yang Kita Sukai. 

Untuk menjadi seorang yang sukses dengan kecerdasan intelektual yang tinggi, kita perlu memberikan upaya yang kuat untuk mencapainya. Pastikan bahwa impian ini bukan sekedar omong kosong belaka. Buktikan dengan mencari input-input baru yang bermanfaat bagi kita untuk dijadikan fondasi yang kuat di masa depan. 
 
“Buku adalah jendela dunia”, apakah rekan-rekan pembaca masih ingat dengan ungkapan tersebut? Disini kami mengajak rekan-rekan Career Advice untuk membaca buku-buku yang disukai. 
 
Apabila rekan pembaca sangat tertarik dengan dunia kepemimpinan, maka rekan pembaca bisa membaca buku-buku biografi dari para pemimpin terkenal dan hebat di dunia. Atau, jika saya tertarik dengan dunia pemasaran, akankah lebih baik jika saya membaca buku-buku seputar dunia pemasaran, sehingga saya bisa menambah ilmu dan wawasan baru terkait strategi pemasaran di dunia bisnis. 
 
Secara umum, ketika kita membaca buku apapun, semua bacaan tersebut akan memberikan efek yang luar biasa bagi otak kita. Membaca dapat merangsang otak kita untuk selalu berimajinatif dan berpikir. Kelebihan lain dari membaca adalah dapat menciptakan hubungan emosional antara diri sendiri dengan konten-konten yang sedang kita baca. Apabila rekan pembaca benar-benar ingin meningkatkan kecerdasan intelektual, maka kami sangat menyarankan rekan pembaca untuk rajin membaca buku. 
 

4. Terus Belajar secara Konsisten.

Belajar adalah proses yang tidak pernah berakhir sampai nanti kita sudah tidak ada di dunia. Proses belajar juga tidak mengenal usia, semua orang berhak untuk belajar. Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk belajar, sehingga proses ini menjadi hal yang sangat umum. 
 
Dewasa ini, kita semakin dihadapi dengan perubahan yang terjadi dengan sangat cepat, sehingga kita perlu terus belajar dan beradaptasi dengan segala perubahan tersebut. Tujuannya, agar kita tidak merasa tertinggal dan bisa melakukan apa yang diharapkan oleh bidang industri kita. 
 
Kegiatan belajar juga semakin mudah dengan hadirnya kursus online dan seminar-seminar dengan harga yang terjangkau, serta kualitas yang sangat terjamin. Jadi, tunggu apalagi? Kecerdasan intelektual akan semakin mudah diraih, bukan? 
 

5. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik.

Aktivitas fisik seperti berolahraga, tidak hanya mampu membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih bugar, namun juga membuat otak kita semakin berfungsi dengan baik.  Otak kita akan berpikir dengan sangat baik, ketika otak dipenuhi dengan oksigen (udara segar). Semua itu bisa kita peroleh dari berolahraga secara rutin. 
 
Eits, bukan hanya itu loh ternyata! Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan kemampuan otak kita agar lebih fokus, mencegah penurunan kognitif, meningkatkan memori otak, dan memudahkan otak kita untuk menerima informasi-informasi baru. 
Secara tidak langsung, aktivitas fisik menjadi cara yang paling tercepat dan efektif agar kita bisa menjadi lebih pintar, tidak stres, tidak depresi dan lebih energik. Yuk, kita coba cara ini dari sekarang!

6. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup.

Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang memiliki waktu tidur yang kurang secara terus-menerus akan menurunkan kecerdasan intelektual mereka. Kenyataannya, memiliki waktu tidur yang cukup akan meningkatkan kemampuan, mempertahankan perhatian, dan mempertahankan keunggulan intelektual kita. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, ini akan memudahkan proses belajar kita, sehingga otak kita akan lebih mudah dalam menyerap segala ilmu dan informasi baru. 

7. Perhatikan Cara Berpakaian Kita.

Apabila langkah-langkah sebelumnya sudah kita terapkan, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memperhatikan cara berpakaian. Seseorang dengan kecerdasan intelektual yang tinggi tidak akan berpakaian asal-asalan. Maksudnya disini adalah tidak berpakaian yang tidak sopan, sehingga mengganggu mata yang melihatnya. 
 
Ketika kita berpakaian dengan rapi dan sopan, penampilan kita akan membuat sugesti baru di dalam diri bahwa “kita adalah seorang dengan kecerdasan intelektual yang tinggi”. Orang-orang pintar dan sukses juga akan tertarik untuk bergaul dengan mereka yang berpakaian menarik dan sopan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk berteman dan belajar langsung dari orang-orang yang cerdas. 
 
Itulah 7 cara untuk meningkatkan kecerdasan intelektual yang kami yakin sangat mudah untuk diterapkan oleh kita semua. Jadi, tunggu apalagi nih rekan-rekan? Langsung saja yuk kita terapkan dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.