Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 7 Manfaat Meditasi yang Membuat Kita Menjadi Orang Sukses

7 Manfaat Meditasi yang Membuat Kita Menjadi Orang Sukses


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on May 02, 2019

 
Meditasi. Kami sangat yakin bahwa rekan-rekan Career Advice sudah tidak asing lagi dengan kata meditasi, bukan? Atau, mungkin sebagian rekan pembaca selalu menerapkannya setiap pagi atau setiap sore dan malam setelah selesai dari kesibukan kerja. Tahu ga sih, ternyata ada banyak orang sukses yang tidak pernah melewatkan hari-hari mereka untuk bermeditasi loh. Contohnya, para pemimpin bisnis dan pengusaha sukses seperti, Jeff Weiner (CEO LinkedIn) dan Arianna Huffington (pendiri Huffington Post), mereka adalah orang-orang yang selalu mengalokasikan waktu untuk bermeditasi di dalam aktivitas sehari-harinya. 
 
Yang lebih menariknya lagi, survei membuktikan bahwa hampir 18 juta orang dewasa melakukan meditasi secara teratur karena hasil penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu individu dalam mengelola rasa sakit dan mengurangi perasaan stres. Manfaat meditasi antara lain, dapat mengatasi kecemasan, menjinakkan emosi negatif dan membantu meningkatkan daya ingat. 
 
Jadi, secara tidak langsung meditasi adalah aktivitas yang dapat menyiapkan kita menjadi orang sukses. Apakah rekan-rekan Career Advice memerlukan bukti-bukti dari pernyataan tersebut? Tenang saja, berikut ini adalah 7 bukti yang perlu kita ketahui dari manfaat meditasi. 

1. Meditasi dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Memudahkan Pembelajaran. 
Sebagai seorang pemimpin bisnis atau pengusaha, kita akan menemukan banyak informasi-informasi baru yang perlu dipelajari setiap harinya. Kita akan berhadapan dengan informasi media sosial mengenai pemasaran produk, angka-angka penjualan yang perlu dipresentasikan di rapat, dan berbagai informasi lainnya. 
 
Hal ini menuntut kita untuk memiliki daya ingat yang tajam agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Keterampilan ini sangat penting bagi siapapun, baik kita bekerja di dalam atau di luar kantor. Nah, ternyata meditasi dapat menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan daya ingat kita loh. Para peneliti telah menemukan bahwa meditasi dapat merangsang area otak yang terkait dengan memori, konsentrasi, dan pembelajaran. Selain itu, pembuktian lain yang ditemukan oleh para peneliti adalah meditasi dapat mengubah struktur otak, meningkatkan aktivitas mental dan ketangkasan. Bagi rekan-rekan Career Advice yang ingin meningkatkan daya ingat, Yuk mulai bermeditasi secara rutin dari sekarang!
 
2. Meditasi dapat Menghentikan Pemikiran Pesimistis dan Negatif.
Dalam menghadapi kehidupan, seringkali kita terjebak dengan pemikiran-pemikiran negatif dan pesimistis yang sebenarnya sangat tidak penting untuk dipikirkan. Sebenarnya bukan hanya tidak penting sih, pemikiran-pemikiran negatif dan pesimistis hanya akan menggerogoti kepercayaan diri kita dan membuat kita sulit untuk berpikir secara jernih, sehingga ini akan sangat merugikan. 
 
Bagaimana jika kita tetap membiarkan hal ini terjadi? Jika pemikiran-pemikiran seperti ini terus dibiarkan mengendap di otak kita, ini dapat membawa kita kepada kecemasan kronis dan hidup kita akan terasa dipenuhi dengan beban-beban yang berat. Lantas, apa solusinya? Jawabannya adalah meditasi. 
 
Bermeditasi dengan mengucapkan kalimat-kalimat positif setiap harinya kepada diri sendiri seperti, “biarkan saja, saya yakin semua akan baik-baik saja” atau “saya tahu bahwa saya bisa menghadapi semua ini, semua akan berakhir dengan baik, saya yakin!”
 
Mengucapkan kalimat-kalimat positif adalah salah satu cara meditasi tertua yang bisa menghasilkan efek positif secara cepat. Lakukan ini secara konsisten, orang-orang sukses selalu berpikir positif kepada diri mereka, sehingga terhindar dari pikiran negatif. 
 
3. Meditasi dapat Menguatkan Fokus dan Meningkatkan Akurasi.
Tanpa disadari, seiring bertambahnya usia, tingkat kefokusan kita akan semakin berkurang secara perlahan-lahan, begitu juga dengan tingkat akurasi yang kita miliki. Sayangnya, untuk menjadi orang sukses, kita perlu tetap fokus dan harus tetap akurat dalam berpikir. Dalam hal ini, meditasi dapat menjadi solusi yang tepat.  
 
Apa hubungannya meditasi dengan mempertahankan fokus dan meningkatkan akurasi? Saat kita melakukan meditasi, kita akan berlatih konsentrasi dan fokus seperti sebuah laser. Inilah mengapa meditasi dapat membantu kita dalam mempertahankan fokus, meskipun sedang menghadapi tugas yang sangat membosankan.

4. Meditasi dapat Mengendalikan Emosi Negatif.
Saat kita membiarkan emosi negatif datang dan mengalir begitu saja, percayalah ini hanya akan merugikan kehidupan pribadi dan merusak kehidupan karier yang kita miliki. Apalagi jika kita melampiaskan emosi negatif kepada orang-orang tersayang, teman terdekat, bos, kolega, karyawan, klien atau bahkan pelanggan. Wah, ini akan sangat berbahaya. 
 
Emosi negatif yang dibiarkan begitu saja hanya akan mempersulit jalan kita menuju kesuksesan. Rekan-rekan Career Advice dapat mengendalikan emosi negatif ini dengan bermeditasi secara rutin. Meditasi dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan, apa sensasi tubuh yang sedang kita rasakan dan menyadari diri kita tentang apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar kita. 
 
Dengan melatih diri kita dalam menyadari hal-hal tersebut, ini akan memudahkan kita dalam melepaskan emosi secara cepat dan tepat, serta mempertahankan keseimbangan mental kita.

5. Meditasi dapat Menciptakan Hubungan antar Sesama dengan Lebih Baik.
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menerapkan meditasi secara teratur, cenderung memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.  Mereka akan lebih pintar dan terlatih dalam membawa diri dan bergaul dengan orang-orang disekitarnya. Memiliki hubungan baik antar sesama sangatlah penting, jika rekan-rekan Career Advice benar-benar ingin menjadi orang sukses. 
 
Dengan menerapkan meditasi secara rutin dan teratur, ini dapat melatih kita dalam mengamati dan menyadari segala emosi yang kita rasakan. Tidak hanya itu, kita juga akan lebih sensitif dalam merasakan kesedihan atau kegundahan yang dirasakan oleh orang lain, sehingga membuat kita menjadi seseorang yang memiliki empati yang baik. Hasilnya? kita bisa menjadi komunikator yang baik dan orang-orang akan senang berteman dengan kita. 

6. Meditasi dapat Mengurangi Stres dan Kecemasan.
Untuk menjadi orang sukses, langkah awal yang perlu kita persiapkan adalah menangkal rasa stres dan cemas yang berlebihan. Mengapa? Karena proses untuk mendapatkan kesuksesan akan dipenuhi dengan banyak halangan dan rintangan, baik besar maupun kecil, yang tentunya harus kita hadapi dan selesaikan. 
 
Saat kita berurusan dengan stres kronis, ketegangan, atau kecemasan, respons ini akan memberikan dampak yang buruk pada kesehatan kita. Meditasi dapat menjadi solusi yang baik karena dapat membantu otak kita berpikir lebih jernih, sehingga pikiran-pikiran negatif yang berkontribusi pada perasaan stres kronis yang sedang kita hadapi akan berkurang secara perlahan-lahan. 
 
7. Meditasi dapat Mengasah Kreativitas. 
Hebatnya lagi, meditasi dapat membantu kita untuk tetap berinovasi dan meningkatkan kreativitas kita loh! Penelitian telah menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan memori di otak, meningkatkan fleksibilitas kognitif dan mengurangi kekakuan kognitif. Sehingga, otak kita akan ‘lebih lentur’ dalam mencari gagasan-gagasan baru yang lebih kreatif. Wah ga salah deh kalau meditasi dapat mempersiapkan kita menjadi orang sukses!
 
7 manfaat meditasi di atas sudah menjadi bukti nyata bahwa meditasi dapat membantu mempersiapkan diri kita menjadi orang sukses. Jadi, tunggu apalagi nih rekan-rekan Career Advice? Peluang sukses sudah ada di depan mata, hanya dengan bermeditasi secara rutin, kita akan terlatih dengan baik untuk menjadi orang sukses. Yuk, kita coba dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

6 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

5 Cara Menguji Strategi Bisnis yang Baru di Media Sosial

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

5 Manfaat Menjaga Kebahagiaan Sejati Karyawan bagi Perusahaan

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

Bisakah Memasarkan Bisnis Startup Sendirian?

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

11 Cara Memiliki Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

7 Rahasia Menjadi Tangguh di Dunia Kerja

10 Cara Membawa Rasa Bahagia di dalam Tim Kerja

10 Cara Membawa Rasa Bahagia di dalam Tim Kerja

4 Cara Menuju Pensiunan Dini di Umur 40 Tahun

4 Cara Menuju Pensiunan Dini di Umur 40 Tahun

5 Cara Meningkatkan Etika Kerja di Perusahaan Indonesia

5 Cara Meningkatkan Etika Kerja di Perusahaan Indonesia

5 Strategi untuk Menang dalam Presentasi Bisnis

5 Strategi untuk Menang dalam Presentasi Bisnis

3 Tingkat Kesadaran Diri

3 Tingkat Kesadaran Diri