Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
 
Halo rekan pembaca Career Advice. Apakah Anda mudah lupa akan sesuatu? Dalam keadaan dunia yang serba sibuk dan modern sekarang ini, kita mudah lupa akan sesuatu. Kita merasa bahwa kita tidak perlu mengingat banyak hal karena kita memiliki bantuan, teknologi. Teknologi memaksa otak kita untuk memiliki beban yang berlebihan dan kita menyimpan itu semua di ujung jari kita. Ya, banyak aplikasi yang dapat kita gunakan dengan ponsel cerdas dan bantuan Google.
 
Kemampuan ingatan yang kita miliki juga tidak lepas dari setiap stimulus yang berada di sekitar kita setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel cerdas saya tidak pernah mati, sekalipun saya tidur malam. 
 
Beberapa orang mengatakan bahwa sebagai pemilik bisnis, tentunya bisnis Anda akan menyita diri Anda. Anda adalah pemilik yang harus menjalankan segalanya dan mengingat segalanya. Beberapa juga mengatakan bahwa Anda tidak akan memiliki waktu tidur yang cukup. Tetapi ini akan membuat Anda kelelahan dan kesehatan Anda akan menjadi mudah terganggu. Semakin bertambah usia, otak kita akan menjadi lelah dan semakin lelah. Dan dampaknya, kita akan mudah melupakan beberapa hal.
 
Tetapi, Anda tidak perlu merasa cemas. Anda dapat melakukan beberapa cara dibawah ini untuk meningkatkan daya ingat otak Anda. 
 

1. Bangunlah kebiasaan Anda setiap hari. 

Ketika Anda memiliki jadwal, Anda akan lebih mudah untuk mengingat. Tubuh dan pikiran kita berjalan secara otomatis dan melakukan suatu hal secara otomatis karena digerakkan oleh memori otot. Kebiasaan yang sederhana adalah bangun setiap pagi pada waktu yang sama. Semakin dilakukan, tubuh akan semakin terbiasa bangun pada saat itu dan Anda tidak akan merasa pusing. Masukkanlah banyak hal ke dalam rutinitas Anda. Membangun kebiasaan untuk dijalankan setiap hari memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi ini baik karena Anda tidak perlu mengingat begitu banyak hal. Ketika Anda membangun kebiasaan, secara otomatis pikiran Anda akan melekat dengan kebiasaan tersebut. sehingga Anda memiliki lebih banyak ruang untuk menerima informasi baru.

2. Memainkan permainan memori

Setiap pagi, saya selalu memainkan 2 permainan yang berkaitan dengan memori. Permainan ini mengharuskan saya untuk mengingat beberapa benda pada lokasi yang berbeda dan mencocokkan kedua benda yang sama. Permainan ini melatih saya untuk belajar dari pengalaman masa lalu dan menciptakan suasana belajar yang saya inginkan.
 
Cobalah untuk melakukannya juga. Pilihlah permainan memori yang Anda sukai. Permainan itu akan melatih otak untuk meningkatkan kemampuan dan mempertajam daya ingat. Kesibukan yang terlalu padat terkadang membuat otak kita menjadi sangat lelah dan ini membuat kita mudah pikun. Dengan melakukan permainan memori, Anda melatih daya ingat otak Anda. tentunya, Anda juga akan memperoleh kesenangan.

3. Tertawalah dengan kencang

Terkadang kehidupan menjadi penuh dengan keseriusan dan ketegangan. Pekerjaan dengan tenggat waktu yang singkat menuntut kita untuk terus fokus dengan pekerjaan. Kita lupa untuk tertawa dengan kencang. Penelitian membuktikan bahwa tertawa dapat mengurangi tingkat stress dan melepaskan zat kimia dalam tubuh. Kita akan merasa lebih baik setelahnya. Kebahagiaan sederhana dan hal-hal yang lucu ada di setiap waktu, namun terkadang kita merasa merindukannya. Sebuah tawa sederhana dapat mengalihkan pikiran kita dari suatu hal. Itu mungkin terlihat aneh, tetapi Anda pasti akan bisa untuk fokus kembali dengan hal-hal yang perlu diselesaikan. Hidup tidaklah harus dipenuhi keseriusan dan ketegangan terus-menerus, jadi tertawalah dengan kencang, setidaknya sekali sehari. 
 

4. Tuliskan setiap hal

Saya adalah seorang yang percaya dengan kekuatan sebuah pena dan kertas. Ya, memang terdengar sangat kuno, karena di era yang serba digital sekarang ini, sebenarnya Anda dapat bergantung penuh pada ponsel cerdas Anda. Dengan menuliskan segala hal dan menuangkannya diatas kertas membuat saya dapat melepaskan beban yang ada di pikiran saya. Ini juga mencegah saya melupakan atau melewatkan hal penting. Jadi, rekan pembaca juga dapat mencobanya. Tuliskanlah dan taruhlah tulisan itu ditempat yang mudah untuk dilihat. Eits, tentunya untuk para millennial, kalian boleh kok menggunakan ponsel cerdas Anda. apapun medianya, tuliskan saja. 
 
Dengan menuliskan segala sesuatu yang ada di pikiran, Anda juga dapat menghemat penggunaan uang. Misalnya, menuliskan daftar belanjaan yang perlu untuk dibeli membuat Anda lebih fokus hanya pada hal-hal yang Anda tulis. Ini juga mencegah Anda membeli barang-barang yang tidak perlu. Jadi, sangat membantu, bukan?
 

5. Berolahraga

Sama seperti tertawa, latihan otot juga sangat berguna bagi tubuh. Apapun itu, baik jogging, treadmill, muaythai ataupun yoga, latihan-latihan ini sangat berguna untuk pertumbuhan otot dan mempertahankan kesehatan. Pikiran kita membutuhkan tantangan, begitu juga dengan tubuh kita. Tubuh yang sehat akan membuat kita untuk bekerja lebih lancar. Sekalipun Anda bukanlah pelari terhebat atau orang yang paling kuat, Anda perlu untuk berolahraga. 
 
Jadi, apakah rekan pembaca selalu meluangkan waktu berolahraga? Jika ya, tetap lanjutkan hal baik tersebut. Jika belum, aturlah jadwal yang tepat untuk melakukannya. Berolahraga akan membuat tubuh Anda sehat dan menjernihkan pikiran Anda. Tentunya, Anda menginginkan pikiran yang sehat agar Anda dapat menghasilkan ide-ide cemerlang dan membuat keputusan yang tepat. 
 
Kehidupan akan menjadi rumit dan sulit tetapi kita dapat membuatnya lebih mudah dan lebih baik. Jadi, marilah kita bekerja dengan cara yang lebih cerdas. Informasi akan terus bertambah dan bertambah dan tentunya kita tidak bisa mengingat semua itu. Sebagian informasi tersebut mungkin akan berhubungan dengan ada dan sebagian lainnya tidak. Ambilah hal-hal yang relevan dengan Anda saja. 
 
Terapkanlah cara-cara diatas dalam kehidupan rekan pembaca sehari-hari. Nantinya Anda akan terkejut dengan kemampuan otak Anda untuk mengingat banyak hal.